Pemanfaatan Aplikasi Desmos sebagai Pembelajaran Matematika Digital

Shoffa Muthoharotun Nadryah, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Desmos adalah platform atau layanan yang memiliki paradigma baru sehingga memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran matematika yang luas terlebih cara pembuatan grafik melalui Android atau web dengan sistem digital. Digital sangat erat kaitanya dengan komputer dan bersifat kompleks juga fleksibel dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara interaktif dalam kehidupan terlebih bidang pembelajaran seperti saat ini.Salah satu nya adalah  pembelajaran matematika, sebagai proses belajar mengajar yang memiliki tujuan dan fungsi tertentu agar dapat mencapai kompetensi siswa yang unggul. Tujuan melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkatan dari kesuksesan dan  keberhasilan aplikasi desmos sebagai pendamping pembelajaran matematika digital. Penelitian ini menggunakan metode  penelitian studi pustaka atau library research, hasil dari penelitian ini "Pemanfaatan Aplikasi Desmos sebagai Pembelajaran Matematika Digital. Aplikasi Desmos dapat di akses sebagai aplikasi website dan aplikasi seluler dengan canggih. Jika aplikasi desmos sudah terpasang, maka kita langsung bisa melihat berbagai tampilan dan menggunakan sesuai kebutuhan kita melalui beberapa Langkah-langkah penggunaanya. Dengan aplikasi desmos ini dapat memberikan manfaat bagi siswa untuk memudahkan pembelajaran matematika khususnya di era digital. Hal ini sesuai dengan tujuan dan prinsip pembelajaran matematika sendiri.

Kata kunci—Desmos, Digital, Pembelajaran matematika

 

Abstract—Desmos is a platform or service that has a new paradigm so that it makes it easier for students to understand broad mathematics learning, especially how to make graphs via Android or the web with a digital system. Digital is very closely related to computers and is complex as well as flexible by utilizing information and communication technology interactively in life, especially in the field of learning as it is today. One of them is learning mathematics, as a teaching and learning process that has specific goals and functions in order to achieve superior student competence. The purpose of conducting this research is to determine the level of success and success of the Desmos application as a companion for digital mathematics learning. This study uses the library research method or library research, the results of this study "Utilization of the Desmos Application as Digital Mathematics Learning. The Desmos application can be accessed as a website application and a sophisticated mobile application. If the desmos application is installed, then we can immediately see various views and use it according to our needs through several steps to use it. With the desmos application it can provide benefits for students to facilitate learning mathematics, especially in the digital era. This is in accordance with the objectives and the principles of learning mathematics itself.

Keywords—Desmos, Digital, Math Learning


Keywords


Desmos, Digital, Math Learning

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Aji, R. (2016). Digitalisasi, Era Tantangan Media (Analisis Kritis Kesiapan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Menyongsong Era Digital). Islamic Communication Journal, 1(1), 43-54. https://doi.org/10.21580/icj.2016.1.1.1245.

Azis, T. N. (2019). Strategi pembelajaran era digital. In The Annual Conference on Islamic Education and Social Science, 1(2), 308-318. http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciedss/article/view/512.

G. A. H., Ruslijanto. H., Mulyono. D. (2000).Metode Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah. Jakarta: Egc.

Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran matematika yang bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181-190. https://www.jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/download/47/4.

Hasanah, H. (2022). Pengenalan aplikasi matematika desmos di SMP Plus Abu Chamid. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 103-112. https://doi.org/10.47080/abdikarya.v4i1.1865.

Hidayati, H., & Sugeng, S. (2021). Penerapan transformasi geometri pada desain batik Lia Maido menggunakan desmos. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 99-106. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i2.711.

Kesumawati, N. (2008). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(3), 231-234. https://www.academia.edu/download/61579377/konsep_matematis20191221-53493-1p7iulq.pdf.

Kristanto, Y. D. (2021). Pelatihan desain aktivitas pembelajaran matematika digital dengan menggunakan desmos. JPKM : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(3), 192–199. https://doi.org/10.24114/jpkm.v27i3.23908.

Muhsetyo, G., Krisnadi, E., & Wahyuningrum, E. (2014). Pembelajaran matematika SD.

Netriwati, M. S. L., & Lena, M. S. (2018). Media pembelajaran matematika. Bandar Lampung: Permata Net.

Setianto, E. H. (2008). Tampil Beda Perangkat Digital. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Siswanto, A. (2018). Pengaruh penerapan metode drill dan peta pikiran terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas IX. 4 SMPN 1 Ranah Pesisir tahun pelajaran 2017/2018. Menara Ilmu, 12(12). https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/download/1082/935.

Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.