Pemanfaatan Aplikasi Geogebra Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di Era Digital

Siti Afit Tina, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak: Dengan berkembangnya teknologi di era digital saat ini para pendidik dituntut untuk memanfaatkan teknologi dalam kegiatan pembelajarannya salah satunya dalam penggunaan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemahiran pendidik dalam pemanfaatan teknologi untuk pembelajarannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka yaitu dengan menganalisis sumber data yang diperoleh dari artikel penelitian yang telah dipublikasi pada jurnal nasional. Artikel ini menelaah berbagai manfaat penggunaan geogebra dalam pembelajaran khususnya pada pelajaran matematika. Pemanfaatan geogebra ini diharapkan dapat membantu siswa dan pendidik dalam proses belajar mengajar. Sehingga, dengan adanya geogebra sebagai media pembelajaran matematika ini dapat menunjang pembelajaran siswa secara efektif dan efisien, serta mampu mengikuti perkembangan teknologi dengan baik.

Kata Kunci: Era digital, geogebra, media pembelajaran matematika

 

Abstract: With the develoopment of technology in the current digital era, educators are required to utilize technology in their learning activities, one of which is the use of learning media. The purpose of this study is to improve the ability of educators to utilize technology for their learning. The method used in this research is the literature study method, namely by analyzing data sources obtained from research articles that have been published in national journals. This article discusses the various benefits of using geogebra in learning, especially in mathematics. The utilization of geogebra is expected to help student and educators in the teaching and learning process. Thus, the existence of geogebra as a mathematics learning media can support student learning effectively and efficiently, and be able to keep up with technological developments well.

Keywords: Digital era, geogebra, math learning media


Keywords


Digital era, geogebra, math learning media

Full Text:

PDF

References


Agung, S. (2018). Pemanfaatan aplikasi geogebra dalam pembelajaran matematika smp. Prosiding, 3(1). Retrieved from: http://www.journal.uncp.ac.id/index.php/proceding/article/view/801

Andini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Astika, R. Y., Anggoro, B. S., & Andriani, S. (2019). Pengembangan video media pembelajaran matematika dengan bantuan powtoon. Jurnal Pemikiran Dan Peneli6tian Pendidikan Matematika (JP3M), 2(2), 85-96. Retrieved from http://journal.rekarta.co.id/index.php/jp3m/article/view/214.

Budiarto, M. T., & Artiono, R. (2019). Geometri dan permasalahan dalam pembelajarannya (suatu penelitian meta analisis). Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 1(1), 9-18. Doi https://doi.org/10.30598/jumadikavol1iss1year2019page9-18

Ekawati, A. (2016). Penggunaan software GeoGebra dan microsoft mathematic dalam pembelajaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 148-153. Retrieved from https://www.jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/download/43/37.

Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi geometri di sekolah dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27-35. Doi https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.20726

Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-media pembelajaran efektif dalam membantu pembelajaran matematika jarak jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 59-69. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10587

Imawan, O. R., & Ismail, R. (2020). Meningkatkan kompetisi guru matematika dalam mengembangkan media pembelajaran 4.0 melalui pelatihan aplikasi geogebra. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(6), 1230-1239. https://doi.org/10.31764/jmm.v4i6.3102

Izah, S. J., & Malasari, P. N. (2021). Studi Etnomatematika: Masjid Sunan Bonang dalam Pembelajaran Geometri. CIRCLE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(01), 44-58. Doi https://doi.org/10.28918/circle.v1i1.3597

Japa, N., Suarjana, I. M., & Widiana, W. (2017). Media Geogebra dalam pembelajaran matematika. International Journal of Natural Science and Engineering, 1(2), 40-47. https://doi.org/10.23887/ijnse.v1i2.12467

Kesumawati, N. (2017, December). Geogebra sebagai solusi untuk mengkontruksi konsep-konsep matematika di era digital. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG. Retrieved from: https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Porsidingpps/article/view/1458

Khairunnisa, G. F., & Ilmi, Y. I. N. (2020). Media pembelajaran matematika konkret versus digital: Systematic literature review dii era revolusi industri 4.0. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 131-140. Retrieved from: https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/jtm/article/view/3243

Magfirah, I., Zakaria, Y., Iye, R., Bugis, R., & Azwan, A. (2021). Pemanafaatan aplikasi Geogebra sebagai pembelajaran Matematika di SMA kabupaten Buru. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 7(1), 148-158.Doi: https://doi.org/10.35326/pencerah.v7i1.914

Nopriyanti, T. D. (2017, Decembeer). Penggunaan Geogebra Dalam Statistika di Era Digital. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG. Retrieved from: https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Porsidingpps/article/view/1464

Nur’aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran matematika geometri secara realistis dengan geogebra. Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika, 16(2). https://doi.org/10.29313/jmtm.v16i2.3900

Pianda, D., & Rahmiati, R. (2020). Peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan Google Classroom sebagai kelas digital berbantuan aplikasi GeoGebra. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 4(2), 93-111. http://dx.doi.org/10.22373/jppm.v4i2.7672

Prasetyo, K. B., Sukestiyarno, Y. L., & Cahyono, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau Dari Selfefficacy Siswa Kelas Vii Pokok Bahasan Geometri. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Prosnampas) (Vol. 2, No. 1, pp. 975-980). Retrieved From: https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Analisis+Kemampuan+Koneksi+Matematis+Ditinjau+Dari+Selfefficacy+Siswa+Kelas+Vii+Pokok+Bahasan+Geometri&btnG=#d=gs_qabs&t=1687188015805&u=%23p%3D7Sd8rVZPWlMJ

Purnomo, J. (2021). Kebermanfaatan Penggunaan Geogebra dalam pembelajaran Matematika. Idealmathedu: Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 8(1), 9-22. https://doi.org/10.53717/idealmathedu.v8i1.211

Rahadyan, A., Hartuti, P. M., & Awaludin, A. A. R. (2018). Penggunaan Aplikasi Geogebra dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 11-19. Doi: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i01.2356

Sundawan, M. D. (2018). Kajian kesulitan belajar mahasiswa dalam kemampuan pembuktian matematis ditinjau dari aspek epistemologi pada mata kuliah geometri transformasi. Inspiramatika, 4(1), 13-26. Doi https://doi.org/10.52166/inspiramatika.v4i1.868

Suryana, C., & Muhtar, T. (2022). Implementasi Konsep Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara di Sekolah Dasar pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 6(4), 6117-6131. Doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3177

Susanto, S., & Mahmudi, A. (2021). Tahap berpikir geometri siswa SMP berdasarkan teori Van Hiele ditinjau dari keterampilan geometri. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(1), 106-116. Doi https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i1.17044

Sylviani, S., & Permana, F. C. (2019). Pembelajaran matematika tingkat sekolah dasar menggunakan aplikasi geogebra sebagai alat bantu siswa dalam memahami materi geometri. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 1(1), 1-8. Retrieved from: https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=aplikasi+geogebra+adalah&btnG=#d=gs_qabs&t=1687189988751&u=%23p%3DkmU7KjhSzn8J

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan budaya membaca di Indonesia (Studi pustaka tentang problematika & solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 22-33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33

Wiwin, W., & Firmanto, A. D. (2021). Konstruksi Model Spiritualitas Pastoral Bagi Katekis Di Era Digital. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik, 1(2), 125-137.Doi: https://doi.org/10.52110/jppak.v1i2.31

Zakiy, M. A., Syazali, M., & Farida, F. (2018). Pengembangan media android dalam pembelajaran matematika. Triple S (Journals of Mathematics Education), 1(2), 87-96. Doi: https://doi.org/10.35194/ts.v1i2.377

Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan perilaku komunikasi generasi milenial dan generasi z di era digital. Satwika: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69-87.Doi: https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15550


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.