Pemanfaatan Media Facebook untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis di Era Society 5.0

Dewi Nur Cahyani, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Era society 5.0 adalah era yang menjadikan teknologi sebagai faktor dari manusia itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui upaya yang bisa dilakukan dalam meningkatkan keterampilan menulis memanfaatkan media Facebook di era society 5.0. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode studi pustaka yang bersumber dari data sekunder yang memiliki kaitan dengan topik penelitian. Sumber data berasal dari jurnal ilmiah nasional atau buku yang sudah diterbitkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media Facebook bisa dijadikan sebagai media untuk meningkatkan keterampilan menulis karena potensi yang dimiliki OLEH Facebook itu sendiri.

Kata kunci—Era society 5.0, keterampilan menulis, media Facebook

 

 

Abstract— The era of society 5.0 is an era where technology is a human factor. The purpose of this study is to find out what efforts can be made to improve writing skills using Facebook media in the era of society 5.0. The data collection method in this study uses the literature study method which is sourced from secondary data that is related to the research topic. Sources of data come from national scientific journals or books that have been published. The results of this study indicate that Facebook media can be used as a medium to improve writing skills because of the potential possessed by Facebook itself.

Keywords— Era of society 5.0, writing skills, Facebook media


Keywords


Era of society 5.0, writing skills, Facebook media

Full Text:

PDF

References


Ambarita, E. (2021). Fungsi Media Sosial dalam Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Menulis Teks Recount. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(6), 820-826. https://doi.org/10.47387/jira.v2i6.164.

Anggela, F., Persi., Amin, T. M., Putra, J. Y., ... Arianda, R. (2023). Bunga Rampai: Urgensi komuikasi dalam ilmu sosial. Bengkulu: CV. Sinar Syah Berseri.

Arifin, R. W. (2015). Peran facebook sebagai media promosi dalam mengembangkan industri kreatif. Bina Insani ICT Journal,2(2), 117-126. Retrieved from https://www.ejournalbinainsani.ac.id/index.php/BIICT/article/view/791/637.

Hadi, M. J. (2016). Pemanfaatan Media Sosial Facebook Sebagai Media Peningkatan Kemampuan Menulis Mahasiswa. Jurnalistrendi: Jurnal Linguistik, Sastra, Dan Pendidikan, 1(1). Retrieved from http://www.ejournal.unwmataram.ac.id/trendi/article/view/21.

Handayani, N. N. L., & Muliastrini, N. K. E. (2020, December). Pembelajaran Era Disruptif Menuju Era Society 5.0 (Telaah Perspektif Pendidikan Dasar). In Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya,(1), 1-14. https://doi.org/10.33363/sn.v0i0.32.

Hatmo, K. T. (2021). Keterampilan menulis bahasa indonesia. Jawa Tengah: Laikesha.

Hermawan, I. (2019). Metodologi penelitian pendidikan kuantitatif, kualitatif, dan mixed method. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.

Kustiyahningsih, Y., Anamisa, D. R., Hasbunallah, M., Rahmanita, E., & Purnama, J. (2021). Pemanfaatan media sosial dan market place: Untuk meningkatkan produk penjualan UMKM di masa pandemi covid-19. Malang: Media Nusa Creative.

Linur, R., & Mubarak, M. R. (2020). Facebook sebagai alternatif media pengembangan maharah kitabah. Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, 2(1), 8-18. https://doi.org/10.47435/naskhi.v2i1.154.

Maruta, H. (2017). Pengertian, kegunaan, tujuan dan langkah-langkah penyusunan laporan arus Kas. JAS (Jurnal Akuntansi Syariah), 1(2), 239-257. Retrieved from http://ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/jas/article/view/115.

Maulidiyah, M., Arfiyanti, R., & Mudopar, M. (2018). Penerapan model pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media Facebook dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa SMP. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 91-101. https://dx.doi.org/10.33603/deiksis.v5i2.1162.

Mirnawati, L., B. (2022). Implementasi model pembelajaran P4K: Untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa sd. Malang: Rena Cipta Mandiri.

Munawarah, M., & Zulkiflih, Z. (2021). Pembelajaran Keterampilan Menulis (Maharah al-Kitabah) dalam Bahasa Arab. Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 22-34. https://doi.org/10.36915/la.v1i2.15.

Parwati, N. P. Y., & Pramartha, I. N. B. (2021). Strategi Guru Sejarah Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Indonesia Di Era Society 5.0. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 22(1), 143-158. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/widyadari/article/view/1114.

Priyantoko, P., & Hasanudin, C. (2022, July). Digitalisasi bahan ajar bahasa indonesia untuk meningkatkan keterampilan 5c siswa di era society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,2(1), 356-365.Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1326.

Rahman, S. A., & Husin, H. (2022). Strategi Pondok Pesantren dalam Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Basicedu,6(2), 1829-1836. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2371.

Sakti, B. P. (2021). Indikator pemahaman e-portfolio dalam blended learning untuk menghadapi era society 5.0. Prosiding PGSD UPY. https://doi.org/10.32119/OSF.IO/2Z58N.

Sari, R. R. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Facebook Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi, 8(1), 26-32. https://doi.org/10.36709/jppg.v8i1.17.

Sasikirana, V. (2020). Urgensi Merdeka Belajar Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Society 5.0. E-Tech, 8(2), 393456. https://dx.doi.org/10.24036/et.v8i2.110765.

Setiawan, R. H., Arsanti, M., & Hasanudin, C. (2023). Hakikat Pendidikan pada Pembelajaran di Era Society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi, 1(1),317-325. Retriveed from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNHPP/article/view/1531/pdf.

Sholihah, D. M. A., Hawa, M., & Setiyono, J. (2022, August). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen dengan Menggunakan Media Gambar Seri pada Siswa Kelas IX MTs Wasilatul Huda Dukohkidul Tahun Ajaran 2021/2022. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesi a,2(1), 1141-1149. Retrieved From https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1468.

Sopandi, S. (2020). Upaya meningkatkan keterampilan menulis anekdot melalui penerapan strategi genius learning. Journal of Education Action Research, 4(4), 422-433.https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28508.

Sopandi, S. (2020). Upaya meningkatkan keterampilan menulis anekdot melalui penerapan strategi genius learning. Journal of Education Action Research,4(4), 422-433. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28508.

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan budaya membaca di Indonesia (Studi pustaka tentang problematika & solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 22-33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33.

Ulfaida, N., & Hasanudin, C. (2022, June). Pemanfaatan aplikasi wattpad sebagai penunjang pembelajaran menulis cerpen di SMA untuk mendukung gerakan merdeka belajar. In Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri) (Vol. 1, No. 1, pp. 1-9). Rertrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1345.

Wulandari, N. (2018). Pemanfaatan Sosial Facebook Sebagai Media Belajar Pendidikan Agama Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 3(1), 82-106. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tarbiyatuna/article/view/3437/2580.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.