Analisis Pendidikan Karakter Pada Novel Dikta dan Hukum Karya Dhia,an Farah dan Hubungannya Dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

Afina Suci Kinasih, Joko Setiyono, Sujiran Sujiran

Abstract


abstrak—Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya nilai pendidikan karakter pada Novel Dikta dan Hukum Karya Dhia'an Farah dan hubungannya dengan pembelajaran di SMA.Penelitian ini disusun dengan tujuan mengetahui nilai pendidikan karakter pada novel Dikta dan Hukum Karya Dhia’an Farah, mengetahui nilai pendidikan karakter pada novel Dikta dan Hukum Karya Dhia’an Farah dapat digunakan sebagai bahan materi pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode  deskriptif kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah novel, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah nilai pendidikan karakter pada novel Dikta dan Hukum. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu baca dan catat, berdasarkan teknik tersebut  pengumpulan data dapat dilakukan dengan menggunakan model analisis membaca novel, mendeskripsikan dan menganalisis data yang berkaitan dengan nilai pendidikan karakter, mengklasifikasikan data berupa nilai pendidikan karakter, menyimpulkan hasil yang didasarkan pada deskripsi dan analisis data secara keseluruhan. Keabsahan data diperoleh melalui teknik triagulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa novel Dikta dan Hukum Karya Dhia’an Farah mengandung nilai-nilai pendidikan karakter yaitu nilai kerja keras, religius, jujur, bersahabat, peduli sosial, dan tanggung jawab.

Kata kunci— Analisis, Nilai Pendidikan Karakter, Novel Dikta dan Hukum.

 

 

Abstract—This research is motivated by the value of character education in Dikta and Hukum by Dhia'an Farah and its relation to learning in SMA. the novel Dikta dan Hukum by Dhia'an Farah can be used as Indonesian language learning material in high school. This study uses a qualitative descriptive method, the subject of this study is a novel, while the object of this research is the value of character education in the novel Dikta dan Hukum. The data collection technique used is reading and note-taking, based on this technique data collection can be carried out using the analysis model of reading novels, describing and analyzing data related to character education values, classifying data in the form of character education values, concluding results based on description and analysis data as a whole. The validity of the data was obtained through triagulation techniques. The results of this study indicate that the novel Dikta dan Hukum by Dhia'an Farah contains character education values, namely the values of hard work, religion, honesty, friendship, social care, and responsibility.

Keywords— Analysis, The Value of Character Education, Novel Dikta and Law.


Keywords


Analysis, The Value of Character Education, Novel Dikta and Law.

Full Text:

PDF

References


Abidin. 2021. “Analisis Pendidikan Karakter pada novel kita semua pernah sedih dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA” .

Abrams (1999 : 33 ) tokoh dan penokohan Pradopo, Rachmad Djoko. 1994. Apresiasi sastra. Yogyakarta: Fakultas Sastra UGM.

Aminudin 2014 : 91 Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Agus, Y. (2014). pendidikan karakter dalam novel rumah tanpa jendela karya asma nadia havid.

Alffy Rev dan Linka Angelia. Senja dan pagi , Jakarta Loveable x Bhumi Anoma 2019.

Aumurrahman 2008. Belajar dan pembelajaran. Bandung: ALFABETA.

Departemen Pendidikan Nasional 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi keempat. Jakarta:PT.Gramedia Pustaka Utama.

H.Fuad Ihsan,2005:1 “Unsur Intrinsik Novel Tanah Air Betakarya Sefryana Khairil melalui Analisis Semiotika dan Manfaatnya sebagai Bahan Ajar di SMP” Mataram: FKIP Universitas Mataram.

Havid (2014) tentang pendidikan karakter dalam Novel Menggapai Matahari Karya Adnan Kantino.

Jhon Dewey (2003:69)Suryadi. 2010. Kamus Umum Bahasa Indonesia untuk Umum. Bandung:

Kridalaksana, 1982Ryan, Michael. 2014. Paradigma Teori Sastra. Jogjakarta: Pustaka Saritama.

Kenny,2009:321Mahsun. 2011. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi.

Nurgiyantoro Anwar, 2015: 10. “Analisis pendidikan karakter pada novel Cinta Shofiadan Kaitannya dengan Pembelajaran Sastra di SMA” (skripsi). Mataram: FKIP Universitas Mataram.

Nurgiantoro 2009:12. “Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Chibi Maruko Chan dan Kaitannya dengan Pembelajaran Sastra di SMA” (skripsi). Mataram: FKIP Universitas Mataram.

Narwanti (2011:11) Pengantar apresiasi karya sastra, Bandung sinar baru

Riska. 2020. “Analisis Nilai Pendidikan Karakter Novel Luruh Kuncupsebelum Berbunga karya Mira W dan Implementasinya dalam Pembelajaran Apresiasi Sastra di SMA” (skripsi). Mataram: FKIP Universitas Mataram.

Rusyana,1987 : 67 unsur intrinsik novel Kridalaksana, Harimurti. 1982. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Renny, N. S. (2013). pendidikan karakter dalam novel berjudul bumi cinta karya habiburrahman.

Ratna, Nyoman kutha 2009, Teori, metode, dan Teknik penelitian sastra Yogyakarta : pustaka belajar

Tirtaraharja, Umar.2008, Pengantar Pendidikan Jakarta Universitas Terbuka

Toni Azhare (2011) dengan judul “Analisis Nilai Pendidikan Karakter Novel Luruh Kuncup sebelum Berbunga karya Mira W"

undang-undang nomor 20 tahun 2003 Bab 1 pasal 1 No. 1 tentang pendidikan.

Sudaryanto, 2003:33 Nilai Edukatif dalam Novel Jiwa yang Termaafkan karya Teungkumalemi Siswanto, 2013:55 Relevansinya dengan Pembelajaran Apresiasi Sastra di SMA” Mataram: Muhajir ( 2013: 63 ) macam-macam pendidikan karakter

Suryono (2010: 11) Metodologi penelitian psikologi sastra.

Sugiyono, 2015: 22. “Nilai-nilai Pendidikan karakter dalam Novel Burlian karya Tere Liye” Mataram: FKIP Universitas Mataram.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.