Analisis Efektivitas Pembelajaran melalui Penskoran Evaluasi yang Berfokus pada Hasil dan Proses Belajar

Nurul Fatimah Endah Kurnia, Syaikhul Umam, Joko Setiyono

Abstract


yang fokus pada hasil dan proses belajar. Pembelajaran efektif memungkinkan siswa belajar dengan mudah, menyenangkan, dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Penskoran evaluasi adalah memberi skor pada jawaban atau kinerja siswa untuk mengukur pencapaian mereka terhadap tujuan pembelajaran (Gronlund & Cangelosi, 1994). Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan menganalisis jurnal, buku, artikel, dan sumber sekunder relevan. Hasilnya menunjukkan bahwa evaluasi formatif yang berfokus pada hasil dan proses belajar meningkatkan efektivitas pembelajaran. Evaluasi ini memberikan umpan balik teratur dan sistematis kepada siswa, memberikan informasi tentang perkembangan mereka, kekuatan dan kelemahan, serta mendorong perbaikan dan pengembangan diri. Fokus pada pemahaman konsep, berpikir kritis, dan keterampilan problem-solving dalam penskoran evaluasi mendorong siswa untuk berpikir mendalam dan memahami lebih baik. Penerapan penskoran evaluasi ini juga meningkatkan motivasi belajar siswa dan prestasi mereka. Penelitian ini memberikan manfaat dalam merancang strategi evaluasi yang lebih baik dan meningkatkan efektivitas pembelajaran. Metode analisis isi dan teknik triangulasi digunakan untuk memvalidasi data yang diperoleh.

Kata kunci— proses belajar, hasil belajar, penskoran evaluasi, efektivitas pembelajaran

 

 

Abstract—tllows students to learn easily, enjoyably, and achieve the expected learning goals. Evaluation scoring is giving a score to students' answers or performance to measure their achievement of learning objectives (Gronlund & Cangelosi, 1994). This study uses a literature study method by analyzing journals, books, articles, and relevant secondary sources. The results show that formative evaluation that focuses on learning outcomes and processes improves learning effectiveness. These evaluations provide regular and systematic feedback to students, informing them of their progress, strengths and weaknesses, and encouraging self-improvement and development. The focus on understanding concepts, critical thinking, and problem-solving skills in scoring evaluations encourages students to think deeply and understand better. The application of this evaluation scoring also increases students' learning motivation and their achievement. This research provides benefits in designing better evaluation strategies and increasing learning effectiveness. Content analysis methods and triangulation techniques are used to validate the data obtained.

Keywords—learning process, learning outcomes, evaluation scoring, learning

Effectiveness


Keywords


learning process, learning outcomes, evaluation scoring, learning Effectiveness

Full Text:

PDF

References


Gina, D, L, N (2014). Pembelajaran Vokal Grup Dalam Kegiatan Pembelajaran Diri di SMPN 1 Panumbangan Ciamis. Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/7374/5/S_SDT_0901886_Chapter2.pdf

Asrori. (2020). Psikologi pendidikan pendekatan multidisipliner. Banyumas: Pena Persada.

Saleh, A.A. (2018). Pengantar psikologi. Makassa, Indonesia: Penerbit Aksara Timur.

Al-hasan, Yusuf. (2012). Pendidikan anak dalam islam. Jakarta, Indonesia: Darul Haq.

Baharuddin & Wahyuni, E.N. (2015). Teori belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nurjaman, Syarifan. (2016). Psikologi Belajar. Ponorogo, Indonesia: Wade Group.

Purwanto. (2016). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta, Indonesia : Pustaka Pelajar.

Rusmono. (2017). Strategi pembelajaran dengan Problem Based Learning itu perlu: untuk meningkatkan profesionalitas guru. Bogor, Indonesia : Ghalia Indonesia.

Suprihatiningrum, Jamil. (2016). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta, Indonesia : Ar-Ruzz Media.

Thobroni. (2015). Belajar & Pembelajaran, Teori dan Praktik. Yogyakarta, Indonesia : ArRuzz Media.

Anita Yus. (2014). Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini, Jakarta: Prenadamedia Group. https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/CAUD010802-M1.pdf

Gradner, Howard. 2002. Multiple Intelligence. New York: Basic Books Harper Collins Publishing. Inc.

Gayle Mindes, Harold Ireton, Carol Mardell, Czudnowski. (1996). Assessing young children, Melbourne: Delmar Publisher.ITP An International Thomson Publishing Company.

Hamzah, B. Uno dan Satria Koni, (2012). Asesment pembelajaran, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Muri Yusuf. (2015). Asesmen dan evaluasi pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Nana Sudjana. (2009). Penilaian hasil proses belajar mengajar, bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Sue C. Wortham. (2005). Assessment in Early childhood education. New jersey: Merrill Prentice Hall.

Suharsimi, Arikunto. 1999. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Rustaman, A. (2001). Penulisan Tesis. Jakarta, Indonesia : Raja Grafindo Persada.

Rooijakkers, G. (1991). Educational Concepts and Theories. Berlin: Walter de Gruyter.

Winkel, W. S. (1991). Psikologi Pengajaran. Jakarta, Indonesia : Gramedia Widiasarana.

Gronlund, N. E., & Cangelosi, J. D. (1994). Assessment of student achievement. Boston: Allyn & Bacon.

Popham, W. J. (2009). Classroom assessment: What teachers need to know. Pearson.

Nitko, A. J., & Brookhart, S. M. (2011). Educational assessment of students. Pearson.

Afifatu, R. (2015). Jurnal Pendidikan Usia Dini vol 9. Doi: https://doi.org/10.21009/JPUD.091.02

Aditya, W. (2017) Jurnal Efektivitas Pembelajaran. https://repository.ump.ac.id/1015/3/BAB%20II.pdf

Teti, W. (2021). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Siswa SD di Aceh Besar. Widya Madya LPMP Aceh. http://lpmpaceh.kemdikbud.go.id/?p=2064

Reza, P. (2022). Apa Itu Belajar Efektif? Pengertian, Manfaat, Cara Menerapkan. Nibiobank. https://nibiobank.org/belajar-efektif/

Khalifah, M. (2013). Makalah Pedoman Penskoran. www.slideshare.net

Shinta, M. (2013). Hubungan Pelaksanaan Sistem Kearsipan Dengan Efektivitas Pengambilan Keputusan Pimpinan Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/1605/6/S_ADP_0705056_Chapter3.pdf

Zihan, B, R, G. (2022). 7 Jenis Metode Penelitian dalam Karya Ilmiah https://www.idntimes.com/life/education/zihan-berliana-ram-ghani/jenis-metode-penelitian


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.