Analisis Kelayakan Isi pada Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar Kurikulum 2013

Nabila Ulfaida, M. Abdul Khalim Arrosyid, Febriana Ulfatin Khoiriyah, Rizka Amalia Putri, Muhammad Sholehhudin5, Joko Setiyono

Abstract


abstrak—Pendidikan merupakan salah satu sarana untuk mencapai tujuan negara yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pendidikan adalah sebuah proses mengubah sikap dan perilaku seseorang maupun kelompok dalam upaya mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran, pelatihan, proses, cara, perbuatan mendidik. Peneltian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik baca-simak-catat dalam proses pengumpulan data. Data berasal dari data sekunder yang membahas mengenai kurikulum pendidikan 2013 dan buku teks Bahasa Indonesia kelas V Sekolah Dasar. Pada teknik analisis data, penulis mengacu pada teori dari Milles dan Huberman yang terdiri dari 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) data disajikan, dan 4) menarik kesimpulan pada data. Setelah data dianalisis, perlu diadakan pencocokan data dengan sumber data untuk memperoleh kevalidan data. Pada teknik validasi data, penulis menggunakan triangulasi sumber data dengan mencocokan hasil yang telah disimpulkan dengan sumber data yang lain seperti buku yang telah terbit serta jurnal nasional serta jurnal internasional. Hasil pembahasan dari kajian ini adalah menemukan kelayakan isi pada buku teks Bahasa Indonesia kurikulum 2013 yang mencakup kesesuaian dengan kurikulum 2013, perluasan dan kedalaman materi, keakuratan materi, dan materi pendukung pembelajaran.

Kata kunci—Kelayakan isi, Buku teks, Kurikulum.

 

 

Abstract— According to the Big Indonesian Dictionary (KBBI), education is a process of changing the attitudes and behavior of a person or group in an effort to mature humans through teaching, training, processes, ways , educational act. This research uses a qualitative descriptive method using a read-listen-note technique in the data collection process. The data comes from secondary data which discusses the 2013 education curriculum and Indonesian language textbooks for grade V elementary schools. In data analysis techniques, the author refers to the theory of Milles and Huberman which consists of 1) data collection, 2) data reduction, 3) data presented, and 4) draw conclusions on the data. After the data has been analyzed, it is necessary to carry out data matching with data sources to obtain data validity. In data validation techniques, the authors use triangulation of data sources by matching the results that have been concluded with other data sources such as published books and national and international journals. The results of the discussion of this study were to find the feasibility of the content in the 2013 Indonesian language textbooks which included conformity with the 2013 curriculum, expansion and depth of material, accuracy of material, and learning support materials.

Keywords— Adequacy of content, Textbooks, Curriculum.


Keywords


Adequacy of content, Textbooks, Curriculum.

Full Text:

PDF

References


Alawiyah, F. (2013). Peran guru dalam kurikulum 2013. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 4(1), 65-74. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v4i1.480.

Efendi, A. (2009). Beberapa catatan tentang buku teks pelajaran di sekolah. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14(2), 320-333. https://doi.org/10.24090/insania.v14i2.334.

Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617-1620. URL: https://mail.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1148.

Majid, A. (2014). Implementasi kurikulum 2013 kajian teoretis dan praktis.

Martin, R., & Simanjorang, M. M. (2022). Pentingnya Peranan Kurikulum yang Sesuai dalam Pendidikan di Indonesia. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 125-134. Doi: https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.180.

Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20-28. Doi: https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060.

Mudzakir, A. S. (2010). Penulisan buku teks yang berkualitas. Pustaka: Bandung.

Mumpuni, A. (2018). Integrasi nilai karakter dalam buku pelajaran: Analisis konten buku teks kurikulum 2013. Deepublish.

Novianto, A., & Mustadi, A. (2015). Analisis buku teks muatan tematik integratif, scientific approach, dan authentic assessment sekolah dasar. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 45(1). http://dx.doi.org/10.21831/jk.v45i1.7181.

Nurhuda, H. (2022). Masalah-Masalah Pendidikan Nasional; Faktor-Faktor Dan Solusi Yang Ditawarkan. Dirasah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 127-137. Doi: https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.406.

Rahmawati, G. (2015). Buku teks pelajaran sebagai sumber belajar siswa di perpustakaan sekolah di SMAN 3 bandung. EduLib, 5(1). https://doi.org/10.17509/edulib.v5i1.2307.

Sani, R. A. (2014). Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1630.

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166-178. http://dx.doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173.

Sinambela, P. N. (2017). Kurikulum 2013 dan implementasinya dalam pembelajaran. Generasi Kampus, 6(2). Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/view/7085.

Wiryanto, W., & Anggraini, G. O. (2022). Analisis pendidikan humanistik Ki Hajar Dewantara dalam konsep kurikulum merdeka belajar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(1), 33-45. Doi: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v15i1.41549.

Witasari, R. (2022). Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dan Relevansinya Dengan Kebijakan Pendidikan Merdeka Belajar. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 1(1), 1-8. Doi: http://dx.doi.org/10.21927/ijeeti.2022.1(1).1-8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.