Etika Tidak Disiplin Bagi Siswa Yang Melanggar Tata Tertib : Studi Kasus SMP Negeri 6 Bojonegoro
Abstract
abstrak— Adanya siswa yang sering melanggar tata tertib sekolah menjadi pendorong utama dilakukanya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang 1) Bagaimana tata tertib sekolah diterapkan di SMP Negeri 6 Bojonegoro; 2) Kedisiplinan siswa SMP Negeri 6 Bojonegoro; 3) Penggunaan tata tertib sekolah untuk membentuk disiplin siswa di SMP Negeri 6 Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang dalam proses pengumpulan data menggunakan teknik wawancara / observasi langsung. Hasil penelitian ini menujukan bahwa: 1) Mematuhi peraturan sekolah merupan langkah utama yang berfungsi sebagai pedoman bagi perilaku siswa di dalam kelas; 2) Keberagaman latar belakang siswa SMP Negeri 6 Bojonegoro dan kondisi lingkungan sekolah berpengaruh terhadap kedisiplinan siswa; 3) Pelaksanaan tata tertib sekolah dilakukan dengan upaya wali murid. Dengan bantuan pihak sekolah dan orang tua, diharapkan siswa menjadi lebih disiplin dengan tata tertib sekolah.
Kata kunci— Etika, Disiplin, Tata Tertib, Siswa
Abstract— The fact there are student who break school rules is the imputes for this research. This study aims to provide an overview of: 1) How school rules are applied in SMP Negeri 6 Bojonegoro; 2) Understudy discipline at SMP Negeri 6 Bojonegoro; 3) Use of school rules to assemble understudy discipline at SMP Negeri 6 Bojonegoro. this research is a qualitative research, in which data collection uses interview / direct observation techniques. The study’s findings demonstrate: 1) Adhering to the rules of the school is a deliberate step that serves as a guide for student’s behavior in the classroom; 2) the diverse backgrounds of SMP Negeri 6 Bojonegoro students and the conditions of the school environment influence the students discipline; 3) the methodology for executing school rules is completed by effort to guardians of understudiens. Whit the help of the school and parents, it is hoped that students will become ore discipline with school rules.
Keywords— Dicipline, Ethics, Rules, Students
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfisah, R., dkk. (2020). Implementasi Manajemen Kelas Dalam Kegiatan Belajar Mengajar di Taman Kanak-Kanak Negeri 08 Penatoi Kota Bima. Jurnal Penelitian Islam Anak Usia Dini. 2(1), 38-59. Doi https://doi.org/1052266/pelangi.v2i1.575
Annur, Y. F., dkk. (2021). Pendidikan Karakter dan Etika dalam Pedidikan. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitan PGRI Palembang. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5688
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. https://core.ac.uk/dowload/pdf/270302321.pdf
Aulina, CN. (2013). Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 2(1), 36-49. Doi https://doi.org?10.21070/pedagogia.v2i1.45
Ernawati, I. (2016). Pengaruh Layanan Informasi dan Bimbingan Probadi Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas XII MA Cokroaminoto Wanadadi Banjarnegara Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1) 1-13. Doi https://doi.org/10.31316/g.couns.v1i1.40
Fawaid, MM. (2017) Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa. Jurnal Civic Hukum. 2(1), 9, 2017. Doi https://doi.org/10.22219/jch.v2i1.9899
Hadianti, LS. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa (Penelitian Deskriptif Analisis Di SDN Sukakarya II Kecamatan Samarang Kabupaten Garut). Jurnal Pendidikan UNIGA. 2(1), 1-8. Doi http://dx.doi.org/10.52434/jp.v2i1.11
Istighfarotul Rahmaniyah. (2009). Pendidikan Etika Konsep Jiwa dan Etika Perspektif Ibnu Miskawaih Dalam Konstribusinya di Bidang Pendidikan, Malang: Editya Media. https://inlislite.dispersip.tubankab.go.id/opac/detail-opac?id=4872
Latif, M A., dkk. (2021). Sekolah Ramah Anak Berintegrasi Pesantren. Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan. 16(2), 118-131. Doi https://doi.org/10.55325/uq.v16i2.537
Mabuka, O. (2021). Tata Tertib Sekolah Berperan Sebagai Pengendali Perilaku Siswa di SD Inpres Raja Kecamatan Morotai Selatan Barat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 7(2), 360-372. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/722/505
Merpati, T., dkk. Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMP Katolik Santa Rosa Siau Timur Kabupaten Sitaro. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan. 2(2), 55-61. Doi http://dx.doi.org/10.36412/ce.v2i2.722
Moloeng, Lexy J. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moloeng, Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaya Rosdakarya. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1133305
Mutiah, T. (2019. Etika Komunikasi Dalam Menggunakan Media Sosial. Jurnal Global Komunikasi, 1(1), 14-29. https://ejournal.upnvj.ac.id/Global.Komunika/article/view/1561
Oktasari, D., dkk. (2020). Analisis Pelanggaran Tata Tertib Sekolah Oleh Siswa Dan Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia. 6(4), 16-21. http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v6i4.3762
Prayitno, dkk. (2013). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Rineka Cipta. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=635391
Rukin, S.Pd. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sulawesi Selatan,: Yayasan Ahmad Cendekia Indonesia. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id&GyWyDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR4&dq=info:sDxpcVBOtQcJ:scholar.google.com/&ots=E9BtoPuoG7&sig=ucvjqri6O17tqUvYKOFuG9eqxM&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Sari, R, I. (2020). Analisis Sikap Toleransi Belajar IPA Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. 13(2), 120-128. Doi https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i2.35409
Smith, M, B. (2011). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Disiplin Belajar Siswa SMA Negeri 1 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara. Jurnal Penelitian dan Pendidikan, 8(1), 22-23.
Supriyanto, A. (2016). Buku Panduan Layanan Konseling Individu Pendekatan Behavioristik Teknik Shaping untuk Mengatasi Perilaku Terlambat Datang Kesekolah. Yogyakarta: K-Media. http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/7059
Sutisna, U. (2020). Etika Belajar Dalam Islam. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(1), 49-58. Doi http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v7i14902
Syafrina, N. (2017). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Suka Fajar Pekanbaru. 8(4), 1-12. Doi https://doi.org/10.36975/jeb/v8i4.5
Tanyid, M. (2014). Etika Dalam Pendidikan Kajian Etis Tentang Krisis Moral Berdampak Pada Pendidikan. Jurnal Jaffray, 12(2) 235. Doi http://dx.doi.org/10.25278//jj71.v12i2.13
Tas’adi, R. (2014). Pentingnya Etika Dalam Pendidikan. 17(2), 189-198. Doi http://dx.doi.org/10.31958/jt.v17i2.272
Tri, M. (2021). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Terlambat Datang Ke Sekolah Pada Peserta Didik Kelas VII di SMP Wiyatama Bandar Lampung Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal UIN Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14073
Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa, Jakarta : PT. Gramedia Widia Sarana Indonesia. http://perpustakaankarmelindo.org/index.php?p=show_detail&id=203013
Wahib, A. (2021). Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Belajar Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Paradigma. 12(1), 11. https://www.staimmgt.ac.id/wp-content/uploads/2021/12/5.-PERAN-ORANG-TUA-DALAM-MEMBIMBING-ANAK.pdf
Yani, A., dkk. (2017). Implementasi Islamic Parenting Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini di RA At-Raqwa Kota Cirebon. Jurnal Pendidikan. 3(1), 153-174. Doi https://doi.org/10.24235/awlady.v3i11464
Yasmin, FL., dkk. (2016). Hubungan Disiplin Dengan Tanggungjawab Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 1(4), 692-698. Doi http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i4.6226
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.