Analisis Nilai Pendidikan Dalam Novel 7 Prajurit Bapak Karya Wulan Nurmalia dan Hubungannya Dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

Anggita Tulus Sholikhatul Jannah, Masnu'atul Hawa, Moh Fuadul Matin

Abstract


abstrak— Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya nilai pendidikan yang terdapat di dalam novel 7 Prajurit Bapak Karya Wulan Nurmalia serta hubungannya dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk mengetahui nilai apa sajakah yang terdapat di dalam novel 7 Prajurit Bapak Karya Wulan Nurmalia dan hubungannya dengan pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan sebagai proses penelitian ini yaitu teknik baca, teknik mengelompokkan, teknik analisis, dan teknik catat. keabsahan data diperoleh melalui peningkatan ketekunan dan penggunaan bahan referensi. Analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa novel 7 Prajurit Bapak Karya Wulan Nurmalia menganalisis empat jenis nilai pendidikan. Nilai pendidikan tersebut mencakup nilai pendidikan religius atau agama, nilai pendidikan moral, nilai pendidikan sosial, dan nilai pendidikan budaya. Nilai pendidikan yang dipakai dalam menganalisis novel 7 Prajurit Bapak Karya Wulan Nurmalia berdominan pada nilai pendidikan moral dan nilai pendidikan sosial.

Kata kunci—Analisis, Nilai Pendidikan, Novel

 

 

Abstract—Novel This research is motivated by the educational value contained in the novel 7 Soldiers by Mr. Karya Wulan Nurmalia and its relation to learning Indonesian in high school. This study was structured with the aim of knowing what values are contained in the novel 7 Soldiers by Mr. Karya Wulan Nurmalia and their relationship to learning Indonesian. This type of research is a qualitative descriptive research. Data collection methods used as part of this research process are reading techniques, grouping techniques, analytical techniques, and note-taking techniques. the validity of the data is obtained through increased persistence and the use of reference materials. From the analysis that has been done, it can be concluded that the novel 7 Soldiers by Mr. Karya Wulan Nurmalia analyzes four types of educational values. These educational values include the value of religious or religious education, the value of moral education, the value of social education, and the value of cultural education. The educational value used in analyzing the novel 7 Soldiers, Mr. Karya Wulan Nurmalia, is dominated by the value of moral education and the value of social education.

Keywords—Analysis, Educational Value, Novel


Keywords


Analysis, Educational Value, Novel

Full Text:

PDF

References


Ahyar, J. (2019). Apa itu sastra: Jenis-jenis karya sastra dan bagaimanakah cara menulis dan engapresiasi sastra. Sleman: Deepublish.

Aminnudin.2010. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Angkasa.

Angga, N. (2020). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Orang-Orang Biasa Karya Andrea Hirata Dalam Hubungannya Dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA. Jurnal pendidikan Edutama. http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/823

Darji, Darmodiharjo, Shidarta. 2010. Pokok-Pokok Filsafat Hukum. Jakarta: Gramedia Utama.

Departemen Pendidikan Nasional.2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Edi, Basuki Sarwo, 2017. “Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Dongeng Tayangan Televisi”, dalam Mlangun Jurnal Ilmiah kebahsaan dan Sastra Volume 14, Nomor 2 Desember 2017. Jambi: Kantor Bahasa Jambi.

Fitriati, S. (2015). Nilai-Nilai Pendidikan Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata. Jurnal Pesona, 1(2). https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/pesona/article/view/107/60

Gunawan, Andri. 2018. Nilai-Nilai Religius Dalam Novel Ayat-Ayat Cinta 2 Karya Habiburrahman El Shirazy dan Rancangan Pembelajaran Sastra di SMA/MA. PBSI. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung.

Harahap, S. H., Sunendar, D., Sumiyadi, S., & Damaianti, V, S. Pembelajaran Sastra: Berbagai Kendala Dalam Bermain Drama Bagi Mahasiswa. Basastra,9(1),114122. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/basastr/article/view/4936

Lubis, Mawardi. 2008. Evaluasi Nilai Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia, 8(2). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi | Muhson | Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia (uny.ac.id)

Nurgiyantoro, B. 2007. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Parmini, N. K., & Sutresna, I. B. (2014). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Pada Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 2(1).

Rizky, A. (2020). Konsep Horace Dalam Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata Kajian Kritik Sastra. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 10(1), 54-60. https://www.scilit.net/aticle/af58769efe6dd5525a92345aa0fe5637

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: ALFABETA

Wiyatmi. 2009. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.