Pemanfaatan Media Film Animasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa SMA
Abstract
abstrak—Film animasi merupakan salah satu inovasi media pembelajaran untuk menyampaikan cerita film yang lebih menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana media film animasi dapat membantu meningkatkan keterampilan menulis narasi pada siswa SMA. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan dengan sumber data sekunder dari jurnal dan buku nasional dan internasional. Metode penelitian ini menggunakan variasi teori yang dikembangkan oleh Mary W. George. Hasil penelitian berupa topik pembahasan yang berfokus pada penggunaan media film dan animasi untuk meningkatkan keterampilan menulis. Kolaborasi antara film dan animasi dapat diwujudkan melalui pengembangan dan perancangan film yang ditulis untuk disajikan dengan media animasi. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa penggunaan media film animasi untuk meningkatkan keterampilan menulis esai naratif siswa SMA memerlukan perancangan film animasi.
Kata kunci—keterampilan menulis, teks narasi, siswa SMA, media.
Abstract—Animated films are one of the innovations in learning media to convey more interesting film stories. The purpose of this study was to find out how animated film media can help improve narrative writing skills in high school students. In this study the method used was the library research method with secondary data sources from national and international journals and books. This research method uses the theory of variation developed by Mary W. George. The results of the research are in the form of discussion of topics that focus on the use of film and animation media to improve writing skills. Collaboration between film and animation can be realized through the development and design of films written to be presented with animated media. The study concluded that the use of animated film media to improve narrative essay writing skills for high school students requires the design of animated films.
Keywords—writing skills, narrative text, senior high school students, media.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hermanto, D. M., & Hasanudin, C. (2022). Meningkatkan Keterampian Menulis Cerpen Siswa SMA Dengan Memanfaatkan Aplikasi Noveltoon. Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2 (1), 29-37. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=keterampilan+menulis+Cahyo+Hasanuddin+&btnG=#d=gs_qabs&t=1685018015271&u=%23p%3D1FSEaLhvNvkJ
Amelia, A., & Hasanudin, C. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok untuk Pengembangan Bakat Siswa SMA di Bidang Menulis. Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2 (1), 858-868. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=manfaat+keterampilan+menulis++cahyo+hasanudin&btnG=#d=gs_qabs&t=1685072370982&u=%23p%3Dc6IE57_uRZUJ
Arianti, F. F., Sutrimah., & Hasanudin, C. (2020). Flipped classroom dan aplikasi schoology: Analisis keterampilan menulis teks biografi. Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya 1 (2), 165-186. https://doi.org/10.22515/tabasa.v1i2.2591
Marliana, R., & Indihadi, D. (2020). Teknik brainstorming pada model pembelajaran menulis teks narasi. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7 (2), 109-115. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i2.25459.
Jumriah. (2023). Kemampuan Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Kolaka dalam Menulis Teks Narasi. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah 2 (2), 267-277. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=manfaat+teks+narasi+&btnG=#d=gs_qabs&t=1685145988057&u=%23p%3DQeR_i8idk-UJ.
Ramadhan, G., & Indihadi, D. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Narasi Non-Fiksi Melalui Gambar Seri di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7 (2), 178-188. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i2.24928.
Paida, A. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Narasi melalui Media Animasi Kartun pada Siswa Kelas VII SMP Unismuh Makassar. AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya 1 (1), 32-41. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pengertian+siswa+SMP+dalam+menulis+narasi+&oq=pengertian+siswa+#d=gs_qabs&t=1685161150310&u=%23p%3Dovqa.QM-pc8IJ.
Iryani, E. (2019). Mengembangkan kemampuan menulis narasi berdasarkan teks wawancara. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin 3 (1), 13-26. https://doi.org/10.37012/jipmht.v3i1.82.
Sundayana, R. (2016). Kaitan antara gaya belajar, kemandirian belajar, dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP dalam pelajaran matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 5 (2), 75-84. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.262.
Cahyono, S. A. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Publiciana 9 (1), 140-157. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pengertian+media+&oq=pengertian+media#d=gs_qabs&t=1685233158203&u=%23p%3D-x6sHg6IBpQJ.
Widiastuti, N. (2019). Berita Viral di Media Sosial Sebagai Sumber Informasi Media Massa Konvensional. Jurnal Digital Media dan Relationship 1 (1), 23-30. https://doi.org/10.51977/jdigital.v1i1.161.
Hafid, A. (2011). Sumber dan media pembelajaran. Sulesana: Jurnal wawasan keislaman 6 (2), 69-78. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=media+sebagai+sumber+belajar&oq=media+sebagai#d=gs_qabs&t=1685234666394&u=%23p%3DShGj_U3yrzIJ.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.