Pemanfaatan Aplikasi Instagram sebagai Sumber Informasi di Era Teknologi Digital

Thoriq Dipa Wiranata, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Aplikasi Instagram merupakan aplikasi yang banyak diakses oleh semua kalangan. Aplikasi Instagram salah satu media yang tercipta dari perkembangan teknologi digital. Perkembangan teknologi yang pesat dibutuhkan media yang mudah untuk diakses dalam pencarian informasi. Aplikasi Instagram menjadi salah satu aplikasi yang tidak hanya sebagai media hiburan melainkan juga dapat digunakan sebagai media untuk menemukan informasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah studi pustaka atau library research. Studi pustaka adalah teknik penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data dari sumber yang relevan, seperti buku dan artikel yang bersifat ilmiah. Data yang didapat merupakan data sekunder yang bersumber dari buku dan artikel ilmiah terbitan dari jurnal nasional. Artikel ini menggunakan teknik pengumpulan data yang mengacu pada teori Mary W. George yang dijabarkan sebagai berikut. 1) Pemilihan topik tentang Sumber informasi di era teknologi digital, 2) Peneliti menyatakan bahwa aplikasi Instagram sebagai sumber informasi di era teknologi, 3) Peneliti menyampaikan cara menginstal dan pemakaian aplikasi Instagram berguna sebagai sumber informasi, 4) peneliti memberikan simpulan bahwa aplikasi Instagram dapat digunakan sebagai media pencarian informasi di era digital melalui fitur yang terdapat dalam aplikasi Instagram. Aplikasi Instagram menjadi aplikasi yang mudah diakses dan dapat digunakan sebagai media alat pencarian informasi di era teknologi digital. Dengan ada aplikasi Instagram masyarakat di era teknologi digital semakin dimudahkan dalam pencarian informasi. Cara mengakses aplikasi Instagram yaitu, dengan mengunduh aplikasi, melakukan login, setelah melakukan login aplikasi Instagram telah siap dijadikan media dalam mengumpulkan Informasi.

Kata kunci— Aplikasi Instagram, Sumber Informasi, Teknologi Digital

 

 

 

Abstract— The Instagram application is an application that is widely accessed by all people. The Instagram application is one of the media created by the development of digital technology. The rapid development of technology requires media that is easy to access in searching for information. The Instagram application is an application that is not only an entertainment medium but can also be used as a medium to find information. The method used in this research is library research or library research. Literature study is a research technique that is carried out by collecting data from relevant sources, such as books and scientific articles. The data obtained is secondary data sourced from books and scientific articles published in national journals. This article uses data collection techniques that refer to Mary W. George's theory which is described as follows. 1) Selection of topics about sources of information in the digital technology era, 2) Researchers state that the Instagram application is a source of information in the technological era, 3) Researchers convey how to install and use the Instagram application as a useful source of information, 4) Researchers conclude that the Instagram application can used as a medium for information search in the digital era through the features contained in the Instagram application. The Instagram application is an application that is easily accessible and can be used as a medium for information search tools in the digital technology era. With the Instagram application, people in the era of digital technology make it easier to find information. How to access the Instagram application, namely, by downloading the application, logging in, after logging in the Instagram application is ready to be used as a medium for collecting information.

Keywords— Instagram Application, Information Resources, Digital Technology Era


Keywords


Instagram Application, Information Resources, Digital Technology Era

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Afif, N. (2019). Pengajaran dan pembelajaran di era digital. IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(01). 117-129. https://doi.org/10.37542/iq.v2i01.28.

Arbi, F. & Dewi, S. I. (2017). Pengaruh media sosial Instagram terhadap minat fotografi pada komunitas fotografi kamera Indonesia Malang. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 6(2). 69-74. https://doi.org/10.33366/jisip.v6i2.1474.

Baharun, H., & Finori, F. (2019). Smart techno parenting: alternatif pendidikan anak pada era teknologi digital. Jurnal Tatsqif, 17(1), 52-69. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.625.

Danuri, M. (2019). Perkembangan dan transformasi teknologi digital. Jurnal Ilmiah Infokam: Informasi Komputer Akuntansi dan Manajemen. 15(2). 116-123. https://doi.org/10.53845/infokam.v15i2.178.

Fathoni, A. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Fitur Instagram Stories dan Interface Design Instagram Terhadap Kepuasan Menggunakan Instagram Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma. Jurnal Ilmu Komunikasi : MediaKom, 2(1). 206-218. https://fikom.gunadarma.ac.id/mediakom/index.php/mediakom/article/view/17.

Fathurrahman, M. (2018). Pentingnya arsip sebagai sumber informasi. JIPI: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 3(2), 215-225. http://dx.doi.org/10.30829/jipi.v3i2.3237.

Hasanudin, C., Subyantoro, S., Zulaeha, I., & Pristiwati, R. (2021, December). Strategi menyusun bahan ajar inovatif berbasis mobile learning untuk pembelajaran mata kuliah keterampilan menulis di abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 4, No. 1, pp. 343-347). https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/902.

Juwita, R. (2017). Media sosial dan perkembangan komunikasi korporat. Jurnal Penelitian Komunikasi, 20(1). https://doi.org/10.20422/jpk.v20i1.136.

Kurniawan, P. (2017). Pemanfaatan media sosial instagram sebagai komunikasi pemasaran modern pada batik burneh. Competence: Journal of Management Studies, 11(2). 217-225. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v11i2.3533.

Kusuma, D. F. & Sugandi, M. S. (2018). Strategi pemanfaatan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh Dino Donut. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1). 18-33. https://doi.org/10.24198/jmk.v3i1.12963.

Lestari, S. (2018). Peran teknologi dalam pendidikan di era globalisasi. Edureligia. 2(2). 94-100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459.

Mahendra, B. (2017). Eksistensi sosial remaja dalam Instagram (sebuah perspektif komunikasi). Jurnal Visi Komunikasi, 16(1), 151-160. https://publikasi.mercubuana.ac.id/files/journals/16/articles/1649/submission/original/1649-3678-1-SM.pdf.

Pratiwi, E. D. (2016). Faktor yang mempengaruhi niat menggunakan instagram dengan the theory of reasoned action menggunakan amos 21. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, 2(1), 68-77. https://dx.doi.org/10.31294/jtk.v2i1.364.

Purwani, D. A. (2021). Pemberdayaan era digital. Yogyakarta: Bursa Ilmu.

Putrawangsa, S. & Hasanah, U. (2018). Integrasi teknologi digital dalam pembelajaran di era industri 4.0. Jurnal Tatsqif : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, 16(1). 42-54. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.203.

Putri, A. E. (2019). Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling: Sebuah Studi Pustaka. JBKI: Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 4(2), 39-42. https://dx.doi.org/10.26737/jbki.v4i2.890.

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163-173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605.

Saputra, W. F. (2021). Pemanfaatan Instagram sebagai media alternatif ipa dalam masa pembelajaran jarak jauh (pjj). J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2(2), 81-90. http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i2.5423.

Sari, D. N. & Basit, A. (2020). Media sosial Instagram sebagai media informasi edukasi parenting. Pesepsi: Communication Journal, 3(1). 23-36. https://doi.org/10.30596/persepsi.v3i1.4428.

Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 99–103. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.603.

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan budaya membaca di Indonesia (Studi pustaka tentang problematika & solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 22-33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33.

Tayibnapis, A. Z., Wuryaningsih, L. E.& Gora, R. (2019). Pentingnya inovasi dan kreatifitas era teknologi digital. University of Surabaya repository. 532-539. http://seima.cofeence.unesa.ac.id/ocs/idex.php/seima2018/SENIMA/schedConf/presentations.

Utami, F. T., & Zanah, M. (2021). Youtube Sebagai Sumber Informasi Bagi Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 11(1), 78-84. https://doi.org/10.53696/27219283.64.

Yunus, M., & Zakaria, S. (2021). Sumber informasi berhubungan dengan pengetahuan masyarakat tentang Covid-19. Jurnal Keperawatan, 13(2), 337-342. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v13i2.1002.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.