Pemanfaatan Software Microsoft Mathematics dalam Pembelajaran Matematika

Kharisma Yogik Nur Aini, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—Matematika adalah pelajaran yang diajarkan disemua jenjang pendidikan formal, baik SD, SMP, maupun SMA. Matematika merupakan pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian banyak siswa oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang lebih efektif dan efisien yaitu memanfaatkan software microsoft mathematics. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pembelajaran matematika melalu pemanfaatan software microsoft mathematics. Metode penelitian yang diguankan adalah ini menggunakan literatur Pustaka (library research). Isi dari artikel ini adalah fitur-fitur yang terdapat dalam software microsoft mathematics, contoh pemanfaatan dalam pembelajaran matemtika. Keberadaan software ini dapat mempermudah kegiatan pembelajaran matematika.

Kata kunci—microsoft mathematics, pembelajaran matematika, software

Abstract—Mathematics is a subject that is taught at all levels of formal education, both elementary, junior high and high school. Mathematics is a subject that is considered difficult by most student, therefore a more effective and efficient learning model is needed, namely utilizing Microsoft Mathematics software. The purpose of this activity is to improve mathematics learning through the use of Microsoft Mathematics software. The research method used is library research. The contents of this article are the features contained in the Microsoft Mathematics-ICS software, examples of utilization in learning mathematics. The existence of this software can facilitate mathematics learning activities.

Kata kunci— Microsoft mathematics, Learning Mathematics, Software



Keywords


Microsoft mathematics, Learning Mathematics, Software

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Abdillah, L. (2021). Mengkaji Pustaka (Literature Review). Desain Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif. Medan: Yayasan Kita Menulis (2021). https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=3864625.

Alvaresa, F. (2021). Pengaruh Pendekatan Science, Technology, Engineering and Mathematics (Stem) Berbantuan Microsoft Mathematics Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Siswa (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). http://repository.radenintan.ac.id/15342/.

Bratha, W. G. E. (2022). Literature Review Komponen Sistem Informasi Manajemen: Software, Database Dan Brainware. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(3), 344-360. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i3.824.

Ekawati, A. (2016). Penggunaan software GeoGebra dan microsoft mathematic dalam pembelaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 148-153.

Fitra, A., Utami, Y., & Sitorus, M. (2019). Pemanfaatan Aplikasimicrosoft Mathematics Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Kemala Bhayangkari 1 Medan. Jurnal Mantik Penusa, 3(1, Juni), 54-64. https://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/564.

Hernawati, K. (2009). Pembelajaran Aljabar Linier dengan Perangkat Lunak Bantu Microsoft Math. In Seminar Nasional Aljabar, Pengajaran Dan Terapannya (Pp. 219–232). https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.9664.

Handhika, J. (2012). Efektivitas media pembelajaran IM3 ditinjau dari motivasi belajar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.15294/jpii.v1i2.2127.

IPA Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.15294/jpii.v1i2.2127.

Hernawati, K. (2012). Menggambar grafik dengan microsoft mathematic 4. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 20.

Kartika, H. (2014). Pembelajaran matematika berbantuan software matlab sebagai upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan minat belajar siswa SMA. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 2(1). https://doi.org/10.35706/judika.v2i1.119.

Kusuma, R. D. F. D., Nasution, S. P., & Anggoro, B. S. (2018). Multimedia Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Komputer. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 191–199. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2557.

Kristianto, D., & Rahayu, T. S. (2020). Pengembangan media pembelajaran e-komik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 939-946.

Marliani, N. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i1.166.

Oktaviyanthi, R., & Supriani, Y. (2015). Experimental Design: Utilizing Microsoft Mathematics in Teaching and Learning Calculus. Journal of Education and Practice, 6(25), 75-83. https://eric.ed.gov/?id=EJ1078520.

Oktaviani, U., Kumawati, S., Apriliyani, M. N., Nugroho, H., & Susanti, E. (2020). Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di SMK Negeri 1 Tonjong. Math Locus: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 1-6. https://doi.org/10.31002/mathlocus.v1i1.892.

Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. Jurnal Pedagogy, 14(2), 68-84. http://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/96.

Rahayuningsih, S. (2018). Pemanfaatan Software Microsoft Mathematics dalam Pembelajaran Matriks. Majamath: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 74-83. https://doi.org/10.36815/majamath.v1i1.147.

Ridwan, M., Suhar, A. M., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya penerapan literature review pada penelitian ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42-51. https://doi.org/10.36339/jmas.v2i1.427.

Rahmah, N. (2013). Hakikat pendidikan matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88.

Said, M. S. (2021). Kurangnya motivasi belajar matematika selama pembelajaran daring di MAN 2 Kebumen. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 7-11. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i2.1047.

Sari, F. K., Farida, & Syazali, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran (Modul) BerbantuanGeogebra Pokok Bahasan Turunan. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 135– 151. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.9664.

Syabri, K. I., & Elfizon, E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software Articulate Storyline pada Pembelajaran Dasar Listrik Elektronika. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 95-99. https://doi.org/10.24036/jpte.v1i1.43.

Susilawati, W., Widiastuti, T., & Abdullah, R. (2022). Pelatihan desain technological pedagogical, content knowledge pembelajaran matematis menuju pendidik profesional. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 98-106. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v6i1.3804.

Veliani, S. L., Kartini, H., Zikri, F., & Harahap, E. (2021). Analisis Pemecahan Persoalan Matriks Menggunakan Microsoft Mathematics. Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika, 20(1), 27-34. https://journals.unisba.ac.id/index.php/matematika/article/view/1375.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.