Analisis Evaluasi Pembelajaran Daring pada Karakter Siswa SD

Laily Zaitun Nukha, Ma'rifatul Inayah, Joko Setiyono

Abstract


abstrak— Evaluasi ialah dasar keputusan, kebijakan, program yang selanjutnya atau diperbaiki. evaluasi pembelajaran adalah salah satu proses untuk mengetahui nilai, jasa serta manfaat. Dengan adanya virus yang sangat terkenal yaitu Covid-19 di Indonesia. pembelajaran daring merupakan kegiatan pembelajaran efektif disaat pandemi ini. proses penyampaian materi yang dituangkan dalam bentuk format digital melalui internet, yang dilakukan melalui aplikasi seperti zoom ataupun Whatsapp group. Data penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yang dikumpulkan adalah kata-kata, gambar, dan bukan angka. Penelitian kualitatif dengan cara mengumpulkan data dalam lingkungan alam dengan tujuan untuk menginterpretasikan fenomena, dimana peneliti mengambil sampel sumber data dilakukan secara sengaja dan objektif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang hasil penelitiannya dideskripsikan fenomena yang ada. Seperti pada penggunaan aplikasi siswa, evaluasi pembelajaran daring, serta nilai-nilai karakter pada siswa SD. Nilai-nilai karakter tersebut meliputi karakter disiplin, karakter jujur, karakter tanggung jawab serta karakter mandiri pada siswa.

Kata kunci— evaluasi pembelajaran, daring, karakter, siswa SD

 

Abstract—Evaluation is the basis for decisions, policies, programs that are further or improved. Learning evaluation is one of the processes to find out values, services and benefits. With the existence of a very well-known virus, namely Covid-19 in Indonesia. online learning is an effective learning activity during this pandemic. the process of delivering material as outlined in digital format via the internet, which is carried out through applications such as zoom or Whatsapp groups. The data of this research uses descriptive qualitative which is collected in words, pictures, and not numbers. Qualitative research by collecting data in the natural environment with the aim of interpreting phenomena, where researchers take samples of data sources is done intentionally and objectively. Descriptive research is research whose research results describe existing phenomena. Such as the use of student applications, evaluation of online learning, and character values for elementary students. These character values include discipline character, honest character, responsibility character and independent character in students

Keywords— learning evaluation, online, character, elementary students


Keywords


learning evaluation, online, character, elementary students

Full Text:

PDF

References


Amallia, N. & Unaenah, E. (2018). Kesulitan belajar matematika pada siswa kelas III sekolah dasar. Journal Of Elementaryeducation. 2(2), doi https://doi.org/10.32507/attadib.v2i2.414.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi: CV. Jejak.

Danim, S. (2002). Menjadi peneliti kualitatif rancangan metodologi, presentasi, dan publikasi hasil penelitian untuk mahasiswa dan peneliti pemula bidang ilmu sosial, pendidikan, humaniora. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61. Retrieved from https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/89/pdf.

Haryadi, R., & Selviani, F. (2021). Problematika pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Academy of Education Journal, 12(2), 254-261. Retrieved from https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/fkip/article/view/447.

Isnani, M. (2013). Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter di madrasah. Al-Ta’lim Journal. 20(3), Doi https://doi.org/10.15548/jt.v20i3.41.

Moleong, L. J. (2000). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT. Rosdakarya

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Surabaya: Cipta media Nusantara (CMN).

Riadi, A. (2018). Kompetensi Guru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Ittihad, 15(28), 52-67. Retrieved from http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/ittihad/article/view/1933/1453.

Rigianti, H. A. (2020). Kendala pembelajaran daring guru sekolah dasar di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2). Retrieved from https://es.upy.ac.id/index.php/es/article/view/768/628.

Rochman, A., Sidik, A., & Nazahah, N. (2018). Perancangan sistem informasi administrasi pembayaran SPP siswa berbasis web di SMK Al-Amanah. Jurnal siswa Globali. 8(10), Doi http://dx.doi.org/10.38101/sisfotek.v8i1.170.

Rofi’ie, A. H. (2017). Pendidikan karakter adalah sebuah keharusan. Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter. 1(1), Doi https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2017.001.01.7.

Rukajat, A. (2018). Teknik evaluasi pembelajaran. Sleman, Indonesia: Deepublish.

Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2020). Peran desain evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 4(2), 88-100. Retrieved from https://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/widyacarya/article/view/796.

Wahidin, U. (2013). Pendidikan karakter bagi remaja. Jurnal Pendidikan Islam. 2(3), Doi http://dx.doi.org/10.30868/ei.v2i03.29.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.