Peran Aplikasi Kahoot sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa SMA

Zulia Angel Rahmawati, Ani Istiqomah, Joko Setiyono

Abstract


abstrak— Pelajaran Bahasa Indonesia hakikatnya adalah pelajaran yang diajarkan mulai dari jenjang SD sampai dengan SMA. Pelajaran Bahasa Indonesia yaitu pelajaran yang dapat menumbuhkan rasa semangat pendidik dan peserta didik dalam belajar (Anatasya, 2007). Oleh sebab itu,  pendidik memiliki peran penting dalam mengajar pelajaran Bahasa Indonesia yang pada hakikatnya dapat mengembangkan kompetensi seorang peserta didik. Metode penelitian di bagian ini Penelitian ini menggunakan metode studi Pustaka atau library research.  Penelitian studi pustaka merupakan penelitian mengumpulkan data yang mana peneliti harus mencari sumber data yang relevan seperti, artikel ilmiah, buku, jurnal yang berkaitan dengan topik yang dipilih.  Maruta (2017) menjelaskan tentang teknik pengumpulan data yang akan digunakan ialah studi pustaka, yaitu teknik pengumpulan data dengan cara mencari buku-buku referensi di perpustakaan. Aplikasi Kahoot adalah aplikasi yang digunakan untuk evaluasi pembelajaran yang memberikan peningkatan peserta didik pada keaktifan sehingga dapat memberikan dampak positif (Supriyadi dalam Damayanti, 2021). Kahoot adalah alat evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Kahoot digunakan supaya evaluasi pembelajaran lebih asik dan tidak monoton sehingga tidak membuat peserta didik bosan.

Kata kunci— Bahasa Indonesia, Evaluasi Pembelajaran, Siswa SMA, Kahoot

 

 

Abstract— In essence, Indonesian language lessons are lessons taught from elementary to high school levels. Indonesian language lessons are lessons that can foster a sense of enthusiasm for educators and students in learning (Anatasya, 2007). Therefore, educators have an important role in teaching Indonesian language lessons which in essence can develop the competence of a learner. Research methods in this section This research uses the library research method. Literature study research is research to collect data in which researchers must look for relevant data sources such as scientific articles, books, journals related to the chosen topic. Maruta (2017) explained that the data collection technique that will be used is literature study, which is a data collection technique by looking for reference books in the library. The Kahoot application is an application used for learning evaluation which provides an increase in student activity so that it can have a positive impact (Supriyadi in Damayanti, 2021). Kahoot is a learning evaluation tool in Indonesian subjects. Kahoot is used so that learning evaluation is more fun and not monotonous so it doesn't make students bored.

Keywords— Indonesian, Learning Evaluation, High School Students, Kahoot


Keywords


Indonesian, Learning Evaluation, High School Students, Kahoot

Full Text:

PDF

References


Anatasya, D., dkk (2007). Pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jurnal Kajian Kebahasaan, 1-9.

Ariyana, A. (2019). Evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra, 55-63. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/10276.

Bahar, H., & Nurmalia, L. (2020). Efektifitas Kahoot bagi guru dalam pembelajaran di sekolah dasar. KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 3(2), 155-162. Doi http://dx.doi.org/10.28989/kacanegara.v3i2.677.

Damayanti, N. A., & Dewi, R. M. (2021). Pengembangan aplikasi kahoot sebagai media evaluasi hasil belajar siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1647-1659. Doi https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.656.

Daryanes, F., & Ririen, D. (2020). Efektivitas penggunaan aplikasi kahoot sebagai alat evaluasi pada mahasiswa. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 172-186. Doi http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9283.

Fajri, N., Akbar, A., & Zakir, S. (2021). Penerapan aplikasi kahoot dalam evaluasi pembelajaran PAI pada materi masuknya islam ke Nusantara di Kelas IX Di SMP N 1 Banuhampu Kabupaten Agam. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 4(2). Doi https://doi.org/10.31869/jkpu.v4i2.3040.

Farhurohman, O. (2017). Implementasi pembelajaran bahasa Indonesia di SD/MI. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 9(1), 23-34. Retrieved from https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/412.

Ginting, J. M., Yong, V., Mahfudin, R. K., Aflizar, M., Oktafiana, R., & Prayoga, I. W. N. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi Quizizz dan Kahoot serta penyuluhan vaksinasi Covid-19. In National Conference for Community Service Project (NaCosPro) (Vol. 3, No. 1, pp. 312-316). Doi http://dx.doi.org/10.37253/nacospro.v3i1.5950.

Hidayat, A. (2015). Unsur-unsur intrinsik dan nilai-nilai psikologis dalam naskah drama “Matahari di Sebuah Jalan Kecil” karya Arifin C Noor sebagai alternatif pemilihan bahan ajar sastra di SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 1-6. Doi https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v5i2.183.

Himawan, R. (2021). Strategi Dan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Hots Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP. Proceeding Umsurabaya, 1(1), 315-323.

Himawan, R. (2021). Strategi dan evaluasi pembelajaran berbasis hots sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP. Proceeding Umsurabaya, 1(1). Retrieved from https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/7885.

Hirata, A. (2020). Guru aini. Yogyakarta, Indonesia: PT Bentang Perkasa.

Maruta, H. (2017). Pengertian, kegunaan, tujuan dan langkah-langkah penyusunan laporan arus kas. DOE Jurnal Akuntansi Syariah, 1(2), 239-257. Retrieved from https://www.ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/jas/article/view/115.

Mustikawati, F. E. (2019). Fungsi aplikasi kahoot sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra 99-104. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/10281.

Mustikawati. (2019). Fungsi aplikasi Kahoot sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba). (1)6, 99-104. Retraived From https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/10281/5162.

Rahardjo, M. (2010). Triangulasi dalam penelitian kualitatif. Retrieved from http://repository.uin-malang.ac.id/1133/.

Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh minat belajar siswa dan persepsi atas upaya guru dalam memotivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMP di Depok. SAP Susunan Artikel Pendidikan, 1(2). Doi http://dx.doi.org/10.30998/sap.v1i2.1027.

Subandiyah, H. (2015). Pembelajaran literasi dalam mata pelajaran bahasa indonesia. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 2(1). Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/paramasastra/article/view/1502.

Supriyadi, N, Dkk. (2019). Pemanfaatan aplikasi Kahoot sebagai media evaluasi hasil belajar bahasa Mandarin berbasis kearifan lokal di Purwokerto. Prosiding Semnas Lppm Unsoed, (9)1, 28-36, Retrieved From: http://www.jurnal.lppm.unsoed.ac.id/ojs/index.php/Prosiding/article/view/1192.

Suwandi, S. (2018). Peran guru dalam melaksanakan pembelajaran bahasa Indonesia didasarkan pada kebutuhan siswa. Dalam Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Pengajaran 5(1), 1-9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.