Pemanfaatan Fitur Reels Instagram Untuk Meningkatkan Minat Pembelajaran Membaca Pidato

Meryndha Nada Praheswari, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—fitur reels Instagram berguna untuk meningkatkan minat pembelajaran membaca pidato. Metode penelitian deskriptif dan kualitatif  adalah untuk mengetahui peran dan perencanaan fitur Instagram Reels dalam pembelajaran membaca pidato. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami fungsi, serta penerapan Instagram reels dalam pembelajaran membaca suatu bahasa. Hasil penelitian ini menyarankan bahwa pembelajaran membaca pidato dapat didukung , penggunaan fitur Instagram Reels juga membantu siswa dalam mengeksplorasi kemampuan untuk mereka menggunakan fitur Instagram Reels. Fitur reels juga  membantu mempromosikan akun kita. Jika profil kita bersifat public, baik itu pengguna berlangganan maupun tidak melihat. Penelitian ini dapat disimpulkan peran dan penerapan pemanfaatan fitur reels Instagram untuk meningkatkan minat pembelajaran membaca pidato. Selain itu, penggunaan fitur Instagram Reels juga dapat membantu siswa dalam mengeksplorasi kemampuan untuk mereka menggunakan fitur Instagram Reels. Sehingga dengan fitur Instagram Reels, dimana pengguna dapat melakukan promosi melalui beberapa poin yang dijelaskan, yaitu Membuat video konten reels berkualitas tinggi, membuat video instagram dinamis, pikirkan sebuah ide dan tunjukkan dalam video, tetap berpegang pada perinsip “satu video – satu ide”, rekaman video selama durasi reels maksimal 30 detik, tambahkan teks/caption. Dalam penelitian ini, fitur reels Instagram dimanfaatkan untuk meningkatkan minat pembelajaran membaca pidato.

Kata kunci—Reels Instagram Minat Pembelajaran Membaca Pidato

 

Abstract—The Instagram reels feature is useful for increasing interest in learning to read speeches. Descriptive and qualitative research methods are find out to role and planning Instagram Reels feature in the learning to read speeches.   The purpose of this research is to understand the function, as well as the application of Instagram reels in learning to read a language.  The results of this study suggest that learning to read speeches can be supported. The use of the Instagram Reels feature also helps students explore their abilities to use the Instagram Reels feature.  The reels feature also helps promote our account.  If our profile is public, whether the user is subscribed or not viewing.  From study, a concluded that role and application the Instagram reels feature to increase interest in learning to read speeches.  In addition, using the Instagram Reels feature can also help students explore their abilities to use the Instagram Reels feature.  So with the Instagram Reels feature, where users can carry out promotions through several points explained, namely Making high-quality video content reels, creating dynamic Instagram videos, thinking of an idea and showing it in the video, sticking to the principle of “one video – one idea”,  video recording for a maximum duration of 30 seconds reels, add text / captions.  In this study, the Instagram reels feature is used to increase interest in learning to read speeches.

Keywords— Instagram Reels Interests in Speech Reading Learning


Keywords


Instagram Reels Interests in Speech Reading Learning

Full Text:

PDF

References


Amalia, A., & Anggraeni, N. S. (2022). Pencegahan depresi di kalangan dewasa muda akibat pandemi covid-19 melalui kampanye sosial pada instagram. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal sosial dan humaniora, 6(2), 75-83. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/download/1502/1229.

Aprillia, M,. & Oesman, M. A. (2022). Strategi promosi melalui Instagram donat bahagia dengan memanfaatkan fitur reels. Bandung conference series: Public relatioans, 2(1), 339-344. https://doi.org/10.29313/bcspr.v2i1.1357.

Djais, O. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca teks pidato dengan menggunakan metode resitasi pada siswa kelas VIII SMP Nurul Hasan Bajo. Jurnal Pendas, 1(2), 10-15. https://jurnal.stkipkieraha.ac.id/index.php/pendas/article/view/226.

Hawa, N. A,. Harto, B,. & Pramuditha, P. (2023). Efektifitas komunikasi pemasaran UMKM melalui fitur reels Instagram. Komversal : Jurnal komunikasi universa, 5(1), 40-51. https://jurnal.plb.ac.id/index.php/komversal/index.

Komalasari. (2013). Pembelajaran konteksual konsep dan aplikasi. Bandung: Refika aditama.

Lukiani, E. R. M. L., dkk. (2021). Peran instagram dalam membentuk perilaku konsumsi remaja. Jurnal ABDINUS: Jurnal pengabdian nusantara, 5(1), 97-104. https://doi.org/10.29407/ja.v5i1.15969.

Lovina, S., Fuad, M., & Suyanto, E. (2014). Pembelajaran membaca teks pidato siswa kelas XII SMA AL-AZHAR 3 Bandar Lampung. Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, dan PPembelajarannya. 2(2), 1-13. http://dx.doi.org/10.23960/Kata.

Meifilina, A. (2021). Instagram reels sebagai media self disclosure mahasiswa. Jurnal komunika, 11(2), 43-57. https://orcid.org/0000-0001-8590-9341.

Muamar, J., & Imtinan, G. H. (2022). Instagram as a Medium of Commication Riks Parents to Children During Covid-19 Pademic: Virtual parenting community netnography study. Jurnal komunikasi pembangunan, 20(1), 27-46. https://doi.org/10.46937/20202238987.

Putri, C. S. (2022). Korelasi keterampilan membaca pemahaman teks pidato persuasife siswa kelas IX SMP Negeri 3 Batang Anai. Universitas Negeri Padang. https://repository.unp.ac.id/id/eprint/37711.

Putriyani, P. (2019). Kemampuan membaca teks pidato siswa kelas XI ipa 5 SMAN 3 Palu. Jurnal Bahasa dan Sastra, 4(2), 51-59. ISSN: 2085-2274

Sari, A. D. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran dengan menggunakan fitur “Reels Instagram” pasa pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di masa pandemi Covid-19. Jurnal Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV Tahun 2021 Tema: Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Digital Guna Mendukung Implementasi Merdeka Belajar. hlm. 33-38. ISSN 978-623-6984-13-0.

Vitasari, N,. & Hasanudin, C. (2022). Pemanfaatan Fitur Reels Instagram pada pembelajaran membaca puisi guna mendukung gerakan mereka belajar di Sekolah Menengah. Jurnal Prosiding Senada (Seminar Nasional Daring), 2(1), 10-19. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1237.

Widyastuti. (2016). Pengaruh minat meembaca dan penguasan kosakata terhadap keterampilan berbicara pidato. Jurnal: Deiksis, 8(1), 27-38. http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v8i01.666.

Wetty. (2014). Pengembangan silabus berbasis kompetensi dan media pembelajaran. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Wulandari, D., Arcana, I. N., & Kuncoro, K. S. (2020). Pengembangan instagram reels pembelajaran pokok bahasan persamaan garis lurus untuk SMP. UNION: jurnal ilmiah pendidikan matematika, 10(1), 1-14. https://doi.org/10.30738/union.v10i1.12138.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.