Pemanfaatan Media TikTok Dalam Pembelajaran Membaca Puisi Pada Era Literasi Digital

Vinka Putri Pratama, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Literasi digital adalah keunggulan seseorang untuk memanfaatkan perangkat digital dalam kehidupan sehari-hari barguna untuk diakses, dikelola, diintegrasikan, dievaluasi, dan menganalisis sumber daya digital. Metode penelitian bisa digunakan penelitian-penelitian tersebut: 1). Metode untuk mendeskripsikan pemanfaatan media tiktok dalam pembelajaran pada era literasi digital, 2). Metode untuk mengeksplorasi dan penerapan media tiktok menjadi penguat pembelajaran membaca puisi, 3). Metode untuk mengetahui bagaimana mahasiswa menggunakan tiktok sebagai alat pembelajaran parafase bagi mahasiswa ilmu komunikasi, 4). Metode untuk mengetahui memanfaatkan media tiktok pada pembelajaran bahasa indonesia keterampilan berbicara. Oleh karena itu, pemanfaatan media tiktok dalam pembelajaran membaca puisi pada era literasi digital bisa mendapatkan manfaat positif untuk siswa dan meningkatkan minat siswa dalam mempelajari sastra.

               Kata kunci—TikTok, Media Pembelajaran, Membaca Puisi, Era Literasi Digital

 

 

Abstract—Digital literacy is a person's advantage in utilizing digital devices in everyday life to access, manage, integrate, evaluate, and analyze digital resources. Research methods can be used in these studies: 1). Methods for describing the use of tiktok media in learning in the digital literacy era, 2). Methods for exploring and applying tiktok media to reinforce learning to read poetry, 3). Methods to find out how students use tiktok as a paraphase learning tool for communication science students, 4). The method for knowing how to use Tiktok media in learning Indonesian speaking skills. Therefore, the use of tiktok media in learning to read poetry in the digital literacy era can get positive benefits for students and increase students' interest in studying literature.

                 Keywords— Tiktok,  media for learning, read poetry, the era of digital literacy


Keywords


Tiktok, media for learning, read poetry, the era of digital literacy

Full Text:

PDF

References


Bawden, D. (2001). Information and digital literacies: A review of concepts. Jurnal of documentation, 57(2), 218-259. https://doi.org/10.1108/EUM0000000007083.

Dewi, M. I,. & Hasanudin, C. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa SMA. Jurnal Prosiding Senada (Seminar Nasional Daring), 2(1), 55-65. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/issue/view/35/showToc.

Gilster, P. (1997). Digital literacy. Wiley computer pub.

Hague, A. C., & Payton, S. (2010). Digital literacy across the curriculum. In futurelab. Https://www2.futurelab.org.uk/resourees/documents/handbooks/digital_literacy.pdf%5Cnprojects/digital-participation.

Martin, A. (2008). Digital literacy and the “Digital Society” in C. Lankshear & M. Knobel (Eds), Digital literacies: concepts, policies & practices, 151-176. https://pages.ucsd.edu/~bgoldfard/comt109w10/reading/lankshear-knobel_et_al-Digitalliteracies.pdf.

Naufal, H. A. (2021). Literasi digital memahami literasi digital teknologi digital. Jurnal Perspektif –Yayasan Jaringan Kerja Pendidikan Bali, 1(2), 195-202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32.

Rohana. (2014). Implementasi pembelajaran apresiatif untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas VII B1 SMP Negeri 6 Singaraja. E-Jurnal pendidikan bahasa dan sastra indonesia. Volume: Vol: 2 No: 1

Sukma, E., Mahyudin, E,. Zuryanti,. & Suriana, A. (2019). Literasi membaca puisi guru SD. Jurnal inovasi pendidikan dan pembelajaran sekolah dasar, 3(1), 65-73. http://e-journal.unp.ac.id/index.php/jippsd.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.