Pemanfaatan Aplikasi YouTube Sebagai Sarana Edukasi Siswa SMA di Era Society 5.0

Zuka Farania Azzahra, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Era society 5.0 adalah sebuah konsep yang menggabungkan ilmu pengetahuan dan era modern digital sebagai kebutuhan masyarakat sekarang seiring berkembangnya revolusi industry 4.0. Tujuan dari penelitian ini dengan adanya aplikasi YouTube dapat digunakan sebagai sarana edukasi siswa sekolah menengah atas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi pustaka (library research). Metode studi pustaka (library research) adalah suatu metode pengumpulan data dengan memahami dan menganalisa hasil karya ilmiah yang berkaitan dengan penelitian. Hasil dari penelitian ini menjelaskan tentang pemanfaatan aplikasi YouTube di era society 5.0 pada siswa sekolah menengah atas untuk melakukan pembelajaran menggunakan aplikasi youtube. Simpulan dari penelitian ini yaitu siswa sekolah menengah atas dapat memanfaatkan aplikasi Youtube sebagai sarana edukasi belajar di era society 5.0.

Kata kunci—Era Society 5.0, SMA, YouTube

 

 

Abstract— The era of society 5.0 is a concept that combines science and the modern digital era as the needs of today's society along with the development of the industrial revolution 4.0. The purpose of this study is that the YouTube application can be used as a means of educating high school students. This study used the library research method. The method of library research (library research) is a method of collecting data by understanding and analyzing the results of scientific work related to research. The results of this study explain the use of the YouTube application in the era of society 5.0 for high school students to conduct learning using the YouTube application. The conclusion from this research is that high school students can use the Youtube application as a means of education for learning in the era of society 5.0.

Keywords— Era Society 5.0, SMA, YouTube


Keywords


Era Society 5.0, SMA, YouTube

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2020). Seni mengelola data: Penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146-150.https://doi.org/10.31764/historis.v5i2.3432

Anggidesialamia, H. (2020). Upaya meningkatkan minat baca melalui review konten cerita rakyat pada aplikasi youtube. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(2), 75-82. http://dx.doi.org/10.22460/comm-edu.v3i2.3779.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak.

Ardinata, R. P., Rahmat, H. K., Andres, F. S., & Waryono, W. (2022). Kepemimpinan transformasional sebagai solusi pengembangan konsep smart city menuju era society 5.0: sebuah kajian literatur [Transformational leadership as a solution for the development of the smart city concept in the society era: a literature review]. Al-Ihtiram: Multidisciplinary Journal of Counseling and Social Research], 1(1), 33-44. Retrieved from: https://jurnal.pabki.org/index.php/alihtiram/article/view/206.

Budiningsih, C. A. (2011). Karakteristik siswa sebagai pijakan dalam penelitian dan metode pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1). 160-173. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.4198.

Firlisa, U. D., & Hasanudin, C. (2022). Peran Media Youtube Dalam Meningkatkan Literasi Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 38-46. Retrieved from: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1252.

Hidayati, N. I., Hidayat, M. T., Kasiyun, S., & Rahayu, D. W. (2021). Pengaruh Aplikasi Youtube sebagai media pembelajaran daring untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ekosistem di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4085-4092. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1474.

Indana, N. (2018). Penerapan kurikulum terintegrasi dalam mengembangkan mutu belajar siswa (Studi Kasus Di SMA Darul ‘Ulum 1 Unggulan Bppt Jombang). Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 121-147. https://doi.org/10.31538/ndh.v3i2.80.

Indarta, E, dkk. (2022). Relevansi kurikulum merdeka belajar dengan model pembelajaran abad 21 dalam perkembangan era society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011-3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589.

Jati, N. P., Abidin, Z., & Oxcygentri, M. (2022). Pengaruh sosial media Youtube terhadap perilaku literasi siswa SMA Hutama. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 67-75. Retrieved from: https://journal.unpas.ac.id/index.php/linimasa/article/view/4689.

Kumala, F. Z. (2021). Pengaruh penggunaan YouTube terhadap minat dan motivasi belajar matematika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 7(2), 107-116. Retrieved from: https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/KUM72.

Larasati, D. A., & Yuanta, F. (2021). Efektivitas Media Microsoft 365: Sway terhadap High Order Thinking Skill dalam Pembelajaran Daring di Era Society 5.0. Jurnal Basicedu, 5(6), 5397-5404. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1568.

Lestiyani, P. (2020). Analisis persepsi civitas akademika terhadap konsep merdeka belajar menyongsong era industri 5.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 365-372. Retrieved from: https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2913

Pangestu, D. M., & Rahmi, A. (2022). Metaverse: Media pembelajaran di Era Society 5.0 untuk meningkatkan kualitas Pendidikan Indonesia. Journal of Pedagogy and Online Learning, 1(2), 52-61. Retrieved from: https://jpol.ppj.unp.ac.id/index.php/jpol/article/view/17.

Semiawan, C. R. (2010). Metode penelitian kualitatif. Grasindo.

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166-178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173.

Sistadewi, M, A. (2021). Penggunaan Media Youtube dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Masa Sekolah Tatap Muka Terbatas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10(2), 186-194. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v10i2.693.

Sitanggang, N., & Saragih, A. H. (2013). Studi Karakteristik Siswa SLTA di Kota Medan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 134-258. Retrieved from: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/978.

Sudarmanto, E, dkk. (2021). Model Pembelajaran Era Society 5.0. Cirebon: Insania.

Sugianto, R., In’am, A., & Syaifuddin, M. (2022). Kendala siswa dalam mengatasi kesulitan belajar Trigonometri: YouTube sebagai sumber belajar. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(3), 312-327. https://doi.org/10.21831/jitp.v9i3.52089.

Suwarto, S., Muzaki, A., & Muhtarom, M. (2021). Pemanfaatan media YouTube sebagai media pembelajaran pada siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Tawangsari. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 15(1), 26-30. https://doi.org/10.26877/mpp.v15i1.7531.

Yuliana, D., & Aminullah, N. F. (2020). Pengaruh media video Youtube terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas Xi Simulasi Digital Di SMK Negeri 1 Suboh. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(1), 37–53. https://Doi.Org/10.47668/Pkwu.V8i1.61.

Yuniati, I., Suyuthi, H., & Hakim, M. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Media Youtube Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sma It Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 38-47. Retrieved from: https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2486.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.