Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Perencanaan Karier Siswa

Savira Chandra Septiana, Zahra Nahima Kumala Dewi, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Perencanaan karier merupakan bagian penting dari tahap sebelum memilih karier. Perencanaan karir bertujuan untuk membantu siswa menetapkan tujuan karier mereka di masa depan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memahami peran guru bimbingan dan konseling untuk membantu siswa dalam perencanaan karier dan mengetahui tindakan yang diambil oleh guru bimbingan dan konseling dalam mempersiapkan karier siswa. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif berupa metode wawancara. Subjek penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) siswa masih bimbang dalam merencanakan kariernya, 2) langkah guru dalam perencanaan karir cukup membantu siswa, 3) peran guru bimbingan dan konseling amat berpengaruh dalam perencanaan karier siswa dan memiliki pengaruh besar dalam menentukan kesuksesan siswa di masa depan.

Kata kunci— Perencanaan Karir, Siswa, Peran Guru Bimbingan dan Konseling

 

Abstract— Career planning is an important part of the stage before choosing a career. Career planning aims to help students set their future career goals. The purpose of this research is to understand the role of the guidance and counseling teacher in helping students in career planning and to find out the actions taken by the guidance and counseling teacher in preparing students' careers. This study applies a qualitative method in the form of an interview method. The subject of this research is guidance and counseling teachers. The results of the study show that (1) students are still confused about planning their careers (2) the teacher's steps in career planning are quite helpful to students (3) the role of the guidance and counseling teacher is very influential in student career planning and has a major influence in determining student success in the future front.

Keywords Career Planning, Students, the Role of Guidance and Counseling Teachers


Keywords


Career Planning, Students, the Role of Guidance and Counseling Teachers

Full Text:

PDF

References


Aini, N. (2020). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam membantu meningkatkan prestasi belajar pada peserta didik kelas VIII di MTS AL - ISHLAH Sukadamai Natar Lampung Selatan (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Anggraeni, R., Handaka, I. B., & Siswanti, R. (2021, December). Upaya meningkatkan perencanaan karir melalui layanan bimbingan klasikal dengan metode mind mapping pada peserta didik kelas IX-B SMP Negeri 2 Kalipucang Tahun Ajaran 2021-2022. In Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru FKIP UAD (Vol. 1, No. 1).

Fadlillah, A. M., & Ruhjatini, D. (2018). Edukasi perencanaan karir bagi siswa-siswi SMA di Kecamatan Limo, Depok. In Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1). https://doi.org/10.12928/jp.v3i3.1193

Febrini, D. (2020). Editor: Samsudin, Bimbingan dan Konseling.

Hamuni, H., Idrus, M., & Aswati, M. (2022). Perkembangan peserta didik.

Hasugian, J. (2008). Urgensi literasi informasi dalam kurikulum berbasis kompetensi di perguruan tinggi. Pustaha: jurnal studi perpustakaan dan Informasi, 4(2), 34-44.

Hermawan, R. (2021). Upaya Guru BK Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Siswa. Coution: journal of counseling and education, 2(2), 21-29. https://doi.org/10.47453/coution.v2i2.344

Luthviatin, N., Rokhmah, D., & Septyanarindri, S. (2012). Hubungan antara Sikap Remaja dan Peran Guru Bimbingan Konseling dengan Upaya Tindakan Preventif HIV/AIDS pada Remaja. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 8(1).

Magdalena, I., Fauziah, P., & Hilmiyah, Z. (2020). Identifikasi Perilaku dan Karakteristik Awal Peserta Didik di Sekolah Dasar Gondrong 2. EDISI, 2(3), 410-422.

Mahfud, M. (2016). Konseling trait and factor bagi siswa yang kesulitan dalam memilih program belajar. Fikroh: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(2), 124-143.

Massie, R. (2015). Pengaruh perencanaan karir, pelatihan dan Pengembangan karir terhadap kinerja pegawai pada museum negeri provinsi sulawesi utara. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(5).

Pratama, A., Sasferi, N., & Kholidin, F. I. (2022). Peran Kondisi Sosio-Ekonomi Keluarga terhadap Perencanaan Karir Siswa. Indonesian Journal of Counseling and Development, 4(1), 44-52. https://doi.org/10.32939/ijcd.v4i1.1253

Purwaningsih, H. (2021). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam melayani peserta didik di masa pandemi covid-19. Educational: Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 1(1), 36-44. https://doi.org/10.51878/educational.v1i1.53

Putra, A. R. B. (2015). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi kecenderungan perilaku agresif peserta didik di SMKN 2 Palangka Raya tahun pelajaran 2014/2015. Jurnal konseling gusjigang, 1(2). https://doi.org/10.24176/jkg.v1i2.406

Rai, N. G. M., Savitri, E. D., & Ratu, A. (2018). Pengembangan Layanan Pusat Karir sebagai Strategi Membentuk Karakter yang Tangguh dalam Membangun Perencanaan Karir Mahasiswa di Era Revolusi Industry 4.0. IPTEK Journal of Proceedings Series, (5), 139-148. http://dx.doi.org/10.12962/j23546026.y2018i5.4433

Ramli, M. (2015). Hakikat pendidik dan peserta didik. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 5(1). http://dx.doi.org/10.18592/jtipai.v5i1.1825

Santi, D. E. P., Suranata, K., & Dharsana, I. K. (2014). Penerapan Konseling Karir Trait Dan Factor Dengan Menggunakan Teknik Modeling Untuk Mengembangkan Rencana Pilihan Karir Siswa Kelas X Tpm 1 SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1).

Sari, K., & Istiqoma, V. A. (2019). Upaya meningkatkan kemampuan perencanaan karier melalui bimbingan karir media mind mapping. Jurnal Wahana Konseling, 2(1), 20-29. https://doi.org/10.31851/juang.v2i1.2682

Sarjono, C. R., Nelyahardi, N., & Sarman, F. (2022). Persepsi Mahasiswa Bimbingan Konseling terhadap Kinerja Guru Bimbingan Konseling di Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 13364-13369.

Strauss, A., & Corbin, J. (2003). Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanti, E., Neviyarni, S., & Marjohan, M. (2015). Pemahaman Siswa Tentang Informasi Karir Jurusan Pariwisata dan Upaya Guru BK di SMK Nusatama Padang. Konselor, 4(3), 111-119. https://doi.org/10.24036/02015436463-0-00.

Taufik, A. (2019). Analisis karakteristik peserta didik. El-Ghiroh: Jurnal Studi Keislaman, 16(01), 1-13. https://doi.org/10.37092/el-ghiroh.v16i01.71

Wahidah, N., Cuntini, C., & Fatimah, S. (2019). Peran dan aplikasi assessment dalam bimbingan dan konseling. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 2(2), 45-56. https://doi.org/10.22460/fokus.v2i2.3021

Wahyuni, S. (2016). Assessment dalam Bimbingan dan Konseling. Hikmah, 10(2).

Wessels, I. E. (2021). Peranan Guru Bimbingan Konseling Pada Siswa-Siswi Melalui Pembelajaran Daring (Doctoral dissertation, Univeristas Komputer Indonesia).

Wibowo, D. H., Cintariani, N. N., Vestalia, D., Maulidina, Z. T., Wau, I. P. M., & Febrianingrum, D. W. (2021). Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Kelas IX Melalui Bimbingan Klasikal. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 428-437. https://doi.org/10.24246/jms.v1i32021p428-437

Yadi, R. (2015). Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menangani Peserta Didik. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 1(3).

Yunani, A., Yeni, A., & Sumarto, S. (2021). Peran Konsep Diri Terhadap Perencanaan dan Kematangan Karir Siswa-Siswi SMK. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 4(3), 216-226. https://doi.org/10.33369/consilia.4.3.216-226.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.