Peran Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Karakter: Studi Kasus Jenjang SMP

Rahmasari Meila Febianti, Olivia Rusadi Kurniawati Winoto, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Penerapan kegiatan bimbingan dan konseling di sekolah diawali dari kegiatan studi kebutuhan, perencanaan program, pelaksanaan kegiatan, evaluasi, analisis, laporan kegiatan, serta tindak lanjut terhadap hasil layanan. Permasalahannya adalah bagaimana penerapan layanan bimbingan dan konseling yang dilakukan guru SMP dengan latar belakang pendidikan guru BKnya yang bukan berasal dari lulusan Bimbingan dan Konseling. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan dan pengaruh bimbingan dan konseling di jenjang SMP. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan permasalahan, dengan desain penelitian study kasus. Data dan informasi yang berbentuk data wawancara untuk dianalisa dan diketahui pengaruhnya terhadap siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan layanan bimbingan dan konseling di SMP menunjukkan kualitas yang kurang baik dengan latar belakang pendidikan guru BKnya bukan berasal dari lulusan jurusan bimbingan konseling, hal ini disebabkan karena adanya hambatan dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yaitu kurangnya jam mengajar bidang konseling.

Kata kunci—Bimbingan konseling SMP, Peranan bimbingan konseling, Pengaruh bimbingan konseling.

 

Abstract—The implementation of guidance and counseling activities in schools begins with learning needs, program planning, implementation of activities, evaluation, analysis, activity reports, and follow-up on service results. The problem is how the implementation of guidance and counseling services is carried out by junior high school teachers with educational background of counseling teachers who are not from Guidance and Counseling graduates. The purpose of this study was to determine the implementation of activities and the influence of guidance and counseling in junior high schools. This study uses qualitative research methods to describe the problem, with a case study research design. Data and information in the form of interview data to be analyzed and to know the effect on students. The results of this study indicate that the implementation of guidance and counseling services in junior high schools shows poor quality with the educational background of the guidance and counseling teachers not coming from graduates majoring in guidance and counseling.

Keywords—Middle school counseling guidance, The role of counseling guidance, The influence of counseling guidance.


Keywords


Middle school counseling guidance, The role of counseling guidance, The influence of counseling guidance.

Full Text:

PDF

References


Hidayat, A. (2015). Unsur-unsur intrinsik dan nilai-nilai psikologis dalam naskah drama “matahari di sebuah jalan kecil” karya Arifin C Noor sebagai alternatif pemilihan bahan ajar sastra di SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 1-6. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v5i2.183.

Nadya, Yulia. (2020). Penerapan Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Smp Wiyatama Bandar Lampung. Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/12808/1/PERPUS%20PUSAT.pdf

Suryanti. (2014). Program Bimbingan Dan Konseling Di Smp. Jurnal Cemerlang Volume II, Nomor 2. Retrieved from file:///C:/Users/Lenovo/Downloads/43-Article%20Text-119-1-10-20160528%20(1).pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.