Penerapan Tes Formatif sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran yang Efektif

Aprilian Dwi Rahmawati, Rizka Amalia Putri, Joko Setiyono

Abstract


Abstrak— Tes formatif adalah penilaian yang dilakukan dengan tujuan untuk memantau dan memperbaiki proses pembelajaran, serta mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 57 ayat 1 yang menyatakan bahwa “evaluasi dilakukan dalam rangka pengendalian mutu pendidikan kepada pihak-pihak berkepentingan, di antaranya terhadap peserta didik, lembaga dan program pendidikan”. Metode yang digunakan oleh penulis yaitu menggunakan metode studi pustaka. Data diperoleh dari data sekunder yang secara langsung mengacu terhadap topik pembahasan, yaitu penerapan tes formatif sebagai alat evaluasi pembelajaran yang efektif. Pada teknik pengumpulan data, studi pustaka merupakan teknik pengumpulan data dan informasi melalui literatur atau sumber –sumber tertulis seperti buku–buku, penelitian terdahulu, makalah, jurnal, artikel, hasil laporan dan majalah yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penerapan tes formatif sebagai alat evaluasi pembelajaran sangat efektif digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan pelaksanaan pendidikan di Indonesia.

Kata kunci—Tes formatif, alat evaluasi pembelajaran, efektif

                                                                    

Abstract— Formative tests are assessments carried out with the aim of monitoring and improving the learning process, as well as evaluating the achievement of learning objectives. Law of the Republic of Indonesia Number 20 of 2003 concerning the National Education System Article 57 paragraph 1 which states that "evaluation is carried out within the framework of controlling the quality of education nationally as a form of accountability of education providers to interested parties, including students, institutions and programs education". The method used by the author is using the method of literature study. Data obtained from secondary data which directly refers to the topic of discussion, namely the application of formative tests as an effective learning evaluation tool. In data collection techniques, literature study is a technique for collecting data and information through literature or written sources such as books, previous research, papers, journals, articles, reports and magazines related to research. The results of applying formative tests as a learning evaluation tool are very effectively used to measure the success rate of implementing education in Indonesia.

Keywords— Formative tests, learning evaluation tools, are effective


Keywords


Formative tests, learning evaluation tools, are effective

Full Text:

PDF

References


Asrul, Rusydi Ananda dan Rosnita (2015). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.

Direktorat Sekolah Menengah Pertama. (2022). Perbedaan mendasar antara penilaian formatif dan sumatif.

Universitas Islam An Nur Lampung. (2022). Evaluasi Pembelajaran. Evaluasi Pembelajaran – Universitas Islam An Nur Lampung (an-nur.ac.id).

Soulisa, I., Supratman, M., Rosfiani, O., Renaldi, R., Sopiah, Utomo, W. T., Hermawan, C. M., Ariati, C., Riyanti, A., Tauran, S. F., Irwanto, Astiwijaya, N., Yenni, & Sutrisnawati, A. (2022). Evaluasi pembelajaran. Bandung, Indonesia: Widina Bhakti Persada Bandung.

Rofii, A., & Hasibuan, R. R. (2019). Interferensi bahasa batak mandailing dalam tuturan berbahasa indonesia pada acara parpunguan masyarakat mandailing kota jambi. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 16-24. Retrieved from http://aksara.unbari.ac.id/index.php/aksara/article/view/94.

Wulan E.R., & Rusdiana. (2014). Evaluasi Pembelajaran dengan Pendekatan Kurikulum 2013. Bandung: Pustaka Setia.

Zein, M. U., & Darto, D. (2012). Evaluasi pembelajaran matematika. Pekanbaru: Daulat Riau. Arifin, Z. (2008). Sintaksis. Indonesia: Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.