Analisis Kelayakan Isi pada Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X Kurikulum 13

Faridatul Mualifah, Muhamad Makinun Affan, Sintya Meiriska Putri, Suciana Suciana, Muhammad Sholehuddin, Joko Setiyono

Abstract


abstrak— Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan isi pada buku teks Bahasa Indonesia kelas X SMA kurikulum 13. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode studi pustaka (library research) yang didukung dari beberapa sumber referensi. Teori yang digunakan oleh penulis yakni teori dari Mary W. George yang memiliki beberapa langkah dalam penelitian. Berdasarkan hasil penelitian isi yang terkandung pada buku teks Bahasa Indonesia Kurikulum 13 khususnya tingkat SMA kelas X layak digunakan sebagai bahan ajar.

Kata kunci—Kelayakan isi, Buku teks, Kurikulum.

 

 

Abstract— The purpose of this study was to determine the feasibility of the content in Indonesian language textbooks for class ten Senior High School curriculum 13. In this study the authors used the library research method which was supported by several reference sources. The theory used by the author is the theory of Mary W. George which has several steps in the research. Based on the results of the content research contained in the Indonesian Language Curriculum 13 textbook, especially for class ten high school level, it is very suitable to be used as teaching material.

Keywords— Adequacy of content, Textbooks, Curriculum.


Keywords


Adequacy of content, Textbooks, Curriculum.

Full Text:

PDF

References


Adla, R, S., & Maulia, S, T. (2023). Transisi Kurikulum K13 Dengan Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Siswa. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan 1 (2), 262-270. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i2.1518.

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66-72. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581.

Arraman, B. C., & Hazmi, N. (2018). Analisis buku teks sejarah kelas X Kurikulum 2013. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora, 1(2), 122-140. https://doi.org/10.31539/kaganga.v1i2.404

Erfayliana, Y., & Kusumawati, O. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Pembelajaran Pjok Kelas Iv Sd/Mi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(1), 6. Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/12167

Hakim, A. H., Tanjung, H. P., & Rahim, A. (2023). Analisis Isi Buku Teks Aqidah Akhlak Kelas 4 Sampai 6 dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Depok. Journal on Education, 5(4), 14782-14790. DOI https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2545.

Jaelani, A., Fauzi, H., Aisah, H., & Zaqiyah, Q. Y. (2020). Penggunaan media online dalam proses kegiatan belajar mengajar pai dimasa pandemi covid-19 (Studi Pustaka dan Observasi Online). Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) Unars, 8(1), 12-24. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.579

Juanda, J. (2010). Peranan Pendidikan Formal dalam Proses Pembudayaan. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 13(1), 1-15. https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a1

Puspita, T. A., & Rohmatin, N. (2022). Kelayakan Buku Bahasa Indonesia Sma Sederajat Kelas X Edisi Revisi 2017 Terbitan Kemendikbud. Leksis, 2(1), 17–25. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Puspita%2C+T.+A.%2C+%26+Rohmatin%2C+N.+%282022%29.+Kelayakan+Buku+Bahasa+Indonesia+Sma+Sederajat+Kelas+X+Edisi+Revisi+2017+Terbitan+Kemendikbud.+Leksis%2C+2%281%29%2C+17%E2%80%9325.&btnG=

Putri, S. M., & Hasanudin, C. (2022, July). Pemanfaatan aplikasi Canva untuk menunjang pembelajaran menulis puisi di SMP. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 47-54). Retrieved From: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1257

Ramadhani, F. E., & Martinez, D. (2022). Telaah Buku Teks IPA Kurikulum K-13 dan KTSP Ditinjau dari Kelayakan Isi, Kebahasaan, dan Sajian. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 2(3), 305-313. https://doi.org/10.21154/jtii.v2i3.1308

Salim, H., & Dewi. (2018). 陈丽英 1 , 乐明浚 2 ( 1,2. XV(2), 3–11.

Sari, I., Nikmah, F., Rahayu, T. I., & Utami, S. P. T. (2018). Kelayakan Isi Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X Edisi Revisi 2016 Ditinjau Dari Implikasi Pendekatan Saintifik Pada Kurikulum 2013 Revisi. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 2(1), 24–31. https://doi.org/10.20961/jdc.v2i1.21968

Suharyanti, Andika, M. T., Pamungkas, B., Badaruddin, M., & Bakrie, U. (2022). Analisis Pengaruh Komunikasi Dialogis Pada Aplikasi Safe Travel Terhadap Upaya Diplomasi Digital Kementrian Luar. Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 1–15. http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/6983

Susanti, P., & Mukhlis, M. (2023). Keterampilan Abad 21 pada Buku Teks Bahasa Indonesia pada Kelas 11 Terbitan Kemdikbud. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 344-355. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Susanti%2C+P.%2C+%26+Mukhlis%2C+M.+%282023%29.+Keterampilan+Abad+21+pada+Buku+Teks+Bahasa+Indonesia+pada+Kelas+11+Terbitan+Kemdikbud.+Cakrawala%3A+Jurnal+Pendidikan%2C+344-355.&btnG=

Utami, D., Susanti, R., & Meilinda. (2023). Implementasi Bhinneka Tunggal Ika Dan Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Identitas Manusia Indonesia Di Sekolah. Jurnal Pengabdian West Science, 2(01), 14–24. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i01.130

Yulis, D. W., Lestari, D. A., Fahmi, D., Rezeki, E. T., Mukhlis, M., & Riau, U. I. (2022). SAJAK. 1, 137–147.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.