Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Menulis Puisi pada Siswa SMA

Sevi Ninda Johanes, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Menulis merupakan suatu pengungkapan ide, perasaan serta pengalaman melalui karangan tertulis berbentuk prosa atau puisi. Kerap kali siswa saat menulis mengalami kendala dalam mengembangkan ide/gagasan yang mereka miliki. Untuk itu penelitian ini bertujuan agar guru memanfaatkan aplikasi canva untuk media pembelajaran. Mengingat penggunaaan aplikasi canva ini belum dilakukan oleh peneliti sebelum nya, sehingga penelitian ini penting dilakukan. Metode penelitian saat ini yang digunakan penulis yaitu studi Pustaka. Penelitian ini peneliti akan menggunakan data sekunder yang masih berkaitan dengan pembahasan yakni menulis puisi, siswa menengah atas, media pembelajaran dan aplikasi canva. Data diperoleh melalui beragam sumber seperti koran, majalah, artikel, buku dan jurnal online. Hasil penelitian ini dengan aplikasi canva sebagai media pembelajaran dapat membantu siswa SMA dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan menulis puisi serta mempermudah pendidik dalam pembuatan media pembelajaran.

Kata kunci—Menulis puisi, siswa SMA, media pembelajaran, aplikasi Canva

 

Abstract— Writing is an expression of ideas, feelings and experiences through written essays in the form of prose or poetry. Often students when writing experience problems in developing the ideas they have. For this reason, this study aims for teachers to use the Canva application for learning media. Considering that the use of the Canva application has not been carried out by researchers before, so this research is important to do. The current research method used by the author is library research. In this study, researchers will use secondary data that are still related to the discussion, namely writing poetry, high school students, learning media and Canva applications. Data was obtained from various sources such as newspapers, magazines, articles, books and online journals. The results of this study using the Canva application as a learning medium can help high school students improve their abilities and skills in writing poetry and make it easier for educators to make learning media.

Keywords— Writing poetry, high school students, learning media, the Canva app


Keywords


Writing poetry, high school students, learning media, the Canva app

Full Text:

PDF

References


Abduh, N. K. (2018). Pemanfaatan Teknik Akrostik untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 11(1), 40-47. DOI: https://doi.org/10.26858/retorika.v11i1.4979.

Adawiah, S. R., Pertiwi, L. L., Sukawati, S., & Firmansyah, D. (2018). Pembelajaran menulis puisi dengan teknik onomatope di ma tanjungjaya. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(6), 897-904. Retrieved from: https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/6064.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Anggraeny, F. T., Wahanani, H. E., Akbar, F. A., Raharjo, M. I. P., & Rizkyando, S. (2021). Peningkatan ketrampilan kreativitas desain grafis digital siswa SMU menggunakan aplikasi canva pada ponsel pintar. Journal of Appropriate Technology for Community Services, 2(2), 86-91. DOI: https://doi.org/10.20885/jattec.vol2.iss2.art5.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. Jurnal teknologi pendidikan, 10(1), 46-62. Retrieved from : http://www.igh.org/triangulation/methodology.

Budiningsih, C. A. (2011). Karakteristik siswa sebagai pijakan dalam penelitian dan metode pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1). DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.4198.

Chamidah, S. N. (2022). PEMANFAATAN APLIKASI CANVA DAN PADLET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS TEKS CAPTION. Dharma Pendidikan, 17(1), 83-94. Retrieved from: http://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/191.

Darmalaksana, W. (2020). Prosiding Proses Bisnis Validitas Hadis Untuk Perancangan Aplikasi Metode Tahrij. Jurnal Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1, 1-7. Retrieved from: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32287.

Fahminnansih, F., & Rahmawati, E. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Desain Grafis dan Promosi Produk pada Sekolah Islami berbasis Kewirausahaan. Society: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 51-58. DOI: https://doi.org/10.37802/society.v2i1.170.

Firmansyah, D. (2017). Penerapan Metode Sugesti Imajinatif Melalui Media Musik untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi. Dinamika, 9, 17–22.

Fitri, F. H., & Mudinillah, A. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA TINGKAT SD/MI. DIRASATUL IBTIDAIYAH, 2(2), 255-268. DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v2i2.4579.

Harahap, A., Wibowo, T. S., Sitopu, J. W., Solehuddin, M., & Napsin, N. (2022). Penggunaan dan Manfaat Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Ditingkat Madrasah Tsanawiyah. JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS), 8(2), 539-544. DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3782.

Hasanudin, C., Subyantoro, S., Zulaeha, I., & Pristiwati, R. (2021, December). Strategi Menyusun Bahan Ajar Inovatif Berbasis Mobile Learning Untuk Pembelajaran mata Kuliah Keterampilan Menulis Di Abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 4(1), 343-347. Retrieved from: https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/902.

Ismail, M. I. (2020). Teknologi pembelajaran sebagai media pembelajaran. Makassar: Cendekia Publisher.

Leliya, L. (2020). Penerapan undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa terhadap peran perempuan melalui pemberdayaan masyarakat desa di kabupaten cirebon. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah, 5(2), 212-224. DOI: http://dx.doi.org/10.24235/jm.v5i2.7463.

Maryuani., M. (2021). Meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran daring di masa pandemi melalui aplikasi canva untuk kelas VI SDN Krembangan Selatan III Surabaya. Dasar: Jurnal inovasi pendidikan dasar. 1(4), 190- 196. Doi https://doi.org/1051878/elementary.v1i4.734.

Muawiyah, D., & Herlili, E. (2019). Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Pembangun Puisi Yang Dibaca Pada Siswa Kelas Viii Semester Ganjil Smp Negeri 1 Way Tuba Tahun Pelajaran 2018/2019. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 101-114. Retrieved from: http://eskrispi.stkippgribl.ac.id/.

Nurfadhillah, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).

Nurhamidah, S. (2022). Problem Based Learning Kiat Jitu Melatih Berpikir Kritis Siswa. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan Dan Penelitian Indonesia.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187. Retrieved from: https://core.ac.uk/download/pdf/268180802.pdf.

Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi dan pendidikan, 8(1). DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706.

Permana, D., & Indihadi, D. (2018). Penggunaan media gambar terhadap pembelajaran menulis puisi peserta didik. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 193-205. DOI: https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v5i1.7297.

Prayitno, H. W. (2013). Peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan teknik inkuiri dan latihan terbimbing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2). Retrieved from: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi.

Purba, Y. A. (2022). Pemanfaatan aplikasi canva sebagai media pembelajaran matematika di smpn 1 na ix-x aek kota batu. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1325-1334. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1335.

Rahmawati, D. (2022). Penerapan model flipped classroom dalam pembelajaran menganalisis unsur pembangun puisi melalui microsoft teams pada peserta didik kelas x sma n 2 pati tahun ajaran 2020/2021. Sasindo, 10(1). DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v10i1.11264.

Ramalisa, Y. (2013). Proses Berpikir Kritis Siswa SMA Tipe Kepribadian Thinking Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(01). DOI: https://doi.org/10.22437/edumatica.v3i01.1407.

Rizanta, G. A., & Arsanti, M. (2022, July). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Masa Kini. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 560-568). Retrieved from: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1381.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukma, E. (2007). Peningkatan kemampuan menulis puisi siswa Kelas V SD Negeri Sumbersari III Malang dengan strategi pemetaan pikiran. Diksi, 14(1), 38-48. DOI: https://doi.org/10.21831/diksi.v14i1.6546.

Wirawan, G. (2017). Analisis Struktural Antologi Puisi Hujan Lolos di Sela Jari Karya Yudhiswara. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(2), 39-44. Retrieved from: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.