Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Masa Kini
Abstract
abstrak—Keadaan setelah masa pandemi covid-19 membuat peran teknologi sangat dominan dalam pendidikan. Pendidik dan peserta didik membutuhkan teknologi atau platform yang mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh dan tetap mempunyai interaksi yang baik, agar kelas tetap menjadi tidak bosan atau menyenangkan dan produktif. Salah satu platform yang bisa menjawab tantangan tersebut adalah aplikasi Canva. Canva mempunyai salah satu layanan atau program khusus yang dirancang untuk pendidikan, yakni Canva for Education. Layanan ini didesain untuk pendidik dan peserta didik agar tetap mendapatkan pengalaman pembelajaran yang kreatif, inovatif, kolaboratif dan menyenangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian pengembangan dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Pendekatan ini menafsir-kan dan menguraikan data yang diperoleh sesuai keadaan yang terjadi di lapangan serta tidak dapat dicapai dengan menggunakan prosedur statistika atau dengan cara – cara kuantifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan aplikasi Canva for Education oleh pendidik sebagai media pembelajaran kreatif, inovatif dan kolaboratif untuk pembelajaran jarak jauh.
Kata kunci—Aplikasi Canva, Pembelajaran JARAK Jauh, Teknologi, Pembelajaran kreatif, inovatif, dan kolaboratif
Abstract—The situation after the COVID-19 pandemic has made the role of technology very dominant in education. Educators and students need technology or platforms that support distance learning activities and still have good interactions, so that classes are not bored or fun and productive. One platform that can answer this challenge is the Canva app. Canva has one of the services or programs specifically designed for education, namely Canva for Education. This service is designed for educators and students to continue to have creative, innovative, collaborative and fun learning experiences. The method used in this research is a development research method with a descriptive quantitative approach. This approach interprets and describes the data obtained according to the conditions that occur in the field and cannot be achieved by using statistical procedures or by means of quantification. This study aims to describe the use of the Canva for Education application by educators as a creative, innovative and collaborative learning medium for distance learning.
Keywords— The Canva Distance Learning App; Creative, Innovative and Collaborative Learning
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Canva. (n.d.). Canva Untuk Pendidikan. https://www.canva.com/id_id/pendidikan/
Canva. 2020. “Canva for Education - Free Graphic Design Tool for Schools.” Canva for Education. Diambil 8 Januari 2021 (https://www.canva.com/education/).
Hapsari, Gita Permata Puspita, dan Zulherman. 2021. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA.” PSEJ (Pancasakti Science Education Journal). Vol 6, No. 1: 22–29. doi: 10.24905/psej.v6i1.43.
High Tech Teacher Indonesia. 2021. “[Special Class #18 – Project Centered Course] : Membangun Kelas Kreatif Dan Kolaboratif Untuk Peserta Didik Digital Native Melalui Canva for Education.” Diambil 8 Januari 2022 (https://hightechteacher.id/special-class-18-project-centered coursemembangun-kelas-kreatif-dan-kolaboratif-untuk-peserta-didik-digital-nativemelalui-canva-for-education/).
Jelantik, A. . K. 2019. Dinamika Pendidikan Dan Era Revolusi Industri 4.0. In Dinamika Pendidikan Dan Era Revolusi Industri 4.0 (pp. 95–96). Deepublish.
Maolida, Elis Homsini, dan Vina Aini Salsabila. 2021. “Canva and Screencast-O-Matic Workshop for Classroom Purpose: A Community Service for Madrasah Ibtidaiyah Teachers.” AJAD : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 1, No. 2: 54–60. doi: 10.35870/ajad.v1i2.13.
Maryunani, Maryunani. 2021. “MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI MELALUI APLIKASI CANVA UNTUK KELAS VI SDN KREMBANGAN SELATAN III SURABAYA.” ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar. Vol 1, No. 4: 190–96. doi: 10.51878/elementary.v1i4.734.
Misbahudin, Dede, Chaerul Rochman, Dindin Nasrudin, and Isoh Solihati. 2018. “Penggunaan Power Point Sebagai Media Pembelajaran: Efektifkah?” WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika) 3 (1): 43. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10939.
Rahmatullah, Rahmatullah, Inanna Inanna, and Andi Tenri Ampa. 2020. “Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 12 (2): 317–27.
Rahmawati, Farida, dan Idam Ragil Widianto Atmojo. 2021. “Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA.” Jurnal Basicedu. Vol 5, No. 6: 6271–79. doi: 10.31004/basicedu.v5i6.1717.
Scardina, Ciro. 2018. “Library Signage: Creating Aesthetics With Canva - ProQuest.” The School Librarian, 38.
Sony Junaedi. 2021. “Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring Mahasiswa Pada Mata Kuliah English For” 07: 80–89. https://jurnal.polines.ac.id/index.php/bangun_rekaprima/article/view/3000/107647
Widyatnyana, K. N. 2021. “PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TEKS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CANVA FOR EDUCATION.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Vol 10, No. 2: 229–36. doi: 10.23887/jurnal_bahasa.v10i2.695.
Yundayani, Audi, Susilawati Susilawati, dan Chairunnisa Chairunnisa. 2019. “INVESTIGATING THE EFFECT OF CANVA ON STUDENTS WRITING SKILLS.” English Review: Journal of English Education. Vol 7, No. 2: 169–76. doi: 10.25134/erjee.v7i2.1800.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Senada PBSI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.