Pemanfaatan Aplikasi Google Kelas sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar

Lumkhatin Nikmah, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Media pembelajaran adalah perantara, dapat digunakan sebagai penyaluran untuk penyampaian informasi pembelajaran mengenai isi materi atau bahan pembelajaran untuk siswa  sekolah dasar. Pada media pembelajaran tersebut, perantara yang digunakan untuk penyampaian materi, yaitu aplikasi google classroom. Aplikasi google classroom adalah platform layanan portal, dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk penyampaian materi saat proses pembelajaran. Selain itu, google classroom digunakan dalam mengkoordinasikan pembelajaran serta tugas di sekolah, dan untuk kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini, menggunakan metode studi pustaka, yaitu teknik rangkaian kegiatan dengan pengumpulan data pustaka dari sumber internet dan buku. Data untuk penelitian menggunakan  data sekunder. Data tersebut bersumber dari hasil penelitian, berkaitan dengan judul. Pengumpulan teknik data menggunakan teknik catat.  Peneliti dalam teknik analisis data menggunakan metode distributional. Sedangkan teknik validasi data ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil yang diperoleh, yaitu aplikasi google classroom  dimanfaatkan untuk penyampaian materi pelajaran selama proses pembelajaran. Tujuan yang hendak dicapai adalah, memanfaatkan google classroom sebagai media penyampaian materi pelajaran untuk siswa. Kegunaan media pembelajaran untuk siswa adalah 1) sebagai sarana penyampaian materi, 2) membantu siswa memahami materi, 3) meningkatkan kualitas belajar selama proses pembelajaran, dan 4) siswa memperoleh pengalaman mengenai alat penyampaian materi.

Kata kunci—Media pembelajaran, aplikasi google classroom, siswa sekolah dasar

 

Abstract— Learning media is an intermediary and can be used as a channel for delivering learning information about the content of the material or learning materials for elementary school students. In this learning media the intermediary used to convey material is the Google Classroom application. The Google Classroom application is a portal service platform that can be used to deliver material during the learning process. In addition, Google Classroom is used for coordinating learning and assignments at school and for teaching and learning activities. This study used the literature study method, namely a series of activities to collect library data from internet sources and books. Data for research using secondary data.The data is sourced from research results related to the title. Data collection techniques using recording techniques. In data analysis, researchers used a technique in the form of a distribution method. While this data validation technique uses source triangulation techniques. The results obtained, namely the Google Classroom application, are used to deliver subject matter during the learning process. The goal to be achieved is to utilize Google Classroom as a medium for delivering learning material to students. The uses of learning media for students are 1) as a means of delivering material, 2) helping students understand the material, 3) improving the quality of learning during the learning process, and 4) helping students gain experience regarding the means of delivering material.

Keywords—Learning media, google classroom application, elementary school students

 


Keywords


Learning media, google classroom application, elementary school students

Full Text:

PDF

References


Ajinegara, M. W., & Soebagyo, J. (2022). Analisis bibliometrik tren penelitian media pembelajaran google classroom menggunakan aplikasi VOSViewer. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(1), 193-210. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v6i1.5451.

Andhini, P., Kurnia, M. D., Jaja, J., & Hasanudin, C. (2022). Penggunaan aplikasi google classroom sebagai media pembelajaran di era digital. Jurnal Pendidikan dan Sastra Inggris, 2(3), 01-08. https://doi.org/10.55606/jupensi.v2i3.644.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, solusi dan harapan: pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 oleh guru sekolah dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282-289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.

Dalimunthe, D. (2016). Kajian proses islamisasi di Indonesia (studi pustaka). Jurnal Studi Agama dan Masyarakat, 12(1), 115-125. https://doi.org/10.23971/jsam.v12i1.467.

Danurahman, J., & Arif, D. B. (2021). Kajian kegunaan google classroom dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(2), 254-263. http://dx.doi.org/10.17977/um039v6i12021p254.

Dewanti, H., Toenlioe, A. J., & Soepriyanto, Y. (2018). Pengembangan media pop-up book untuk pembelajaran lingkungan tempat tinggalku kelas IV SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 221-228. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/4551.

Fadzillah, R., Salsabila, T., Kurna, N., & Noviyanti, S. (2022). Analisis keefektifan penggunaan aplikasi google classroom sebagai media pembelajaran daring untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 222-232. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4296.

Frananda, M., Kurnia, M. D., Jaja, J., & Hasanudin, C. (2023). Kurikulum merdeka belajar kampus merdeka untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran abad 21. Jurnal Pendidikan Edutama, 10(1), 1-10. http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v10i1.2868.

Fauziah, R. N., & Sulisworo, D. (2021). Penggunaan google classroom sebagai kelas virtual dalam pembelajaran fisika pada materi sinar istimewa cermin. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(1), 25-31. https://doi.org/10.22611/jpf.v10i1.23137.

Hafid, A. (2011). Sumber dan media pembelajaran. Sulesana: Jurnal wawasan keislaman, 6(2), 69-78. https://doi.org/10.24252/.v6i2.1403.

Hopeman, T. A., Hidayah, N., & Anggraeni, W. A. (2022). Hakikat, tujuan dan karakteristik pembelajaran IPS yang bermakna pada peserta didik sekolah dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(3), 141-149. Retrieved from https://kpd.ejournal.unri.ac.id/index.php/kpd/article/view/25.

Jailani, H., & Mohamad, M. F. (2022). Penggunaan google classroom dalam pengajaran dan pembelajaran secara dalam talian: suatu tinjauan. Jurnal Penyelidikan Dedikasi, 20(2), 103-119. Retrieved from https://myjms.mohe.gov.my/index.php/jd/article/view/20875.

Kurniawan, A., Prabowo, G., & Falahudin, T. (2020). Media pembelajaran berbasis google classroom. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 15(2), 97-108. https://doi.org/10.37729/autotech.v15i2.528.

Kurniawan, D. A. (2020). Penggunaan media belajar monopoli untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 3(1), 10-15. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i1.720.

Kusumawati, N. & Maruti, E. S. (2019). Strategi belajar mengajar di sekolah dasar. Magetan: CV. AE MEDIA GRAFIKA.

Listia, W. N. (2020). Tingkat kebutuhan guru paud Terhadap penggunaan google classroom selama masa pandemi. Jurnal Usia Dini, 6(2), 48-53. https://doi.org/10.24114/jud.v6i2.23152.

Mahmudah, S. (2018). Media pembelajaran bahasa Arab. An Nabighoh, 20(01), 129-138. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1131.

Manurung, R., Sadjiarto, A., & Sitorus, D. S. (2021). Aplikasi google classroom sebagai media pembelajaran online dan dampaknya terhadap keaktifan belajar siswa pada masa pandemi covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(3), 729-739. https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3853.

Miftah, M. (2013). Fungsi, dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95-105. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n2.p95--105.

Mualifah, F., & Hasanudin, C. (2022). Pemanfaatan aplikasi whatsapp sebagai media pembelajaran. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 264-269). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1324.

Munisah, E. (2020). Pengelolaan media pembelajaran sekolah dasar. Jurnal Elsa, 18(1), 23-32. https://doi.org/10.47637/elsa.v18i1.231.

Muryaningsih, S., & Utami, O. D. (2021). Media pembelajaran berbahan loose part dalam pembelajaran eksak di MI Kedungwuluh Lor. Khazanah Pendidikan, 15(1), 84-91. http://dx.doi.org/10.30595/jkp.v15i1.10360.

Rahmad, F. N., & Hasanudin, C. (2022). Perkembangan belajar siswa SMA dengan memanfaatkan aplikasi google classroom. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 874-881). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1363.

Rahmawati, B., Utami, H. B., Sudiyana, B., & Rohadi, A. (2021). Penggunaan google classroom di kelas virtual dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemi covid-19 di SMA. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 9(1), 105-115. https://doi.org/10.20961/basastra.v9i1.46555.

Rahmayanti, M., Kusdiana, A., & Nugraha, A. (2018). Pengembangan bahan ajar pembelajaran menulis berbasis kearifan lokal melalui permainan bahasa di sekolah dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 215-226. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v5i3.13159.

Sanjaya, B. P. (2021). Studi literatur kemandirian belajar siswa sekolah dasar selama pembelajaran daring. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 5(2), 71-78. https://doi.org/10.36928/jipd.v5i2.733.

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2019). Implementasi pendidikan kebencanaan di Indonesia (sebuah studi pustaka tentang problematika dan solusinya). Lectura: Jurnal Pendidikan, 10(2), 136-154. https://doi.org/10.31849/lectura.v10i2.3093.

Tunisa, F. R., Kosasih, K., & Hamdu, G. (2017). Pengaruh model latihan penelitian terhadap sikap ilmiah siswa di sekolah dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 149-157. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v4i2.7141.

Zahro, A. (2023). Acceptance model (TAM) terhadap penggunaan google classroom pada mahasiswa di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Khazanah Intelektual, 7(1), 1623-1632. https://doi.org/10.37250/khazanah.v7i1.183.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.