Peran Media Gambar Seri dalam Pembelajaran Menulis Cerita Narasi

Choirina Indah Rahmawati, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Pembelajaran menulis dilakukan untuk menunjang ilmu bahasa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menambah pembelajaran menulis menggunakan media gambar seri. Penelitian ini memanfaatkan metode studi pustaka (library research) yang dapat diartikan sebagai  refernsi pengumpulan data. Data penelitian ini berupa data sekunder yang berkaitan dengan topik penbahasan. Hasil dari penelitian ini adalah pemakaian  media gambar seri menyadarkan guru bahwa pembelajaran tanpa media terasa monoton. Penelitian ini dapat disimpulkan dengan ini  pembelajaran menulis cerita narasi menggunakan media gambar seri dapat memudahkan guru untuk membantu kegiatan mengajar pada siswa.

 

Abstract— Learning to write is done to support linguistics. This research has the aim of adding learning to write using picture series media. This research utilizies the library  research method which can be interpreted as a reference for data colecction. The research data is in the form of  secondary data relating to the topic of discussion. The result of this study is the use of serial picture media to make teachers aware that learning without media is monotouns. This research can be concluded with this learning to write narrative stories with serial picture media to make it easier for teachers to assist teaching activities to students.      

 


Keywords


Writing Learning, Image Media, Narrative Stories.

Full Text:

PDF

References


Aprinawati, I. (2017). Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal pendidikan anak usia dini. 1(1), 72-80. http://dx.doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33

Arifin, A. Z., Huda, C., & Listyarini, I. (2019). Keefektifan model Think Talk Write berbantu media gambar seri terhadap keterampilan menulis. International Journal of Elementary Education. 3(3), 301-307. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19415

Khairunisa, F. (2020). Problematika pembelajaran menulis teks narasi di Sekolah Menengah Pertama. Seminar Bahasa dan Sastra Indonesia. 2(1), 145-151.

Marliana, R., Indihadi D. (2020). Teknik Brainstorming pada model pembelajaran menulis teks narasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 7(2), 109-115. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i2.25459

Munirah, M., Bahri, A. & Fatmawati, F. (2019). Pengaruh Penggunaan media gambar seri terhadap keterampilan menulis cerita dongeng siswa kelas III SD. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. 4(2), 732-740. https://doi.org/10.26618/jkpd.v4i2.2372

Prayoga, R. W., Suwignyo, H., Harsiati, T. (2017). Peningkatan keterampilan menulis cerita narasi melalui penerapan program literasi berbantuan media buku cerita pada siswa SD. Jurnal pendidikan: Teori, penelitian, dan pengembangan.2(11), 1498-1503. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i11.10187

Saputra, E. (2014). Pembelajaran menulis Bahasa Indonesia. Jurnal Al-Irsyad. 4(1), 70-74. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v5i1.7297

Sobari T. (2012). Penerapan Teknik siklus belajar dalam pembelajaran menulis laporan ilmiah berbasis vokasional. Semantik. 1(1) https://doi.org/10.22460/semantik.v1i1.p%25p

Sulfemi, W. B. Minati, H. (2018). Meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 3 SD menggunakan model Picture and Picture dan media gambar seri. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. 4(2), 228-242. http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3857

Syahrudin, D. (2014). Pendekatan kontekstual dalam pembelajaran menulis di sekolah dasar. Mimbar Sekolah Dasar. 1(1), 83-91. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v1i1.1363

Wibowo, D. C., Sutani, P., & Fitrianingrum, E. (2020). Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. 3(1), 51-57. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.245

Yarmi, G. (2017). Pembelajaran menulis di Sekolah Dasar. Perspektif Ilmu Pendidikan. 31(1), 1-6. https://doi.org/10.21009/PIP.311.1

Zulela, M. S. (2014). Pendekatan Kontekstual dalam pembelajaran menulis di sekolah dasar. Mimbar Sekolah Dasar. 1(1), 83-91. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v1i1.1363


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.