Evaluasi Pembelajaran pada Anak Usia Dini

Faridatul Mualifah, Fifi Tri Utami, Joko Setiyono

Abstract


abstrak—Evaluasi Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)  adalah suatu kegiatan untuk menilai atau menganalisis data mengenai proses dan hasil belajar peserta didik. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan penelitian kepustakaan yang didukung oleh berbagai sumber referensi. Teori yang digunakan oleh penulis adalah Mary W. George, dan penelitiannya dibagi menjadi beberapa langkah. Sebagai hasil dari penelitian ini, setiap penilaian memiliki kriteria, karakteristik, dan prosedur yang berbeda. Penilaian pada anak usia dini dapat dilakukan dengan pengamatan dalam hal ini dapat menggunakan cara Anecdotal Records dan Running Records yang sesuai dengan proses pembelajaran.

Kata kunci—Evaluasi pembelajaran, Anak Usia Dini

 

 

Abstract— Evaluation of Learning in Early Childhood Education (PAUD) is an activity to assess or analyze data regarding students' learning processes and outcomes. In this study, the authors used a library research approach supported by various reference sources. The theory used by the author is Mary W. George, and her research is divided into several steps. As a result of this study, each assessment has different criteria, characteristics and procedures. Assessment in early childhood can be done by observation in this case can use Anecdotal Records and Running Records that are appropriate to the learning process.

Keywords— Learning evaluation, Early Childhood Education


Keywords


Learning evaluation, Early Childhood Education

Full Text:

PDF

References


Astuti, D. A., Haryanto, S., & Prihatni, Y. (2018). Evaluasi implementasi kurikulum 2013. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(1), 7-14. Doi: https://doi.org/10.30738/wd.v6i1.3353

Bakar S. AS, SuryonoY., & Yanti FauziahP. (2023). KAJIAN LITERATUR TENTANG FUNGSI MANAJEMEN BAGI KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini , 8 (1), 52-68. Doi: https://doi.org/10.24903/jw.v8i1.1211

Efendi, I., Prawitasari, M., & Susanto, H. (2021). ImplemAstuti, D. A., Haryanto, S., & Prihatni, Y. (2018). Evaluasi implementasi kurikulum 2013. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(1), 7-14. Doi: https://doi.org/10.30738/wd.v6i1.3353

Hani, A. A. (2019). Evaluasi pembelajaran pada PAUD. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 7(1), 51-56. Doi: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/4698

Khairi, H. (2018). Karakteristik perkembangan anak usia dini dari 0-6 tahun. Jurnal warna, 2(2), 15-28. Retreived from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Khairi%2C+H.+%282018%29.+Karakteristik+perkembangan+anak+usia+dini+dari+0-6+tahun.+Jurnal+warna%2C+2%282%29%2C+15-28&btnG=#d=gs_qabs&t=1687248278644&u=%23p%3DD4SY1JtGB40J

Khaironi, M. (2018). Perkembangan anak usia dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01-12. Doi: https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739

.Magdalena, I., Fauzi, HN, & Putri, R. (2020). Pentingnya Evaluasi dalam Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya. BINTANG , 2 (2), 244-257. Doi: https://doi.org/10.36088/bintang.v2i2.986

Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2020). Peran desain evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 4(2), 88-100. Doi: https://doi.org/10.55115/widyacarya.v4i2.796.

Suhendro, E. (2020). Strategi pembelajaran pendidikan anak usia dini di masa pandemi covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133-140. Doi: https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.