Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kedisiplinan Belajar pada Siswa

Nella Monica Therezia Age, Nur Laila Novita Sari, Cahyo Hasanuddin

Abstract


Abstrak— Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap ketertiban belajar siswa disini dipaparkan disiplin merupakan sesuatu perilaku yang mengharuskan seorang buat bertanggung jawab atas perbuatannya, patuh atas perintah dan ketaatan dalam menghargai waktu dalam proses pembelajaran diharapkan anak sanggup menguasai disiplin supaya mereka dapat bekerja sama dengan baik dengan orang lain.  Layanan kelompok merupakan layanan bimbingan yang membolehkan sebagian siswa buat belajar bersama sama mendapatkan bermacam bahan dari sumber tertentu, paling utama dari konselor yang bermanfaat buat mendukung kehidupan satu hari hari baik orang ataupun selaku pelajar. Layanan bimbingan belajar kelompok dianggap sebagai layanan yang dapat membantu siswa meningkatkan disiplin belajarnya.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pelaksanaan konseling kelompok pada siswa, pengaruh bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan siswa, dan mengetahui tingkat dari kedisplinan siswa. Subyek penelitian adalah siswa. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Melalui tanya jawab, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan dan konseling disiplin belajar di SMP Negeri 7 Bojonegoro sangat penting bagi siswa. Penelitian ini memberikan makna bahwa siswa dapat memperoleh disiplin yang lebih baik dengan bantuan layanan konseling kelompok. 

Kata kunci— Kedisiplinan, Belajar, Siswa, Layanan Kelompok

 

 

Abstract— The effect of group guidance services on student learning discipline here is explained that discipline is a behavior that requires a person to be responsible for his actions, obey orders and obey in respecting time. In the learning process, children are expected to be able to master discipline so that they can work well with others. Group service is a guidance service that allows some students to learn together by getting various materials from certain sources, especially from counselors who are useful for supporting the daily life of both people and as students. Group tutoring services are considered as services that can help students improve their learning discipline. The purpose of this study was to find out the description of the implementation of group counseling on students, the influence of group counseling on student discipline, and determine the level of student discipline. The research subjects are students. The method used is a qualitative method. Through question and answer, observation and documentation. The results of the study show that guidance and counseling on learning discipline at SMP Negeri 7 Bojonegoro is very important for students. This research gives the meaning that students can obtain better discipline with the help of group counseling services.

Keywords— Discipline, Study, Students, Group Service


Keywords


Discipline, Study, Students, Group Service

Full Text:

PDF

References


Akmaluddin, A., & Haqqi, B. (2019). Kedisiplinan belajar siswa di sekolah dasar (sd) negeri cot keu eung kabupaten aceh besar (studi kasus). Journal Of Education Science, 5(2), 1-12. http://www.jurnal.uui.ac.id/index.php/jes/article/view/467.

Handoko, H. P. (2018). Hubungan Antara Kedisiplinan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar di SMA Negeri 1 Kota Metro. Jurnal Dewantara, 5(01), 47-60. http://ejournal.iqrometro.co.id/index.php/pendidikan/article/view/hubungan-antara-kedisiplinan-belajar-siswa-dengan-prestasi-belajar-di-smaegeri-1-kota-metro.

Hasan, M. S. R., & Rusydiana, H. (2018). Penerapan sanksi edukatif dalam peningkatan kedisiplinan peserta didik di mts semesta kedungmaling sooko mojokerto. Cendekia: Jurnal Studi Keislaman, 4(2),151-178. https://doi.org/10.37348/cendekia.v4i2.56.

Hamuni, H., Idrus, M., & Aswati, M. (2022). Perkembangan peserta didik. Jawa Tengah: Eureka Media Aksara.

Jalal, N. M., Makkatenni, N. H., & Tombo, A. Asesmen Karakter Kedisiplinan Peserta Didik Saat Pembelajaran Online. Prosiding, 98. https://lp3.um.ac.id/wp-content/uploads/simple-file-list/Prosiding-Seminar-Nasional-Evaluasi-Pembelajaran.pdf#page=103.

Mubarok, L. (2019). Analisis Penanaman Nilai Kedisiplinan Di Smk Muhammadiyah 2 Mertoyudan Angkatan 2018/2019 (Doctoral Dissertation, Iain Salatiga). http://erepository.perpus.iainsalatiga.ac.id/5880/.

Mustika, D. (2021). Peran Orangtua dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik di Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 361-372. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.105.

Magdalena, I., Fauziah, P., & Hilmiyah, Z. (2020). Identifikasi Perilaku dan Karakteristik Awal Peserta Didik di Sekolah Dasar Gondrong 2. EDISI, 2(3), 410-422. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/view/1014.

Nursalim, M. dan Suradi. 2002. Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Unesa University Press https://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/366.

Padil, P., & Nashruddin, N. (2021). Implementasi layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di sekolah. Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 1(1), 25-36. https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jubikops/article/view/151.

Qoyyimah, R. A. (2022). PERAN GURU MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI MTs AL-HAMIDAH KRADENAN KABUPATEN GROBOGAN (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung). http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27492.

Ramli, M. (2015). Hakikat pendidik dan peserta didik. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 5(1). http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/article/view/1825

Smith, M. B. (2011). Pengaruh Layanan konseling Kelompok Terhadap Disiplin Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara. Jurnal Penelitian dan Pendidikan, 8(1), 22-32. https://www.academia.edu/download/35088750/MARDIA_OK_pix.pdf.

Suarim, B., & Neviyarni, N. (2021). Hakikat Belajar Konsep pada Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 75-83. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/214.

Sandyariesta, D., Yuliejantiningsih, Y., & Hartini, T. (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X. Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(2), 118-128. https://pdfs.semanticscholar.org/d869/f9a5f7d723c4091fac0abcc197ae846592d4.pdf.

Sartika, M., & Yandri, H. (2019). Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap konformitas teman sebaya. Indonesian Journal of Counseling and Development, 1(1), 9-17. https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/bkpi/article/view/351.

Simbolon, J. (2020). Penerapan Metode Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 13(1), 77-88. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jtp/article/view/18002.

Suwignyo, H., & Nusantoro, E. (2015). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kedisiplinan Belajar pada Siswa Kelas VIII D. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 4(3). https://doi.org/10.15294/ijgc.v4i3.7563.

Taufik, A. (2019). Analisis karakteristik peserta didik. El-Ghiroh: Jurnal Studi Keislaman, 16(01), 1-13. https://doi.org/10.37092/el-ghiroh.v16i01.71.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.