Analisis Unsur Intrinsik pada Novel Lukacita Karya Valerie Patkar dan Hubungannya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

Hanna Putri Ningsih, Sutrimah Sutrimah, Fitri Nurdianingsih

Abstract


Abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan unsur intrinsik novel Lukacita karya Valerie Patkar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian yaitu berupa kata, kalimat, dan paragraf yang terdapat dalam novel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik baca, dan teknik catat. Hasil yang diperoleh yakni, 1) Tema dalam novel tersebut adalah kegagalan, 2) Tokoh utama dalam novel tersebut adalah Utara Paramayoga dan Javier Killian Sjahlendra, sedangkan tokoh tambahan Mama Utara, Yasa, Enzo, Mas Floda, Pak Sudibdjo, Angkasa Rolando, Aslan, Rumi, dan Bang Jul, 3) Alur yang digunakan adalah alur maju dan alur mundur, 4) Latar yang terdapat dalam novel tersebut terbagi menjadi dua yaitu latar tempat dan latar waktu, 5) Sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang orang pertama serba tahu, 6) Amanat yang terdapat dalam novel tersebut adalah mengakui kekurangan diri, memperlakukan anak sebagaimana kita ingin diperlakukan, jangan sampai perlakuan buruk yang kamu dapatkan pada masa lalumu menjadi senjata yang menghancurkan kehidupan orang lain, sebagai orang tua harus punya batasan untuk membimbing bukan untuk mengatur dan membuat skenario.

Kata kunci— Analisis Unsur Intrinsik, Metode Deskriptif Kualitatif, Novel

 

 

Abstract— This study aims to describe and explain the intrinsic elements of Valerie Patkar's novel Lukacita. This study used descriptive qualitative method. In research, namely in the form of words, sentences, and paragraphs contained in the novel. Data collection techniques used in this research are reading techniques and note-taking techniques. The results obtained are, 1) The theme in the novel is failure, 2) The main characters in the novel are Utara Paramayoga and Javier Killian Sjahlendra, while additional characters are Mama Utara, Yasa, Enzo, Mas Floda, Pak Sudibdjo, Angkasa Rolando, Aslan, Rumi, and Bang Jul, 3) The grooves used are forward grooves and backward grooves, 4) The setting contained in the novel is divided into two, namely the place setting and the time setting, 5) The point of view used is first-person omniscient point of view, 6) The message contained in the novel is to acknowledge one's own shortcomings, treat children the way we want to be treated, don't let the bad treatment you received in your past become a weapon that destroys other people's lives, as parents you must have boundaries to guide not to regulate and create scenarios.

Keywords— Intrinsic Element Analysis, Qualitative Descriptive Method, Novel


Keywords


Intrinsic Element Analysis, Qualitative Descriptive Method, Novel

Full Text:

PDF

References


Aritonang, B., & Alyartha, Y. (2021). Analisis Intrinsik Dan Ekstrinsik Novel Di Bawah Langit Yang Sama Karya Helga Rif.

Asna, N. M. (2013). Analisis Struktural Dan Nilai Pendidikan Pada Novel Sang Penakluk Angin Karya Novanka Raja Serta Relevansinya Terhadap Materi Pembelajaran Bahasa & Sastra Indonesia Sma.

Billa, S. S. (2022). Analisis Gaya Bahasa Pada Lirik Lagu Dunia Tipu Tipu Yura Yunita. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya, 1(2), 25-29.

Darusalam, A. P. (2020). Amanat Yang Terkandung Dalam Novel Tenki No Ko Karya Makoto Shinkai (Doctoral Dissertation, Univesitas Komputer Indonesia).

Dtanjoeng, F. A., Sukanadi, N. L., & Erawan, D. G. B. (2021). Analisis Ragam Bahasa Dan Nilai Moral Dalam Novel “Ayah” Karya Andrea Hirata. Jipbsi (Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(1), 68-73.

Hasniyati, H. (2018). Eksistensi Tokoh Ayah Dalam Novel Ayah Karya Andrea Hirata Dan Novel Ayahku (Bukan) Pembohong Karya Tere Liye. Master Bahasa, 6(3), 226-238.

Hermawan, D., & Shandi, S. P. (2019). Pemanfaatan Hasil Analisis Novel Seruni Karya Almas Sufeeya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di Sma. Metamorfosis| Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 12(1), 11-20.

Hidayati, E. S., Wardiah, D., & Ardiansyah, A. (2021). Klasifikasi Emosi Tokoh Dalam Novel Titian Takdir Karya W Sujani (Kajian Psikologi Sastra). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 2005-2017.

Jeri, E. (2022). Tindak Tutur Direktif Dalam Novel Lebih Senyap Dari Bisikan Karya Andina Dwifatma (Kajian Pragmatik) (Doctoral Dissertation, Ikip Pgri Pontianak).

Juariyatun, N. (2011). Penderiataan Batin Tokoh Ibrahim Dalam Novel Air Mata Kasih Karya Taufiqurrahman Al-Azizy: Tinjauan Sosiologi Sastra (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Kholifah, E. M. (2021). Analisis Unsur Intrinsik Novel Tulang Rusuk Menuju Surga Karya Mellyana Dhian. Edutama.

Lestari, M. L., Arianingsih, A., & Febrianty, F. (2017). Hubungan Aspek Sosiologi Pengarang Dengan Unsur Intrinsik Dalam Novel Nijuushi No Hitomi. Janaru Saja: Jurnal Program Studi Sastra Jepang, 6(2), 66-76.

Lestari, S., Rakhmawati, A., & Rohmadi, M. (2017). Analisis Unsur Intrinsik Dan Ekstrinsik Pada Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2014 Serta Relevansinya Sebagai Materi Pembelajaran Sastra Di Sekolah Menengah Atas. Basastra, 4(1), 183-202.

Mahendra, M. I., & Womal, A. (2018). Tema Sebagai Unsur Intrinsik Karya Fiksi.

Ma'rifah, M. R. (2019). Analisis Penokohan Novel Aku Masenja Hubungannya Dengan Pembelajaran Basaha Indonesia Di Sma (Doctoral Dissertation, Ikip Pgri Bojonegoro).

Missi, M., & Rosmiati, A. (2022). Analisis Unsur Ekstrinsik Novel Selimut Mimpi Karya R. Adrelas Sebagai Media Pembelajaran Sastra. Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 34-49.

Nabilla, N. F., & Randhani, I. S. (2022). Kajian Psikologi Sastra Dan Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Seribu Wajah Ayah Karya Nurun Ala. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 4(6), 12066-12070.

Nadifa, H. (2017). Gaya Bahasa Dalam Sastra Lisan Wolio (Figurative Language In Oral Literary Of Wolio). Sawerigading, 23(1), 49-59.

Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27-44.

Nurgiyantoro, B. (1995). Sastra Sebagai Pemahaman Antarbudaya. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3).

Nurgiyantoro, B. (2018). Teori Pengkajian Fiksi. Ugm Press.

Nurhadi, A. (2019). Sistem Mata Pencaharian Dalam Novel Lintang Lantip Karya Aishworo Ang Sebagai Implementasi Karakter Kerja Keras (Analisis Antropologi Sastra). In Seminar Nasional Literasi (Vol. 4, No. 1).

Putra, Y. (2011). Kajian Bentuk, Fungsi, Dan Makna Inferensi Dalam Novel Risalah Cinta Karya Helvy Tiana Rosa (Doctoral Dissertation, Universitas Mataram).

Putriani, I. (2019). Analisis Unsur Intrinsik Dan Nilai-Nilai Kehidupan Pada Cerita Fiksi Kontemporer Mahasiswa. Konstruktivisme, 11(1).

Ratih, Y. H., Rampung, B., & Nesi, A. Model Pembelajaran Sastra Tutorial Sebaya Dengan Media Teknologi Kreasi Siswa. Turut Belajar Dan Mendidik, 93.

Rianawati, I. Nilai Religius Novel Biru Jingga Karya Hilma Triesnanda Dan Skenario Pembelajarannya Di Sma.

Rohmatin, A. (2019). Analisis Unsur Intrinsik Novel Assalamualaikum Hawa Yang Tersembunyi Karya Heri Satriawan Dan Hubungannya Dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sma (Doctoral Dissertation, Ikip Pgri Bojonegoro).

Romadhoni, G. E. I. (2011). Analisis Unsur Intrinsik Dan Ekstrinsik Dalam Novel “Munajat Cinta” Karya Taufiqurrahman Al-Azizy Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Apresiasi Sastra Di Sma (Doctoral Dissertation, Universitas Mataram).

Saenal, M. (2016). Perbandingan Karakter Tokoh Dalam Novel Jangan Bercerai Bunda Karya Asma Nadia Dengan Putri Kecilku Dan Astrocytoma Karya Dr. Elia Barasila, Mars Dan Dr. Sanny Santana, Sp. Og. Jurnal Humanika, 16(1), 1-18.

Saragih, A. K., Manik, N. S., & Samosir, R. R. Y. B. (2021). Hubungan Imajinasi Dengan Karya Sastra Novel. Asas: Jurnal Sastra, 10(2).

Sauri, S. S. (2019). Nilai-Nilai Sosial Dalam Novel Hujan Karya Tere Liye Sebagai Bahan Pembelajaran Kajian Prosa Pada Mahasiswa Program Studi Diksatrasiada Universitas Mathla’ul Anwar Banten. Jurnal Konfiks, 6(2), 1-8.

Sidiqin, M. A., & Ginting, S. U. B. (2021). Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik Dan Ekstrinsik Dalam Novel Assalamualaikum Beijing Karya Asma Nadia. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 18(2), 60-65.

Turnip, E., Chairunnisa, H., Damanik, P. E., & Napitupulu, P. U. A. (2021). Unsur Intrinsik Dan Nilai Pendidikan Dalam Novel Cinta Di Dalam Gelas Karya Andrea Hirata. In Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia (Semnas Pbsi)-3 (Pp. 121-128). Fbs Unimed Press.

Warsari, S. A. (2020). Analisis Tokoh Dan Penokohan Dalam Novel Senja Dan Pagi Karya Alffy Rev Dan Linka Angelia. Retrieved from https://Digilibadmin. Unismuh. Ac. Id/Upload/11491.

Yuningsih, D. N., & Desriyeni, D. (2016). Pembuatan Pathfinder Buku Fiksi Di Perpustakaan Sma Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 5(1), 39-46.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.