Analisis Psikologi Tokoh Utama dalam Novel Sesuk Karya Tere Liye

Fika Faila Rosita, Masnu’atul Hawa, Moh Fuadul Matin

Abstract


abstrak—Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya masalah dan kesedihan bahkan rasa marah yang di sembunyikan tokoh utama sehingga novel ini dapat dikaji menggunakan teori Abraham Maslow. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui aspek psikologi tokoh utama dalam novel Sesuk karya Tere Liye. Metode penelitian yaitu deskriptif kualitatif yang menggunakan pendekatan psikologi secara tekstual. Penelitian ini mengkaji psikologi tokoh utama dalam novel sesuk karya Tere Liye menggunakan teks sebagai media utamanya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca,teknik mengelompokkan, teknik catat, teknik analisis. Dalam penelitian ini diartikan bahwa novel Sesuk karya Tere Liye terdapat aspek psikologi Abraham Maslow. Aspek psikologi yang telah diteliti terdapat lima unsur yaitu kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan rasa cinta dan memiliki, kebutuhan akan penghargaan, dan kebutuhan aktualisasi diri.

Kata kunci— Analisis, Psikologi, Novel

 

Abstract— The background of this research is because there are problems and sadness and even anger hidden by the main character so that this novel can be studied using Abraham Maslow's theory. The aim of this research is to find out the psychological aspects of the main character in the novel Sesuk by Tere Liye. The research method is descriptive qualitative using a textual psychological approach. This study examines the psychology of the main character in the novel Sesuk by Tere Liye using text as the main medium. Data collection techniques were carried out by reading techniques, grouping techniques, note-taking techniques, analysis techniques. In this study, it is interpreted that Tere Liye's novel Sesuk contains psychological aspects of Abraham Maslow. There are five psychological aspects that have been studied, namely physiological needs, safety needs, love and belonging needs, esteem needs, and self-actualization needs.

Keywords— Analysis, Psychology, Novel


Keywords


Analysis, Psychology, Novel

Full Text:

PDF

References


Aminuddin. 2010. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo Bandung.

Astuti, R. E., Mujiyanto, Y., Rohmadi, M. (2017). Analisis psikologi sastra dan nilai pendidikan dalam novel Entrok Kaya Okky Madasari serta relevansinya sebagai materi pembelajaran sastra di Sekolah Menengah Atas. Basastra, 4(2), 175-187. Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.p hp/bhs_indonesia/article/view/9995

Endaswara. Suwardi. (2013). Metode dan teori pengajaran sastra: Yogyakarta buana Pustaka

Hikma, N. (2015). Aspek psikologis tokoh utama dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara (Kajian psikologi humanistik Abraham Maslow). Jurnal Humanika, 3(15), 1-15. Retrieved from https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/421471

Moloeng, L. J. (2013). Metodologi penelitian kualitatif, edisi revisi Bandung: Remaja Rosda Karya.

Novitasari, H. (2020). analisis psikologi humanistik tokoh utama novel aftertaste karya Sefryana Khairil dan hubungannya Dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sma. Jurnal Pendidikan Edutama.

Nurgiyantoro, B. (2012). Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Putrianti, O., Hawa, M., & Hidayati, N. A. (2020). Analisis psikologi sastra novel Hati Suhita Karya Khilma Anis. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(2), 148-158

Rahman, A., Waluyo, J. H., Suyitno. (2016). Analisis psikologi tokoh dan nilai pendidikan karakter pada novel amba karya laksmi pamuntjak sert a relevansinya dalam pembelajaran sastra di perguruan tinggi. Jurnal S2 Pendidikan Bahasa Indonesia, (1)1, 10-21. Retrieved frm http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2indo/article/view/9189

Syafaah, N. A. (2020). Analisis psikologi sastra dalam novel hati suhita karya khilmaanis hubungannya dengan pembelajaran bahasa indonesia di SMA. Jurnal Pendidikan Edutama.

Yuniarti. Y. (2013). Analisis aspek kejiwaan tokoh dan nilai pendidikan karakter novel surat dahlan karya Khrtisna Pabichara (Kajian Psikologi Sastra). Jurnal Pendidikan Bahasa, 2(2), 219-235. Retrieved from http://lppm.ikippgriptk.ac.id/index. php/bahasa/article/view/245


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.