Penggunaan Media Realia dalam Pembelajaran Matematika SD

Inge Dwi Kusumawati, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—Penggunaan media dalam pembelajaran matematika diartikan sebagai bagian dari strategi pembelajaran matematika. Media realia didefinisikan sebagai benda nyata baik benda mati maupun benda hidup sebagai alat penunjang proses pembelajaran. Tujuan yang dapat dicapai dari penggunaan media realia dalam pembelajaran matematika SD adalah memberikan pengalaman secara langsung dan memudahkan siswa memahami materi yang disampaikan guru karena siswa dihadapkan langsung dengan benda nyata. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (library research). Data penelitian ini berupa data sekunder. Data bersumber dari hasil penelitian pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak bebas libat cakap, dan catat. Sedangkan teknik analisis data peneliti menggunakan metode distribusional. Hasil dari penelitian ini adalah media realia sangat berguna untuk siswa sekolah dasar dalam memudahkan mereka memahami materi pelajaran selama proses pembelajaran. Penelitian ini menjelaskan tentang penggunaan media realia sebagai media pembelajaran matematika untuk siswa sekolah dasar. Adapun kegunaan media pembelajaran untuk siswa adalah Media realia memungkinkan siswa untuk terlibat secara langsung dalam aktivitas pembelajaran selain itu kedugaan Media realia yaitu 1) membantu siswa memahami materi dengan mudah karena siswa dihadapkan langsung dengan benda nyata, 2) meningkatkan kualitas belajar selama proses pembelajaran, dan 3) memberikan pengalaman langsung kepada peserta didik, 4) membuat suasana pembelajaran lebih menarik dan tidak monoton.

Kata kunci—SD, Pembelajaran Matematika, Penggunaan Media Realia

 

 

Abstract— The use of media in learning mathematics is part of a strategy for learning mathematics. Realia media is defined as real objects, both inanimate and animate objects, as tools to support the learning process. The goal that can be achieved from using realia media in elementary mathematics learning is to provide direct experience and make it easier for students to understand what the teacher conveys because students are dealing directly with object methods real. This research uses literature study. The research data is in the form of secondary data. The data comes from research results of data collection using data collection techniques using the technique of free-viewing, speaking engagement, and taking notes. Meanwhile, the data analysis technique used by researchers uses distributional methods. The results of this study are that media realia is very useful for elementary school students in making it easier for them to understand the subject matter during the learning process. This research explains the use of realia media as a medium for learning mathematics for elementary school students, 1) as for the use of learning media for students, 2) media realia allow students to be directly involved in learning activities, 3) provide direct experience to students, 4) make the learning atmosphere more interesting and not monotone.

Keywords—Elementary School, Math Learning, Use of Realia Media


Keywords


Elementary School, Math Learning, Use of Realia Media

Full Text:

PDF

References


Amir, A. (2016). Penggunaan media gambar dalam pembelajaran Matematika. Jurnal eksakta, 2(1), 34-40. https://core.ac.uk/download/pdf/235121792.pdf

Anwar, Z. (2012). Pelaksanaan pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal penelitian ilmu pendidikan, 5(2), 24-32. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v5i2.4747

Apriyansyah, C. (2018). Peningkatan kecerdasan naturalis melalui penggunaan media realia. Jurnal audi, 3(1), 1-69. https://doi.org/10.33061/ad.v3i1.2069

Febriyanti, W., dkk. (2014). Peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan media realia. Jurnal pendidikan dan pembelajaran, 3(3), 1-11. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i3.5099

Hadi, S., dkk. (2021). Analisis problematika pembelajaran tematik terhadap karakter rasa ingin tahu peserta didik di sekolah dasar. Intergrated science education journal, 2(3), 76-79. https://doi.org/10.37251/isej.v2i3.178

Hidayat, A. (2019). Implementasi model pembelajaran pendidikan Matematika realistik sebagai manifestasi tujuan pembelajaran Matematika SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 698-705. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/100

Ibad, T. N., & Sarifah, M. (2021). Penggunaan Media Realia dalam Meningkatkan Pengalaman Belajar Siswa. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 4(2), 232–240. https://doi.org/10.54471/bidayatuna.v4i2.1303

Kristin, F. (2016). Analisis model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Journal pendidikan dasar perkhasa, 2(1), 90-98. https://doi.org/10.31932/jpdp.v2i1.25

Mutia. (2021). Characteristics of children age of basic education. Journal ar-raniry, 3(1), 1-18. https://journal.ar-raniry.ac.id/index.php/fitrah/article/view/1330/658

Samura, A. O. (2015). Penggunaan media dalam pembelajaran Matematika dan manfaatnya. Jurnal Matematika dan pendidikan Matematika, 4(1), 69-79. http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v4i1.145

Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika SD. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.