Penggunaan Media Visual pada Pembelajaran Matematika SD

Novi Dwi Safitri, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Pembelajaran matematika di sekolah dasar sering kali dianggap membosankan dan kurang menarik bagi siswa. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika, penggunaan media visual telah terbukti efektif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap konsep matematika melalui implementasi media pembelajaran visual. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dengan pengumpulan data yang relevan. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa penggunaan media visual seperti gambar, manipulatif matematika, diagram, video pembelajaran, dan model 3D dapat mempermudah pemahaman konsep, meningkatkan keterlibatan dan minat siswa, memfasilitasi pembelajaran diferensial, membantu pengembangan keterampilan pemecahan masalah, dan mendorong kolaborasi dan diskusi. Penting bagi guru untuk memilih media visual yang sesuai dan mengintegrasikannya dengan pengajaran yang efektif agar pemahaman yang optimal dapat dicapai.

Kata kunci— Matematika, Pembelajaran Matematika, Media Visual

 

 

 

Abstract—Learning mathematics in elementary schools is often considered boring and uninteresting for students. To improve the quality of learning mathematics, the use of visual media has been proven effective. This study aims to increase students' interest and understanding of mathematical concepts through the implementation of visual learning media. The research method used is literature study by collecting relevant data. The results and discussion show that the use of visual media such as pictures, mathematical manipulatives, diagrams, learning videos, and 3D models can facilitate understanding of concepts, increase student engagement and interest, facilitate differential learning, help develop problem-solving skills, and encourage collaboration and discussion. It is important for teachers to choose appropriate visual media and integrate them with effective teaching so that optimal understanding can be achieved

Keywords— Mathematics, Learning Mathematics, Visual Media


Keywords


Mathematics, Learning Mathematics, Visual Media

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Arindiono, R. J., & Ramadhani, N. (2013). perancangan media pembelajaran interaktif matematika untuk siswa kelas 5 SD. Jurnal Sains dan Seni ITS, 2(1), F28-F32. http://dx.doi.org/10.12962/j23373520.v2i1.2856.

Karso, H., & Pd, M. M. (2014). Pembelajaran Matematika di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mayasari, A., Pujasari, W., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173-179. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.303.

Nabila, N. (2021). Konsep Pembelajaran Matematika SD Teori Berdasarkan Kognitif Jean Piaget. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 6 (1), 69-79. https://doi.org/10.26618/jkpd.v6i1.3574.

Ningrum, D. S., & Leonard, L. (2015). Pengembangan desain pembelajaran matematika sekolah dasar kelas 1. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3).

Nurfadhillah, S., Nurfalah, K., Amanda, M., Kauniyah, N., & Anggraeni, R. W. (2021). Penerapan Media Visual Untuk Siswa Kelas V Di SDN Muncul 1. EDISI, 3(2), 225-242. https://doi.org/10.36088/edisi.v3i2.1335.

Pangestu, P., & Santi, A. U. P. (2016). Pengaruh pendidikan matematika realistik terhadap suasana pembelajaran yang menyenangkan pada pelajaran matematika sekolah dasar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), 58-71.

Rahmah, N. (2013). Hakikat pendidikan matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-10.

Trisnani, N., & Utami, W. T. P. (2020). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Media Visual Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Widoro. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 422-428. https://doi.org/10.30738/tc.v4i1.6398.

Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar (Vol. 1). UMMPress.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.