Pemanfaatan Aplikasi Geogebra dalam Pembelajaran Matematika

Devi Adellia Saharani, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Perkembangan teknologi juga dapat meningkatkan daya minat peserta didik untuk belajar. Hal itu didukung oleh pernyataan Pranasiwi dalam Rahadyan (2018) bahwa tuntutan zaman mengenal teknologi tepat guna diwajibkan untuk anak usia dini. Peningkatan daya minat dalam teknologi diawali dengan munculnya berbagai aplikasi yang sangat memudahkan peserta didik untuk mengakses dan belajar dalam berbagai pelajaran sekolah. Salah satu aplikasinya yaitu aplikasi Geogebra.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode studi pustaka (libray research). Metode studi pustaka (library research) adalah teknik yang rangkaian kegiatanya berkaitan dengan pengumpulan data pustaka (Tahmidaten & Krismanto, 2020). Yang bersumber dari buku-buku maupun internet (Dalimunthe, 2016) untuk menjawab rumusan masalah yang akan dipecahkan (Tahmidaten & Krismanto, 2019). Dalam matematika terdapat suatu materi fungsi, yaitu fungsi kuadrat. Fungsi kuadrat merupakan fungsi yang memiliki variable berbentuk kuadrat. Untuk mempermudah dalam menggambar fungsi kuadrat kita dapat memanfaatkan aplikasi geogebraAplikasi geogebra merupakan aplikasi yang digunakan untuk memvisualisasikan objek matematika dengan cepat, akurat, dan efektif sehingga dapat mempersingkat waktu dalam menyelesaika permasalahan matematika. Aplikasi ini juga bermanfaat dalam pembelajaran matematika khususnya adalah ilustrasi yang lebih akurat dan detail yang memberikan siswa pemahaman konsep matematika secara visual.

Kata kunci— Aplikasi Geogebra, Pembelajaran, Matematika

 

 

Abstract— Technological developments can also increase the interest of students to learn. This is supported by Pranasiwi's statement in Rahadyan (2018) that the demands of the times to know appropriate technology are mandatory for early childhood. Increasing interest in technology began with the emergence of various applications that greatly facilitate students to access and learn in various school lessons. One of the applications is the Geogebra application.The research method used in this research is a literature study method (libray research). The library research method is a technique whose series of activities are related to collecting library data (Tahmidaten &; Krismanto, 2020). Which is sourced from books and the internet (Dalimunthe, 2016) to answer the formulation of the problem to be solved (Tahmidaten & Krismanto, 2019). In mathematics there is a material function, namely the quadratic function. A quadratic function is a function that has different variables.

Keywords— Applications of Geogebra, Learning, Mathematics

Keywords


Applications of Geogebra, Learning, Mathematics

Full Text:

PDF

References


Agung, S. (2018). Pemanfaatan aplikasi geogebra dalam pembelajaran matematika smp. Prosiding, 3(1). Retrieved from http://www.journal.uncp.ac.id/index.php/proceding/article/view/801

Cara Membuat Grafik Fungsi Kuadrat Menggunakan GeoGebra. (2021). Retrieved 26 June 202. Retrieved from https://www.geogebramu.com/2021/09/membuat-grafik-fungsi.html#

Ekawati, A. (2016). Penggunaan software GeoGebra dan microsoft mathematic dalam pembelaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 148-153.

Frananda, M., Kurnia, M., & Hasanudin, C. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka untuk Memenuhi Kebutuhan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Edutama, 10(1), 1-10. Retrieved from https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/ind

Hamzah, S. (2023). Diakses 9 June 2023. Retrieved from https://fmipa.um.ac.id/wp-content/uploads/2019/10/Matematika-Syaiful-H-Rev-1-13.pdf

Hidayat, A. (2015). Unsur-unsur intrinsik dan nilai-nilai psikologis dalam naskah drama “matahari di sebuah jalan kecil” karya Arifin C Noor sebagai alternatif pemilihan bahan ajar sastra di SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 1-6. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v5i2.183.

Hirata, A. (2020). Guru aini. Yogyakarta, Indonesia: PT Bentang Perkasa.

Kesumawati, N. (2008). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(3), 231-234.

Nur'aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran matematika geometri secara realistis dengan GeoGebra. Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika, 16(2).

Octafiani, P., Tejawati, A., & Pohny, P. (2017). Aplikasi Pembelajaran Matematika Dengan Konsep Gamifikasi Berbasis Android. Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI), 1(2), 90. 10.30872/jurti.v1i2.907

Rahadyan, A., Hartuti, P., & Awaludin, A. (2018). Penggunaan Aplikasi Geogebra dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pkm (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(01), 11-19. Diakses dari https://journal.lppmunindra.ac.id/index.p


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.