Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Tata Tertib Siswa

Eliana Fitriyani Dewi Ningsih, Eko Dwi Sumaryanti, Cahyo Hasanudin

Abstract


  abstrak— Peran guru bimbingan di sekolah adalah membantu siswa dalam mengatasi masalah, dan meningkatkan kesejahteraan pribadi siswa. Proses pendidikan yang tersistem dilakukan  oleh  sekolah yang disiplin akan tata tertib.  Peraturan di sekolah biasanya menetapkan pedoman bagi guru dan siswa. Peraturan sekolah biasanya berisi kewajiban dan tugas siswa, serta larangan dan hukuman. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah; (2) untuk mengidentifikasi aturan-aturan yang sering dilanggar oleh siswa MAN 1 Bojonegoro; (3) untuk meneliti peran konselor dalam membantu siswa menjadi disiplin. Penelitian ini menggunakan studi kasus dan penelitian kualitatif. Sistem pengumpulan data memakai (1) wawancara atau dengar pendapat, (2) pengamatan, (3) dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukkan aturan yang sering dilanggar oleh siswa MAN I Bojonegoro yaitu adanya siswa yang alfa, membolos, pacaran, merokok, dan perempuan membawa makeup. Hal ini disebabkan karena generasi pandemi dan dulunya lulusan dari SMP atau MTs. Dapat dikatakan, masih belum bisa terkontrol  baik dari emosi, akhlak maupun perilaku. Dalam hal ini, peran konselor adalah memberi pengarahan dan bimbingan kepada peserta didik yang melanggar peraturan. Agar tercipta sifat disiplin dan tanggung jawab pada diri siswa.

 Kata kunci— Tata tertib, Siswa, Peran Guru bimbingan dan konseling

 

  Abstract— The role of the guidance teacher in schools is to assist students in overcoming problems, and improve students' personal well-being. Systematic educational processes are carried out by schools that are disciplined in order. School rules usually set guidelines for teachers and students. School regulations usually contain student obligations and assignments, as well as prohibitions and punishments. The aims of this study were: (1) to find out the implementation of guidance and counseling in schools; (2) to identify rules that are often violated by students of MAN 1 Bojonegoro; (3) to examine the role of the counselor in helping students become disciplined. This research uses case studies and qualitative research. The data collection system uses (1) interviews or hearings, (2) observations, (3) documentation. The findings of this study indicate the rules that are often violated by students of MAN I Bojonegoro, namely the presence of students who are alpha, play truant, date, smoke, and women carry makeup. This is due to the pandemic generation and formerly graduates from SMP or MTs. It can be said, still can not be controlled both from emotions, morals and behavior. In this case, the role of the counselor is to provide direction and guidance to students who break the rules. In order to create the nature of discipline and responsibility in students.

Keywords— Discipline, Students, The role of the guidance and counseling teacher


Keywords


Discipline, Students, The role of the guidance and counseling teacher

Full Text:

PDF

References


Agustang, A. (2018). Peran wali kelas dalam penyelesaian konflik antar siswa di SMA Negeri 1 Pinrang. Jurnal Sosialisasi, 12-16. Retrieved from: https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1678955

Albar, A. (2021). Peran mata pelajaran PAI di sekolah MI Alhidayah Pulomurub dalam menghadapi generasi alfa. Fakultas Agama Islam. Universitas Islam Indonesia: Yogyakarta.

Amahurit, Y. V. C. H. (2022). Penerapan tata tertib di sekolah dasar Katolik Mardi Wiyata 1 Malang. Pedagogi : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 38–43. https://doi.org/10.56393/pedagogi.v2i2.471

Amilia, S., Bulan, T. P. L., & Rizal, M. (2018). Pengaruh melek finansial, sosialisasi orang tua, dan teman sebaya terhadap perilaku menabung mahasiswa bidik misi. Fakultas Ekonomi Universitas Samudra. Jurnal Samudra Ekonomika, 2(2), 97-107. https://doi.org/10.1234/jse.v2i2.877

Assingkily, M. S., Putro, K. Z., & Sirait, S. (2020). Kearifan menyikapi anak usia dasar di era generasi alpha (ditinjau dari perspektif fenomenologi). Attadib: Journal of Elementary Education, 3(2), 107-128. https://doi.org/10.32507/attadib.v3i2.492

Damayanti, N. C., & Hasanambella, M. (2021). Peran guru BK dalam meningkatkan kedisiplinan siswa SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Usaha pemberian layanan yang optimal guru BK pada masa pandemi covid-19 (Antologi Esai Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling), 106. Yogyakarta, Indonesia: UAD Press (anggota IKAPI dan APPTI).

Fawaid, M. M. (2017). Implementasi tata tertib sekolah dalam meningkatkan karakter kedisiplinan siswa. Jurnal Civic Hukum, 2(1), 9. Retrieved from: http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jurnalcivichukum

Fitrah, M. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. Jawa Barat, Indonesia: CV Jejak (Jejak Publisher).

Fitri Susanty. (2022). Peran guru BK dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling serta mengatasi kenakalan siswa di SMA IT Raudhatul Ulum Sakatiga Kabupaten Ogan Ilir. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 2(3), 90–110. https://doi.org/10.56910/pustaka.v2i3.151

Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan guru bimbingan konseling dalam pembentukan karakter disiplin siswa SMP Negeri 3 Onolalu tahun pelajaran 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1), 40-52. Retrieved from: https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Counseling/article/view/375

Hasan, N., Baso, A., & Jamaluddin, S. A. (2019). Analisis kepatuhan peserta didik terhadap tata tertib sekolah pada SMP Negeri 2 Barombong Kabupaten Gowa. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 4(1), 1-7. https://doi.org/10.26618/jed.v4i1.1980

Himawan, R., & Yani, M. (2014). Upaya sekolah dalam mewujudkan budaya religius sebagai upaya peningkatan kepatuhan siswa terhadap tata tertib di SMAN 1 Nglames. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(3), 1095-1110. https://doi.org/10.26740/kmkn.v3n2.p1095-1110

Ikhsanudin, D. (2022). Pacaran bebas remaja jaman now. Pendidikan Dan Pembelajaran, 2, 79-86. Retrieved from: https://widyasari-press.com/wp-content/uploads/2022/10/10.-Dimas-Ikhsanudin-Pacaran-Bebas-Remaja-Jaman-Now.pdf

Irwansa, A., & Maf’ul, M. A. (2016). Analisis pelaksanaan tata tertib sekolah pada siswa di SMK Negeri 1 Makassar. Jurnal Tomalebbi, 2(1), 1-13. Retrieved from: http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=420807&val=6076&title=ANALISIS%20PELAKSANAAN%20TATA%20TERTIB%20SEKOLAH%20PADA%20SISWA%20DI%20SMK%20NEGERI%201%20MAKASSAR

Jurais, M. (2018). Pemberian sanksi terhadap ketidakdisiplinan belajar kelas V Sd Negeri Se Kecamatan Tempel. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(2). https://doi.org/10.31316/g.couns.v2i2.68

Kurniawan, W. A. (2018). Budaya tertib siswa di sekolah. Jawa Barat, Indonesia: CV Jejak (Jejak Publisher). Retrieved from: https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=GZF8DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Kurniawan,+W.+A.+(2018).+Budaya+tertib+siswa+di+sekolah.+Jawa+Barat,+Indonesia:+CV+Jejak+(Jejak+Publisher).&ots=WmMyAr541E&sig=yssJoPlpNolNA-A_R137pcbhGuA&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Merpati, T., Lonto, A. L., & Biringan, J. (2018). Kreativitas guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa Di SMP Katolik Santa Rosa Siau Timur Kabupaten Sitaro. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2), 55-61. Retrieved from: https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Merpati%2C+T.%2C+Lonto%2C+A.+L.%2C+%26+Biringan%2C+J.+%282018%29.+Kreativitas+guru+dalam+meningkatkan+hasil+belajar+siswa+Di+smp+katolik+Santa+Rosa+siau+Timur+kabupaten+sitaro.+Jurnal+Civic+Education%3A+Media+Kajian+Pancasila+Dan+Kewarganegaraan%2C+2%282%29%2C+55-61.&btnG=#d=gs_qabs&t=1686534404202&u=%23p%3DZtzCpWj1c7UJ

Muin, S. (2015). Peran pola asuh permisif, iklim sekolah, dan motivasi berprestasi terhadap perilaku membolos siswa. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 93. Retrieved from: http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1177600&val=7242&title=Peran%20Pola%20Asuh%20Permisif%20Iklim%20Sekolah%20dan%20Motivasi%20Berprestasi%20Terhadap%20Perilaku%20Membolos%20Siswa

Mulyati, S. ., & Kamaruddin, K. (2020). Peran guru dalam pelaksanaan bimbingan konseling. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 172–184. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i02.241

Octavia, E. (2017). Analisis pelaksanaan tata tertib sekolah sebagai sarana pembinaan moral di SMA Taman Mulya Kecamatan Sungai Raya. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 1(1), 14-24. https://doi.org/10.31571/pkn.v1i1.507

Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor pemicu kecemasan siswa dalam melakukan pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541-544. http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932

Pattinama, Y. A. (2017). Pentingnya guru bimbingan konseling (BK) kristen dalam pelayanan pastoral konseling. Scripta, 4(2), 182-195. Retrieved from: https://pdfs.semanticscholar.org/e16f/1a2fcb0b9b5168f6c818363ed08fe169e016.pdf

Pramiyati, T., Jayanta, J., & Yulnelly, Y. (2017). Peran data primer pada pembentukan skema konseptual yang faktual (studi kasus: skema konseptual basisdata Simbumil). Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(2), 679-686. https://doi.org/10.24176/simet.v8i2.1574

Pulungan, M. R. (2020). Peran guru Bk dalam mengatasi siswa yang melanggar tata tertib di MAN 1 Mandailing Natal (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Surabaya, Indonesia: Cipta Media Nusantara..

Rochayati, A. S., & Hidayat, E. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku merokok remaja di sekolah menengah kejuruan kabupaten kuningan. Jurnal Keperawatan Soedirman, 10(1), 1-11. http://dx.doi.org/10.20884/1.jks.2015.10.1.587

Saputra, M. I. (2015). Hakekat pendidik dan peserta didik dalam pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 231-251. https://doi.org/10.24042/atjpi.v6i2.1516

Satria, T. G. (2021). Hubungan perhatian dari orang tua terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 71-76. http://dx.doi.org/10.17977/um009v230i12021p071

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya memahami karakteristik siswa sekolah dasar di SDN Cikokol 2. As-sabiqun, 2(1), 7-17. Retrieved from: file:///C:/Users/USER/Downloads/611-Article%20Text-1542-1-10-20200331.pdf

Sudarsono, B. (2017). Memahami dokumentasi. ACARYA PUSTAKA: Jurnal Ilmiah Perpustakaan Dan Informasi, 3(1), 47-65. Retrieved from: https://doi.org/10.23887/ap.v3i1.12735

Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi peran guru pendidikan agama Islam sebagai konselor dalam mengatasi masalah belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(1), 79-96. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.357

Yunita, S. (2020). Peran Guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Muhammadiyah Metro (Doctoral dissertation, IAIN Metro).

Zarniati, Z., Alizamar, A., & Zikra, Z. (2016). Upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kegiatan belajar peserta didik. Konselor, 3(1), 12-16. https://doi.org/10.24036/02014312975-0-00


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.