Analisis pada Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013

Bunga Maria Ratu Justice, Frendy Azrilia Eka Saputra, Mei Indra Dewi, Ummu Dwi Firsila, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Pelajaran yang ada di bidang studi tertentu termasuk buku standar, disusun oleh para ahli pada bidang itu untuk maksud dengan tujuan instruksional. Didalamnya dilengkapi dengan sarana pengajaran yang sesuai dan mudah dimengerti oleh para penggunanya di sekolah dan perguruan tinggi sehingga dapat menunjang suatu rencana pengajaran (Tarigan,2009). Penulis akan melakukan analisis sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 tentang buku yang digunakan oleh satuan pendidikan. Didalamnya akan terdapat berbagai standart dari pemerintah pusat seperti tampilan depan maupun belakang, bagian isi, dan beberapa aspek yang terkandung didalamnya. Penulis akan melakukan analisis pada salah satu buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10 dengan Kurikulum 2013. Data penelitian ini penulis menggunakan data primer. Dimana peneliti menggunakan pendapat pribadi untuk menganalisis data. Dengan topik pembahasan analisis pada buku teks bahasa Indonesia kelas 10 kurikulum 13. Buku teks atau bahan ajar merupakan suatu acuan yang memiliki daya muat gabungan materi yang digunakan oleh pengajar atau pendidik dan di Lembaga Pendidikan.
Kata kunci— Buku Teks, Pelajaran Bahasa Indonesia, Kelas 10, Kurikulum 2013
 
Abstract— Lessons in a particular field of study including standard books, compiled by experts in that field for the purpose of instructional purposes. It is equipped with teaching tools that are appropriate and easily understood by users in schools and tertiary institutions so that they can support a teaching plan (Tarigan, 2009). The author will carry out an analysis in accordance with the Regulation of the Minister of Education and Culture of the Republic of Indonesia Number 8 of 2016 concerning books used by educational units. In it there will be various standards from the central government such as the front and back views, the contents, and several aspects contained therein. The author will conduct an analysis of one of the 10th grade Indonesian language text books with the 2013 curriculum. The data of this research the author uses primary data. Where researchers use personal opinion to analyze data. With the topic of discussion of analysis in Indonesian language textbooks for class 10 curriculum 13. Textbooks or teaching materials are a reference that has the combined capacity of material used by teachers or educators and in educational institutions.
 Keywords— Textbook, Indonesian Language Lessons, Grade 10, Curriculum 2013

 


Keywords


Textbook, Indonesian Language Lessons, Grade 10, Curriculum 2013

Full Text:

PDF

References


Aji, W. N. (2016). Model pembelajaran Dick and Carrey dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Kajian Linguistik dan Sastra, 1(2), 119-126. Retrived from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Aji%2C+W.+N.+%282016%29.+Model+pembelajaran+Dick+and+Carrey+dalam+pembelajaran+bahasa+dan+sastra+Indonesia.+Kajian+Linguistik+dan+Sastra%2C+1%282%29%2C+119-126.&btnG=#d=gs_qabs&t=1686503830880&u=%23p%3DUo7Jyw9uw1EJ.

Bonawati, E. (2007). Buku teks dalam pembelajaran geografi di Kota Semarang. Jurnal Geografi: Media Informasi Pengembangan dan Profesi Kegeografian, 4(2). https://doi.org/10.15294/jg.v4i2.106

Botty, M. (2018). Hubungan kreativitas dengan hasil belajar siswa kelas v mata pelajaran bahasa indonesia di MI Ma’had Islamy Palembang. Jurnal Ilmiah PGMI, 4(1), 41-55. https://doi.org/10.19109/jip.v4i1.2265

Damanik, F. H. (2014). Hakikat pancasila dalam membentuk karakter kebangsaan melalui organisasi siswa intra sekolah. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2), 49-60. https://doi.org/10.24114/jupiis.v6i2.2284.

Darmawati, D. (2023). Analisis manajemen pembelajaran pendidikan pancasila dalam meningkatkan pemahaman nilai-nilai pancasila pada mahasiswa semester I prodi pendidikan jasmani unimerz tahun 2022. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(10), 3937-3946. https://doi.org/10.53625/jirk.v2i10.5239.

Dewi, T. K., & Yuliana, R. (2018). Pengembangan media pembelajaran scrapbook materi karangan deskripsi mata pelajaran bahasa indonesia kelas III sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2804.

Ernawati, Y., & Ernawati, Y. (2022). Telaah buku teks tematik terpadu kelas iv sd kurikulum 2013. In Telaah Buku Teks Tematik Terpadu Kelas IV SD Kurikulum 2013, tanggal akses 14 Juni 2023. Retrieved from http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/11366

Khair, U. (2018). Pembelajaran bahasa indonesia dan sastra (bastara) di sd dan mi ar-riayah. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.261.

Nirad, D. W. S., Akbar, R., & Alnutari, H. (2021). Sosialisasi ragam program studi dalam rumpun ilmu komputer untuk siswa sma/smk di Sumatera Barat. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(4), 1059-1067. https://doi.org/10.30653/002.202164.923 .

Nurbaeti, N., dkk., (2022). Penerapan metode bercerita dalam meningkatkan literasi anak terhadap mata pelajaran bahasa indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98-106. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.328

Rithaudin, A., & Sari, I. P. T. (2019). Analisis pembelajaran aspek kognitif materi pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sma/smk. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 15(1), 33-38. Retrived from http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1509001&val=468&title=Analisis%20pembelajaran%20aspek%20kognitif%20materi%20pendidikan%20jasmani%20olahraga%20dan%20kesehatan%20smasmk%20di%20daerah%20istimewa%20yogyakarta.

Rosyid, M. H. & Hasanah, N, U. (2019). Pengaruh pelaksanaan kurikulum k-13 terhadap peningkatan mutu pendidikan smk darussalam blokagung tahun pembelajaran 2018/2019. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam (JMPID) , 1 (1), 194–214. Retreived from https://ejournal.iaida.ac.id/index.php/jmpid/article/view/529.

Shalihah, N. M., dkk. (2021). Penerapan kurikulum k13, diniyah, muatan local, dan tahfidz di sekolah dasar islam terpadu bahrul fikri bogor. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3 (2), 54-64. Retreived from https://ejournal.darunnajah.ac.id/index.php/assabiah/article/view/35.

Sihotang, H., dkk. (2021). Pendampingan belajar dari rumah bagi anak kelas 7, 8, 9 smp dan kelas 10 sma dimasa pandemi covid 19 di hkbp duren jaya bekasi. Jurnal Comunita Servizio, 3(2), 567-575. Retrived from http://repository.uki.ac.id/id/eprint/5692.

Su’udiah, F., Degeng, I. N. S., & Kuswandi, D. (2016). Pengembangan buku teks tematik berbasis kontekstual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(9), 1744-1748. http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i9.6743.

Sugiarsih, S. (2010). Permainan bahasa dalam pembelajaran bahasa indonesia di sekolah dasar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Retrived from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Sugiarsih%2C+S.+%282010%29.+Permainan+Bahasa+dalam+Pembelajaran+Bahasa+Indonesia+di+Sekolah+Dasar.+Yogyakarta%3A+Universitas+Negeri+Yogyakarta.&btnG=#d=gs_qabs&t=1686503899823&u=%23p%3D33lW9K5Lod0J

Sumar, W, T, (2018). Implementasi kompetensi guru mengelola kurikulum k13 dalam pembelajaran tematik di sdn se kecamatan telaga kebupaten. Jurnal Pedagogika, 9 (1), 71-87. https//doi.org/10.374111/pedagogika.v9i1.28.

Susanti, L. Y., Hasanah, R., & Khirzin, M. H. (2018). Penerapan media pembelajaran kimia berbasis science, technology, engineering, and mathematics (stem) untuk meningkatkan hasil belajar siswa sma/smk pada materi reaksi redoks. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 6(2), 32-40. Retrived from https://scholar.archive.org/work/mqrw4iz4tnb7dmtzor6eiktbla/access/wayback/https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/article/download/3346/pdf_1.

Syahidin, S., & Adnan, A. (2022). Analisis pengaruh harga dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan pada bengkel andika teknik kemili bebesen takengon. Journal of Economics Review, 4(1), 20-32. https://doi.org/10.55542/gpjer.v4i1.209.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.