Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Latihan Kerja Siswa Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 7 SMP Sebagai Bahan Ajar

Junia Lusita, M. Rizki Hidayatulloh, Siti Nur Fadhillah, Zumroatun Zumroatun, Joko Setiyono, Muhamad Sholehhudin

Abstract


abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan isi dari buku teks latihan kerja siswa Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 untuk kelas 7 SMP. Buku teks ini digunakan sebagai sumber belajar utama oleh siswa dalam mempelajari Bahasa Indonesia. Analisis kelayakan isi dilakukan untuk mengevaluasi kecocokan dan relevansi isi buku teks dengan tujuan dan kompetensi yang ditetapkan dalam Kurikulum 2013. Penelitian ini memakai data sekunder pada angket, buku, artikel-artikel yang ada pada jurnal nasional maupun jurnal internasional. Penelitian ini juga mencari data yang relevan mengenai kelayakan isi buku teks bahasa Indonesia kurikulum 2013 pada siswa SMP. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan yang berharga bagi penyusun buku teks dan pihak terkait dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas 7 SMP.

Kata kunci— Buku Teks, Kurikulum 2013, SMP

 

Abstract— This study aims to analyze the feasibility of the contents of the Indonesian Curriculum 2013 students' work practice textbooks for grade 7 junior high school. This textbook is used as the main learning resource by students in learning Indonesian. Content feasibility analysis was carried out to evaluate the suitability and relevance of the contents of the textbook with the goals and competencies set in the 2013 Curriculum. This study used secondary data from questionnaires, books, articles in national and international journals. This study also seeks relevant data regarding the feasibility of the contents of the 2013 curriculum Indonesian language textbooks for junior high school students. The results of this study are expected to provide valuable input for textbook authors and related parties in improving the quality of learning Indonesian in grade 7 of junior high school.

Keywords— Textbook, Curriculum 2013, Middle School


Keywords


Textbook, Curriculum 2013, Middle School

Full Text:

PDF

References


Agustina, Eka Sofia. 2011. Telaah buku teks Bahasa Indonesia. Bandarlampung: Universitas Lampung

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aritonang, Firdaus, and Tangson R. Pangaribuan. “Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Bahasa Indonesia Untuk SMA Kelas XII Berbasis Kurikulum 2013 Terbitan Kemen Muslich, Masnur. 2010. Text Book Writing. Jakarta: Ar-rus Media.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Kurikulum 2013: Kompetensi dasar mata pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Depdiknas. (2004). Panduan penyusunan buku teks pelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hasanudin, C., Mayasari, N., Saddhono, K., & Novitasari, D. (2020). Penerapan mi-crosoft paint dalam membuat media 3D kolaborasi Pop-Up dan movable book. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/arti-cle/view/1054.

Kartikasari, Y., Widodo, M., & Karomani, K. (2015). Kelayakan isi dan bahasa pada buku teks Bupena Bahasa Indonesia Kelas VII. Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 3(3), 1-6. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/viewFile/9237/5877.

Rahardjo, M. (2010). Triangulasi dalam penelitian kualitatif. Research Repostory Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Retreived from : http://repository.uin-malang.ac.id/1133/.

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zaini, H. (1). Karakteristik Kurikulum 2013 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01), 15-31. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/elidare.v1i01.288.

Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Jakarta, Indonesia: Yayasan Obor Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.