Evaluasi Pembelajaran Mahasiswa Program Studi Matematika di Perguruan Tinggi Negeri

Junia Lusita, Siti Nur Fadhillah, Joko Setiyono

Abstract


abstrak— Pembelajaran yang efektif di perguruan tinggi untuk memastikan bahwa mahasiswa memperoleh pemahaman yang baik dalam bidang studi khususnya matematika. Dalam konteks program studi matematika, evaluasi pembelajaran menjadi aspek penting dalam meningkatkan kualitas pengajaran dan pemahaman mahasiswa. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sumber data sekunder yang berasal dari jurnal nasional maupun internasional dan buku nasional dan internasional. Karena metode kualitatif mampu memberikan kondisi belajar yang mengembangkan kemampuan berfikir dan kreativitaS secara optimal. Jurnal ini bertujuan untuk mengevaluasi pembelajaran mahasiswa program studi matematika di perguruan tinggi, dengan fokus pada strategi pengajaran, metode evaluasi, dan pengaruhnya terhadap pemahaman konsep matematika.

Kata kunci— evaluasi pembelajaran, matematika, perguruan tinggi negeri

                                            

Abstract— Effective learning in tertiary institutions to ensure that students gain a good understanding in the field of study, especially mathematics. In the context of a mathematics study program, learning evaluation is an important aspect in improving the quality of teaching and student understanding. This research method uses qualitative methods with secondary data sources originating from national and international journals and national and international books. Because the qualitative method is able to provide learning conditions that develop the ability to think and creativity optimally. This journal aims to evaluate the learning of mathematics study program students in tertiary institutions, with a focus on teaching strategies, evaluation methods, and their influence on understanding mathematical concepts.

Keywords— evaluation of learning, mathematics, public universities


Keywords


evaluation of learning, mathematics, public universities

Full Text:

PDF

References


Bidabadi, N. S., Isfahani, A. N., Rouhollahi, A., & Khalili, R. (2016). Effective teaching methods in higher education: Requirements and barriers. Journal of Advances in Medical Education & Professionalism, 4(4), 170–178. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/27795967/.

Bogdan. R. dan Taylor, S.J. 1993. Kualiiatif, dasar-dasar penelilian, terjemahan oleh A. Khozin Afandi. Surabaya: Usaha Nasional.

Irmayanti, I, Islamiah, I, & Syarifuddin, S. (2020). Analisis sosiomatematika berbasis

kearifan lokal dalam pembelajaran pada siswa sdn 224 palae. 1(2), 27–34. http://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/Jtm.

Mahirah. (2017). Evaluasi belajar peserta didik (siswa). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 257–267. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4269.

Marshal, C., & Rossman, G. B. 1989. Designing qualitative research. Newbury Park, California: Sage Publication.

Miles, m. B., dan Huberman, A. M. 1984. Qualitative data analysis. London: Sage Publications.

Nasution. S. 2002. Metode penilaian naturalistik kualitafif. Bandung: Penerbit y Tarsito. Oedb. 2012. “Teachers in Kindergarten, Elementary, Middle, and Secondary Schools”. http://oedb.org/fast-track-careers-math/teacher-math.

Nurhikmah, & Ernawati. (2020). Pengaruh model team assisted individualization (tai) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa berbasis media whatsapp. 1(2), 19–26. http://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/Jtm.

Rahayu, A., Ernawati, & Rahim, R. A. (2020). Perbandingan hasil belajar matematika

dengan menggunakan model number head together (nht) dan think pair share (tps) berbasis media whatsapp. 1(2), 12–18. http://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/Jtm.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.