Analisis Tindak Tutur Tidak Harfiah pada Novel Layla Majnun Karya Sheikh Nizami

Jihan Anindya Sisfia, Aida Azizah

Abstract


Abstrak—Dalam novel Laila Majnun ini memiliki banyak sekali tindak tutur, salah satunya ialah tindak tutur tidak harfiah. Tujuan dalam penelitian ini ialah guna mengetahui makna daripada tindak tutur tidak harfiah yang terdapat pada novel Laila Majnun karya Syeikh Nizami ini. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode kualitatif yang juga disertai dengan observasi dengan menganalisis secara langsung novel Laila Majnun ini. Data yang digunakan ialah data sekunder yang didapat dari jurnal dan buku yang rilis tak lebih dari sepuluh tahun. Kesimpulannya ialah bahwa novel Laila Majnun ini memiliki beberapa larik kalimat yang memiliki tindak tutur tidak harfiah yang memiliki makna yang dalam dan puitis, kebanyakan dari tindak tutur tidak harfiah disampaikan oleh Qays atau Majnun yang seantiasa menyenandungkan syair penderitaannya.

Kata kunci—Pragmatik, Tindak Tutur, Tidak Harfiah

 

 

Abstract— In Laila Majnun's novel, there are many speech acts, one of which is non-literal speech acts. The purpose of this study is to find out the meaning of the non-literal speech acts found in the novel Laila Majnun by Sheikh Nizami. The method used in this study is a qualitative method which is also accompanied by observation by directly analyzing Laila Majnun's novel. The data used is secondary data obtained from journals and books that have been released no more than ten years. The conclusion is that Laila Majnun's novel has several lines of sentences that have non-literal speech acts that have deep and poetic meanings, most of the non-literal speech acts are delivered by Qays or Majnun who always hum the poems of their suffering.

Keywords—Pragmatic, Speech Acts, non Literal


Keywords


Pragmatic, Speech Acts, non Literal

Full Text:

PDF

References


Arfianti, I. 2020. Pragmatik: teori dan analisis. Semarang. Pilar-Nusapress

Kuswoyo, 2015. Pendekatan pragmatik dalam pembelajaran bahasa. Jurnal studi agama, 3(2). http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/2013.

Bala, A. 2022. Kajian tentang hakikat, tindak tutur, konteks, dan muka dalam pragmatik. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(1). https://doi.org/10.37478/rjpbsi.v3i1.1889.

Helaluddin, H. W. 2019. Analisis data kualitatif. Jakarta. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Sidiq, M. Manaf, N. A. 2020. Karakteristik tindak tutur direktif tokoh protagonist dalam novel Cantik itu Luka karya Eka Kurniawan. Jurnal bahasa, sastra, dan pengajarannya, 4(1). http://dx.doi.org/10.30651/lf.v4i1.3882.

Suryawin, P. C. Wijaya, M. Isnaini, H. 2022. Tindak tutur (speech act) dan implikatur dalam penggunaan bahasa. Jurnal riset sosial humaniora dan ilmu pendidikan, 1(3). https://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/sidu/article/view/130.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.