Pemanfaatan Aplikasi Menulis Akademik untuk Menunjang Pembelajaran Keterampilan Menulis di Perguruan Tinggi

Siti Aisyah, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Kemampuan menulis akademik adalah keterampilan seorang akademisi dalam membuat tulisan akademik. Penelitian ini bertujuan guna memanfaatkan aplikasi menulis akademik untuk menunjang keterampilan menulis di perguruan tinggi. Metode penelitian yang dipakai penelitian ini adalah studi pustaka (library research). Teknik pengumpulan data memakai teori Kuhlthau (2002) pada Mirzaqon dan Purwoko (2017) yang telah dimodifikasi oleh peneliti. Peneliti memakai 5 teknik pengumpulan data, yakni 1) Pemilihan topik tentang pemanfaatan aplikasi menulis akademik di perguruan tinggi, 2) Eksplorasi informasi aplikasi menulis akademik untuk keterampilan menulis di perguruan tinggi, 3) Menentukan fokus penelitian tentang aplikasi menulis akademik, 4) Pengumpulan sumber data sesuai penelitian, 5) Penyusunan laporan penelitian. Penelitian ini mendapat simpulan tentang pemanfaatan aplikasi menulis akademik guna menunjang pembelajaran keterampilan menulis di perguruan tinggi. Penggunaan aplikasi menulis akademik yakni, 1) Install aplikasi “Menulis Akademik” melalui Google Play Store, setelah terinstall kamu bisa masuk aplikasi tersebut, 2) Selanjutnya klik masuk. Maka akan muncul pemberitahuan berikut dan tekan next, 3) Setelah masuk, maka tampilannya akan berubah seperti ini. Lalu kamu bisa memilih menu sesuai yang ingin dipelajari, 4) Misalnya, klik menu isi maka akan mencul beberapa menu lain didalamnya yang berisi materi dasar menulis, 5) Tidak hanya tersedia bahan ajar, kita juga dapat mengakses permainan dalam aplikasi.

Kata kunci— Aplikasi menulis akademik, pembelajaran keterampilan menulis, perguruan tinggi

 

 

Abstract— Academic writing ability is the skill of an academic in making academic writing. This study aims to utilize academic writing applications to support writing skills in tertiary institutions. The research method used in this research is library research. The data collection technique uses the theory of Kuhlthau (2002) on Mirzaqon and Purwoko (2017) which has been modified by researchers. Researchers used 5 data collection techniques, namely 1) Selection of topics regarding the use of academic writing applications in tertiary institutions, 2) Exploration of information on academic writing applications for writing skills in tertiary institutions, 3) Determining the focus of research on academic writing applications, 4) Collection of data sources according to research, 5) Preparation of research reports. This research draws conclusions about the use of academic writing applications to support learning writing skills in tertiary institutions. The use of academic writing applications, namely, 1) Install the "Academic Writing" application through the Google Play Store, after it's installed you can enter the application, 2) Then click enter. Then the following notification will appear and press next, 3) After entering, the appearance will change like this. Then you can choose the menu according to what you want to learn, 4) For example, click the content menu, several other menus will appear in it which contain basic writing material, 5) Not only are teaching materials available, we can also access games in the application.

Keywords— Application of academic writing, learning writing skills, college


Keywords


Application of academic writing, learning writing skills, college

Full Text:

PDF

References


Amelia, A., & Hasanudin, C. (2022, July). Pemanfaatan aplikasi Tiktok untuk pengembangan bakat siswa SMA di bidang menulis. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 858-868). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1345.

Ardianingsih, A., & Yunitarini, S. (2015). Etika, profesi dosen dan Perguruan Tinggi: sebuah kajian konseptual. Jurnal ekonomi dan Bisnis, 10(1). http://dx.doi.org/10.31941/jebi.v10i1.160.

Aritonang, D. R., Solin, M., & Parapat, L. H. (2019). Pengembangan kosa kata melalui keterampilan menulis akademik untuk mengatasi masalah campur kode mahasiswa. LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra,4(2), 120-130. http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v4i2.120-130.

Azis, A., & Dirgahayu, T. (2015). Pengembangan model E-Office dan Purwarupa Intitusi Perguruan Tinggi di Indonesia. JUITA: Jurnal Informatika, 3(3). http://dx.doi.org/10.30595/juita.v3i3.869.

Butarbutar, V., & Ismanto, B. (2022). Evaluasi pemasaran jasa pendidikan tinggi keguruan dan ilmu pendidikan Perguruan Tinggi. Mimbar Ilmu, 27(3). https://doi.org/10.23887/mi.v27i3.48792.

Helaluddin dan Awalludin. (2020). Keterampilan menulis akademik panduan bagi mahasiswa di Perguruan Tinggi. Banten: Media Madani Publisher.

Heryadi, D. (2021). Menumbuhkan kemampuan menulis akademik dengan teknik In Stages Guidance. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 17(2), 193-202. https://doi.org/10.25134/fon.v17i2.4436.

Huda, U., & Haryanto, T. (2018). Strategi penanggulangan radikalisme di perguruan tinggi kabupaten banyumas. An-Nidzam: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Studi Islam, 5(1), 39-61. http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/An-Nidzam/article/download/163/137.

Juniarti, Y. (2020). Pentingnya keterampilan menulis akademik bagi mahasiswa Politeknik Akamigas Palembang. In Seminar Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 185-189). Retrieved from http://conference.unsri.ac.id/index.php/sembadra/article/view/1593.

Munawarah, M., & Zulkiflih, Z. (2021). Pembelajaran keterampilan menulis (Maharah al-Kitabah) dalam bahasa Arab. Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 22-34. https://doi.org/10.36915/la.v1i2.15.

Mustikowati, D., & Wijayanti, E. (2016). Meningkatkan semangat membaca dan menulis siswa sekolah dasar dengan permainan kata bersambut. Briliant: Jurnal riset dan konseptual, 1(1), 39-42. http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v1i1.5.

Pradnyawathi, N. N. C., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh model pakem berbasis tri hita karana terhadap keterampilan menulis. International Journal of Elementary Education, 3(1), 89-98. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17660.

Pratiwi, H. A. (2015). Peranan humas dalam membentuk citra positif Perguruan Tinggi. Deiksis, 3(01), 50-62. http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v3i01.414.

Sari, Milya. (2020). Penelitian kepustakaan (Library Research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6 (1) 41-53.

Supriadi, S., Sani, A., & Setiawan, I. P. (2020). Integrasi nilai karakter dalam pembelajaran keterampilan menulis siswa. YUME: Journal of Management, 3(3), 84-94. https://doi.org/10.37531/yum.v3i3.828.

Utomo, A. P. (2014). Pemodelan arsitektur enterprise sistem informasi akademik pada perguruan tinggi menggunakan Enterprise Architecture Planning. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 5(1), 33-40. https://doi.org/10.24176/simet.v5i1.129.

Yuliandri, M. (2016). Hubungan motivasi belajar dalam keterampilan menulis puisi pada proses pembelajaran. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1). http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/91.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.