Peran Aplikasi wattpad pada Pembelajaran Menulis Cerpen di Sekolah Menengah Atas

Celsy Ros Calorina Dewi, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Wattpad adalah sebuah aplikasi daring yang digunakan untuk membaca atau menulis sebuah karya sastra dalam bentuk puisi, novel, cerpen, dan masih banyak lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana manfaat menggunakan aplikasi wattpad untuk pembelajaran menulis cerpen di sekolah menengah pertama. Metode yang dipakai yaitu studi pustaka (library research) yang artinya data yang diperoleh besumber dari buku-buku dan artikel dari jurnal nasional. Maka dari itu, data yang perooleh adalah data sekunder yang kompleks dengan topik yang dibahas. Hal ini diinginkan bisa membantu dalam pembelajaran menulis cerpen dengan memanfaatkan wattpad.

Kata kunci—Sekolah Menengah Pertama, Cerpen, Aplikasi wattpad

 

 

Abstract—Wattpad is an online application that is used to read or write a literary work in the form of poetry, novels, short stories, and many others. The purpose of this study is to understand the benefits of using the Wattpad application for learning to write short stories in junior high schools. The method used is library research, which means that the data obtained is sourced from books and articles from national journals. Therefore, the data obtained is secondary data which is complex with the topics discussed. It is hoped that this can help in learning to write short stories by using Wattpad.

Keywords—Junior high school, Short story, Wattpad app

Keywords


Junior high school, Short story, Wattpad app

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. Doi https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Ariningsih, N. E., Sumarwati, S., & Saddhono, K. (2012). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Karangan Eksposisi Siswa Sekolah Menengah Atas. BASASTRA, 1(1), 130-141. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bhs_indonesia/article/view/2089.

Aziz, I. (2009). Aplikasi-aplikasi keren untuk HP. Yogyakarta: MediaKom.

Goffar, A., Wuryantoro, A., & Ricahyono, S. (2022). Analisis Struktur Alur dalam Cerpen di Atas Sajadah Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy. Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner, 1(1), 36-41. http://doi.org/10.25273/wjpm.v1i1.11805.

Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Media Storyboard pada Siswa Kelas X SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1), 1-12. Doi https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i1.4.

Priyatna, A. (2013). My little Angel. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Putri, N. N., & Rukiyah, S. (2021). Keefektifan media wattpad dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas x smk setia darma palembang. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 5(1), 381-394. Doi https://doi.org/10.24176/kredo.v5i1.5120.

Putri, R. A. (2019). Pemanfaatan aplikasi Wattpad dalam memotivasi siswa untuk menulis cerita. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 58-65. Doi https://doi.org/10.30596/interaksi.v3i1.2697.

Ridwan, M., Suhar, A. M., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya penerapan literature review pada penelitian ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42-51. Doi https://doi.org/10.36339/jmas.v2i1.427.

Rimawan, I., Purba, A. W., & Oktaviana, K. (2022). Cara mudah menulis cerpen. Bogor: Guepedia.

Sarmila, B., Madeamin, S., & Herdiana, B. (2022). Peningkatan menulis cerpen melalui aplikasi wattpad pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Luwu Timur. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(3), 266-272. Doi https://doi.org/10.53769/deiktis.v2i3.299.

Setiawan, A., Meriani, P., Sulastri, veriska, V., Kurniawan, V., Aprilia, F. D., Fauzan, A., & Syafiq, N. (2021). Ayo menulis cerpen pelajar penggugah jiwa. Ponorogo: Uwais inspirasi Indonesia.

Soro, H. S. (2023). Survei Pendidikan Implementasi Supervisi di Satuan-Satuan Pendidikan. Lombok Tengah: Pusat pengembangan pendidikan dan penelitian Indonesia.

Subandiyah, H. (2015). Pembelajaran literasi dalam mata pelajaran bahasa indonesia. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 2(1). Doi https://doi.org/10.26740/paramasastra.v2n1.p%25p.

Supeni, M. (2022). Menuju cerpenis andal panduan praktis menulis cerpen bagi pemula. Lombok Tengah: Pusan pengembangan pendidikan dan penelitian Indonesia.

Suryadi, E., & Milawasri, F. A. (2018). Hubungan Penguasaan Kosakata Dengan Kemampuan Menulis Cerpen Mahasiswafkip Universitas Tridinanti Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 232-239. Doi https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.1263.

Sutama, Fuadi, D., Hafida, S., H., N., & Novitasari, M. (2021). Pembelajaran matematika kolaboratif. Surakarta: Muhamadiyah University Press.

Ulfaida, N., & Hasanudin, C. (2022, June). Pemanfaatan aplikasi wattpad sebagai penunjang pembelajaran menulis cerpen di SMA untuk mendukung gerakan merdeka belajar. In Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri) (Vol. 1, No. 1, pp. 1-9). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/KPDI/article/view/1266.

Wahyuni, P. R. (2020). Cerpen Remaja Pada Aplikasi Wattpad. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 10(1), 65-74. Doi https://doi.org/10.23887/jjpbs.v10i1.24553.

W. N. T. W. (2023). Menulis cerpen itu Asyik. Ponorogo: Uwais inspirasi Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.