Aplikasi Spotify sebagai Sarana Meningkatkan Keterampilan Berbicara Menggunakan Fitur Podcast

Audian Putri Inayah, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Penelitian ini membahas mengenai aplikasi spotify sebagai sarana meningkatkan keterampilan berbicara menggunakan fitur podcast. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegunaan aplikasi spotify sebagai sarana berbicara menggunakan fitur podcast. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif pada studi kasus podcast sebagai sarana meningkatkan keterampilan berbicara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi spotify dengan menggunakan fitur podcast  dapat meningkatkan keterampilan seseorang dalam berbicara. Spotify sebagai alternatif terkini untuk para pendengar spotify sangat berguna, bukan hanya sebagai bentuk hiburan tetapi juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran seperti menggunakan fitur podcast untuk keterampilan berbicara.

Kata kunci—Keterampilan Berbicara, Spotify, Podcast

 

Abstract—This research discusses the spotify application as a means of improving speaking skills using the podcast feature. This study aims to determine the usefulness of the spotify application as a means of speaking using the podcast feature. The method used is a qualitative approach to the case study of podcasts as a means of improving speaking skills. The results of this study indicate that the spotify application using the podcast feature can improve a person's speaking skills. Spotify as the latest alternative for spotify listeners is very useful, not only as a form of entertainment but also can be used as a learning medium such as using the podcast feature for speaking skills.

Keywords—Speaking skills, Spotify, Podcast


Keywords


Speaking skills, Spotify, Podcast

Full Text:

PDF

References


Anita, F., Meliasari, R., & Syahadati, E. (2022). Implementasi podcast dalam mata kuliah public speaking. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(2), 446-445. https://doi.org/10.31571/bahasa.v11i2.4752.

Frananda, M., Kurnia, M, D., Jaja, J., & Hasanuddin, C. (2023). Kurikulum merdeka belajar kampus merdeka untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran abad 21. Jurnal Pendidikan Edutama, 10(1). http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/A.

Gereda, A. (2020). Keterampilan berbahasa Indonesia. Tasikmalaya :EDU PUBLISHER.

Halidjah, S. (2012). Evaluasi keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 2(1). http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v2i1.367.

Harianto, E. (2020). Metode bertukar gagasan dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 411-422. https://doi.org/10.58230/27454312.56.

Ilham, M. & Wijati, I. A. (2020). Keterampilan berbicara: Pengantar keterampilan berbahasa. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.

Pradita, L. K., Jayanti, R., Mardliyah, A. A., & Suwandana, E. (2021). Berbahasa produktif melalui keterampilan berbicara. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.

Ramadhany, I, D. (2020). Peran podcast sebagai media penyiaran modern berbasis audio (studi kalitatif pengguna memilih podcast sebagai media alternatif hiburan). Eprints Uniska, Retrieved from http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/3557.

Simbolon, M, J, I., & Simbolon, B, R. (2022). Podcast suara puan sebagai sarana literasi digital kaum perempuan melalui platfrom spotify. Jurnal Social Opinion: Jurnal ilmiah ilmu komunikasi, 6(2), 66-85. Retrieved from: https://www.jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/socialopinion/articel/view/1259.

Sunarto, S. (2021). Perempuan dan media. Banda Aceh :Syiah Kuala University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.