Telaah Kelayakan Bahasa pada Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII untuk SMP/MTs Semester Genap Kurikulum 2013 Merk OMEGA

Nofia Fitriyana, Muhammad Sholehhudin, Joko Setiyono

Abstract


abstrak—Buku teks telah menjadi bagian penting dalam dunia pendidikan yang dapat dimanfaatkan oleh pendidikan dan peserta didik sebagai pegangan selama proses pembelajaran berlangsun. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menganalisis kelayakan bahasa yang digunakan dalam buku teks. Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis isi. Sumber data dari penelitian ini berasal dari setiap kata, frasa, dan klausa yang terdapat dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas VII untuk SMP/MTs semester genap Kurikulum 2013 merk OMEGA. Penelitian ini memperoleh hasil yang baik dari setiap indikator ketentuan kelayakan bahasa. Simpulan yang didapatkan berupa kelayakan bahasa dengan katagori baik dan satu indikator kelayakan bahasa yang masih berada pada katagori cukup.

Kata kunci—buku teks, bahasa, kurikulum 2013

 

 

Abstract—Textbooks have become an important part of education that can be utilized by education and students as a guide during the learning process. Therefore, this study aims to analyze the appropriateness of the language used in textbooks. The method in this research uses content analysis. The data source of this research comes from every word, phrase, and clause contained in the Indonesian language textbook class VII for junior high school / MTs even semester Curriculum 2013 brand OMEGA. This study obtained good results from each indicator of language feasibility provisions. The conclusion obtained is in the form of language feasibility with a good category and one indicator of language feasibility which is still in the sufficient category.

Keywords—textbook, language, curriculum 2013


Keywords


textbook, language, curriculum 2013

Full Text:

PDF

References


Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi implementasi kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka di sekolah dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877-5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149

Apriliana, Y. (2018). Analisis kelayakan isi dan bahasa buku teks siswa Bahasa Indonesia kurikulum 2013 kelas VII SMP/MTs terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI edisi revisi tahun 2017. Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia-S1, 7(6), 704-713. Retrieved from https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pbsi/article/view/11639

Asri, A. S. (2017). Telaah buku teks pegangan guru dan siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas VII berbasis kurikulum 2013. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 3(1), 70-82. https://doi.org/10.22225/jr.3.1.94.70-82

Bangun, E. P., Koagouw, F. V., & Kalangi, J. S. (2019). Analisis Isi unsur kelengkapan berita pada media online manadopostonline.com. Acta Diurna Komunikasi, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/25560

Efendi, A. (2009). Beberapa catatan tentang buku teks pelajaran di sekolah. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14(2), 320-333. https://doi.org/10.24090/insania.v14i2.334

Fahmi, D., Siburian, D. A. N. B., Lestari, D. A., Rezeki, E. T., Yulis, D. W., & Mukhlis, M. (2022). Analisis kelayakan bahasa buku teks bahasa Indonesia kelas IX Kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud. Sajak: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Sastra, Bahasa, dan Pendidikan, 1(1), 137-147. https://doi.org/10.25299/s.v1i1.8812

Farawita, F. (2018). Degradasi ekologi dan kapitalisme revolusi hijau (analisis wacana kritis pada buku teks sejarah sekolah). Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 1(2), 139-144. https://doi.org/10.17509/historia.v1i2.10705

Handiyani, P., & Hermawan, A. (2017). Kredibilitas portal berita online dalam pemberitaan peristiwa bom Sarinah tahun 2016 (Analisis isi portal berita detik. Com dan kompas.com periode 14 Januari-14 Februari 2016). Jurnal Komunikasi, 12(1), 51-68. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol12.iss1.art4

Ikhsan, K. N., & Hadi, S. (2018). Implementasi dan pengembangan kurikulum 2013. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi), 6(1), 193-202. http://dx.doi.org/10.25157/je.v6i1.1682

Ilmiati, T. (2020). Analisis isi pesan dakwah dalam naskah Wawacan Kean Santang Aji. Komunika, 3(2), 150. https://doi.org/10.24042/komunika.v3i2.7014

Kurniasari, F. (2017). Implementasi pendekatan saintifik pada penugasan aktivitas di buku teks Bahasa Indonesia kelas VII SMP berdasarkan kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(1), 9-26. http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v4i1.44

Lasmiyati, L., & Harta, I. (2014). Pengembangan modul pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep dan minat SMP. Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2), 161-174. http://dx.doi.org/10.21831/pg.v9i2.9077

Meilani, E. (2020). Analisis muatan nilai karakter dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas XI kurikulum 2013 revisi 2017. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v10i2.35165

Nurmalasari, R., Dian, R., Wati, P., Puspitasari, P., Diana, W., & Dewi, N. K. (2016). Peran guru dalam implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Berkala Program Pascasarjana UM Malang, 722-733. Retrieved grom http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/03/55

Purnanto, A. W., & Mustadi, A. (2016). Analisis kelayakan bahasa dalam buku teks tema 1 kelas I sekolah dasar kurikulum 2013. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 102-111. Retrieved from https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/2773

Purnanto, A. W., & Mustadi, A. (2016). Analisis kelayakan bahasa dalam buku teks tema 1 kelas I sekolah dasar kurikulum 2013. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 102-111. Retrieved from https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/2773

Rahmawati, G. (2015). Buku teks pelajaran sebagai sumber belajar siswa di perpustakaan sekolah di SMAN 3 bandung. EduLib, 5(1). https://doi.org/10.17509/edulib.v5i1.2307

Saleh, M., & Sultan, S. (2015). Pengembangan bahan ajar bahasa indonesia berbasis kurikulum 2013 yang mengintegrasikan nilai karakter bangsa di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 22(2), 117-129. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/7733

Sinambela, P. N. (2017). Kurikulum 2013 dan implementasinya dalam pembelajaran. Generasi Kampus, 6(2). Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/view/7085

Soesilo, A., & Munthe, A. P. (2020). Pengembangan buku teks matematika kelas 8 dengan model ADDIE. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 231-243. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p231-243

Su’udiah, F., Degeng, I. N. S., & Kuswandi, D. (2016). Pengembangan buku teks tematik berbasis kontekstual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(9), 1744-1748. http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i9.6743

Suryaman, M. (2006). Dimensi-dimensi kontekstual di dalam penulisan buku teks pelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Diksi, 13(2), 1-21. https://doi.org/10.21831/diksi.v13i2.6456

Wardani, O. P. (2018). Analisis kelayakan isi dan bahasa pada buku teks SMA “Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik“ kelas X SMA. Jurnal pendidikan bahasa Indonesia, 5(2), 75-82. Retrieved from http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/jpbsi/article/view/2352

Zulfa, M., Mukhlis, M., Raudaturrahmah, N., Ananda, N. T., & Raihan, M. (2022). Analisis kelayakan bahasa dalam buku teks bahasa Indonesia kelas VII untuk SMP/MTS kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Sajak: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Sastra, Bahasa, dan Pendidikan, 1(2), 84-90. https://doi.org/10.25299/s.v1i2.8783


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.