Pemanfaatan Aplikasi Google Classroom sebagai Alat Tes Oleh Guru Bahasa Indonesia pada Sekolah Menengah Atas untuk Meningkatkan Sistem Evaluasi Pembelajaran Siswa

Bunga Maria Ratu Justice, Anggita Amelia, Joko Setiyono

Abstract


abstrak— Evaluasi pembelajaran merupakan suatu proses penilaian terhadap pembelajaran peserta  didik yang diberikan oleh pedidik menggunakan sebuah tes atau soal (Suardipa, 2020). Dalam evaluasi pembelajaran terdapat pengukuran yang dapat mengetahui sampai mana pencapaian peserta didik (Magdalena, 2020). Diharapkan agar penilaian tersebut sesuai dengan kriteria lulus yang ditentukan oleh seorang pendidik. Tujuan dari proses ini adalah untuk mengumpulkan informasi siswa sebanyak-banyaknya, sehingga dapat dengan mudah mengukur kemajuan atau pencapaian hasil belajar siswa. Dalam era digital ini tentunya  para  guru dan siswa diharuskan untuk mengetahui media online yang dapat  menunjang proses belajar dan mengajar, salah satunya adalah aplikasi google classroom. Pada teknik pengumpulan data penulis memapaparkan: 1) Pencarian topik, dalam penelitian ini topik yang dipilih adalah pembuatan alat tes menggunakan aplikasi google classroom untuk meningkatkan proses evaluasi pembelajaran pada siswa SMA,  2) peneliti membuat sebuah konsep pembuatan tes denhan menggunakan aplikasi google classroom. Hal ini memudahkan semua pihak karena hanya dengan media online, proses evaluasi pembelajaran akan bisa terselesaikan dengan mudah.

Kata kunci—Guru Bahasa Indonesia, Siswa Sekolah Menengah Atas, Evaluasi Pembelajaran, Aplikasi Google Classroom.

Abstract— Evaluation of learning is a process of assessing student learning given by educators using a test or question (Suardipa, 2020). In learning evaluation there are measurements that can determine the extent to which students have achieved (Magdalena, 2020). It is expected that the assessment is in accordance with the passing criteria determined by an educator. The purpose of this process is to collect as much student information as possible, so that it can easily measure the progress or achievement of student learning outcomes. In this digital era, of course, teachers and students are required to know online media that can support the learning and teaching process, one of which is the Google Classroom application. In the data collection technique the author explained: 1) Topic search, in this study the topic chosen was making test kits using the Google Classroom application to improve the learning evaluation process for high school students, 2) the researcher created a concept for making tests with use the google class-room application. This makes it easier for all parties because only with online media, the learning evaluation process can be completed easily.

Keywords— Indonesian Teachers, High School Students, Learning Evaluation, Google  Classroom Application.

 

 


Keywords


Indonesian Teachers, High School Students, Learning Evaluation, Google Classroom Application.

Full Text:

PDF

References


Adirdika, I. W. B. (2023). Peningkatan prestasi belajar marketing pada materi hakikat pemasaran melalui pembelajaran project based learning berbantu google classroom bagi siswa kelas X BDP 1 semester I SMK Negeri 1 Gianyar tahun pelajaran 2020/2021. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 233-242. Retrived from: http://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/231.

Anna, H. (2016). Pembelajaran bahasa Indonesia dalam konteks multibudaya. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 9(2), 74-91. Retrived From: https://core.ac.uk/download/pdf/231136619.pdf.

Arfani, L. (2018). Mengurai hakikat pendidikan, belajar dan pembelajaran. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 11(2), 81-97. Retrived From: http://jta.ejournal.unri.ac.id:7680/index.php/JPB/article/view/5160.

Asarina, R. (2014) Studi eksplorasi kendala-kendala giri dalam pembelajaran IPS di SMP Wilayah Kecamatan Moyudan. Ringkasan Skripsi, 1-27.

Fitrina, N. Y., Destri, N., & Ulsafitri, Y. (2020, September). Pengembangan metoda pembelajaran sistem reproduksi kelompok tunarungu bagi guru sekolah luar biasa. In SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 2, pp. 169-176). Rretrived from: http://journal.unilak.ac.id/index.php/SNPKM/article/view/5288.

Hadi, W. (2022). Penerapan metode pembelajaran Gallery Learning sebagai upaya peningkatan pemahaman siswa pada materi hakikat perlindungan dan penegakan hukum. Jurnal Syntax Admiration, 3(7), 939-952. Doi: https://doi.org/10.46799/jsa.v3i7.459.

Indarwati, S. (2021) Efektifitas penggunaan google classroom dalam pembelajaran jarak jauh mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di masa pandemic covid-19. Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan, 1(1), 1-8. https://doi.org/10.51878/educator.v1i1.501.

Julaeha, S., Maky, M., & Ruswandi, U. (2022). Desain, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran pada sekolah menengah. Jurnal Dirosah Islamiyah, 4(2), 232-254. Doi: https://doi.org/10.47467/jdi.v4i2.909.

Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2020). Pentingnya evaluasi dalam pembelajaran dan akibat memanipulasinya. Bintang, 2(2), 244-257. Retrived from: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/986.

Marisa, S., Irwandi, D., & Muslim, B. (2020). Analisis Buku Teks Kimia Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Kelas XI berdasarkan indikator literasi sains. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 10(2), 120-129. Doi: https://doi.org/10.21009/JRPK.102.08 .

Maruta, H. (2017). Pengertian, kegunaan, tujuan dan langkah-langkah penyusunan laporan arus Kas. JAS (Jurnal Akuntansi Syariah), 1(2), 239-257. Retrieved from: http://ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/jas/search

Masang, A. (2021). Hakikat pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 1(1), 14-31. Retrived From: https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/5492.

Rahardjo, M. (2010). Triangulasi dalam penelitian kualitatif. Jakarta, Indonesia :Litbangdiklat Press.

Ramli, M., Hidayah, N., Eva, N., Hanafi, H., & Saputra, N. M. A. (2020). Pengembangan kompetensi Bk online pada guru Sekolah Menengah Atas Kota Malang. Prosiding Hapemas, 1(1), 496-509. Retrived from: http://conference.um.ac.id/index.php/hapemas/article/view/285.

Ramli, M. (2015). Hakikat pendidik dan peserta didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 5(1), 1-25. Doi: http://dx.doi.org/10.18592/jtipai.v5i1.1825.

Sabarguna & Subirosa, B. 2005. Analisis data pada penelitian kualitatif. Jakarta, Indonesia :UI Press.

Siddik, H. (2016). Hakikat pendidikan Islam. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 8(1), 89-103. Retrived From: https://e-jurnal.iainsorong.ac.id/index.php/Al-Riwayah/article/view/109.

Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2020). Peran desain evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 4(2), 88-100. Doi: https://doi.org/10.55115/widyacarya.v4i2.796.

Syaefudin, F., & Baroroh, U. (2023). Metode evalusi illuminative dalam upaya mengatasi perbedaan kemampuan siswa dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Arab tingkat Sekolah Menegah Atas. Ihtimam: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(1), 1-13. Doi: https://doi.org/10.36668/jih.v6i1.422 .

Yul, F. A., & Ramadani, N. (2020). Sosialisasi penggunaan aplikasi pembelajaran online untuk guru SMK 5 di Kota Bengkulu. RANGKIANG: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 38-41. Doi: https://doi.org/10.22202/rangkiang.2020.v2i1.4106.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring: Jurnalistik sebagai Sumber Data untuk Karya Ilmiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.