Implementasi E-learning Matematika dengan Metode Pembelajaran Berkelompok (E-Ma MPB) pada SMPN 3 Kinali

Wahyudi Wahyudi, Ratih Purwasih, Karfindo Karfindo, Ega Handayani

Abstract


Abstrak— E-learning digunakan pendidikan tingkat dasar, menengah, atas, dan tinggi. Ini diharapkan mendukung proses pembelajaran menjadi lebih baik. Kesulitan mengakses materi, membuat soal, mengoreksi tugas kelompok, dan mengetahui siswa yang aktif dalam kelompok merupakan masalah pada implementasinya. Penelitian ini bertujuan menguji implementasi E-learning Matematika dengan Metode Pembelajaran Berkelompok (E-Ma MPB) di SMPN 3 Kinali. Pengujian dilakukan dengan membandingkan sistem yang sedang berjalan menggunakan aplikasi WhatsApp dan sistem baru dengan E-Ma MPB. Pengujian dilakukan pada empat aspek (1) kemudahan siswa mengakses materi, (2) kemudahan guru membuat soal, (3) kemudahan guru mengoreksi tugas kelompok, dan (4) kemudahan guru mengetahui siswa aktif dalam kelompok. E-Ma MPB dirancang menggunakan System Development Life Cycle (SLDC) dengan Modified Waterfall (Spiral) Development Model. Pada tahapan operations (system test) menguji empat aspek dalam pembelajaran berkelompok pada mata pelajaran Matematika. E-Ma MPB dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Hasil pengujian pada empat aspek adalah baik. Sehingga, disimpulkan bahwa E-Ma MPB dapat digunakan sebagai sarana pendukung proses pembelajaran menjadi lebih baik pada pembelajaran berkelompok.

Kata kunci— E-Ma MPB; e-learning; kelompok; Kinali

Abstract—E-learning used in elementary, middle, high and high education. This expected to support the learning process to be better. Difficulty accessing material, making questions, correcting group assignments, and knowing students who are active in groups are problems in its implementation. This study aims to examine the implementation of e-learning in Mathematics with Group Learning Methods (E-Ma MPB) at SMPN 3 Kinali. The test compares the running system using the WhatsApp application with the new system with E-Ma MPB. The test was carried out with four aspects (1) the ease of students accessing the material, (2) the ease of the teacher making questions, (3) the ease of the teacher correcting group assignments, and (4) the ease of the teacher knowing that students are active in groups. E-Ma MPB designed using System Development Life Cycle (SLDC) with Modified Waterfall (Spiral) Development Model. E-Ma MPB created using the PHP programming language and MySQL database. Phase testing on the four aspects of the results are good. It was concluded that E-Ma MPB could be used as a means of supporting the learning process to be better to increase student activity in-group learning.

Keywords— E-Ma MPB; e-learning; group; Kinali


 


Full Text:

PDF

References


Asep, S. (2019). Pembelajaran Tari Bedana Menggunakan Multi Metode (Ceramah, Demonstrasi, Drill) di SMK Negeri 3 Bandar Lampung. Jurnal Seni Dan Pembelajaran, 7, 9.

Conrad, E. (2011). Chapter 8 - Domain 8: Application Development Security. In E. Conrad (Ed.), Eleventh Hour CISSP (pp. 129–145). Syngress. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/B978-1-59749-566-0.00008-4

Juniati, A., Nindiasari, H., & Khaerunnisa, E. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Karakter Siswa SMP Dalam Pembelajaran E-Learning. Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 135–149.

Mardhiyana, D., & Nasution, N. B. (2018). Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Matematika Menggunakan E-Learning dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4 . 0. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan 2018, 2007, 31–35.

Papasi, J. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Kerja Kelompok pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMP Negeri I Totikum Sulawesi Tengah. Jurnal Paedagogy, 7(4), 339. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2879

Wahyudi, W. (2020). The effectiveness of sharing blended project based learning (SBPBL) model implementation in operating system course. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(5). https://doi.org/10.3991/IJET.V15I05.11266

Wahyudi, Wahyudi. (2017). Resource Sharing - Blended Learning (RS-BL) Model Development. International Conference on Global Education V: Global Education, Common Wealth, and Cultural Diversity, (April), 3141–3153.

Wahyuni, L. (2021). Penggunaan Aplikasi WhatsApp dalam Pembelajaran Daring di Kelas IV A SDN 61 Bengkulu Selatan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.