Peran “Program Bunga Rampai Guruku” dalam Meningkatkan Produktivitas Guru dalam Menulis
Abstract
Program “Bunga Rampai Guruku” adalah sebuah program kemitraan antara dosen, guru-guru dan mahasiswa sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat. Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah: 1) Memotivasi guru untuk produktif dalam menghasilkan karya ilmiah; 2) Mengedukasi guru tentang tatacara penyusunan karya ilmiah; 3) Membimbing guru-guru dalam menghasilkan karya ilmiah; 4) Meningkatkan produktifitas karya ilmiah guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran program bunga rampai guruku dalam meningkatkan produktivitas guru dalam menulis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner. Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa peran program ini dalam meningkatkan produktivitas guru dalam menulis adalah pada aspek motivasi, dan pendampingan.
Kata kunci: Menulis, Peran, Produktivitas, Program Bunga rampai Guruku
Full Text:
PDFReferences
Irianti, P. (2017). Produktifitas Penulis Artikel Majalah Ilmiah Psikologi Universitas Gadjah
Mada Menggunakan Dalil Lotka. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 13(2),
–216.
Lestari, A. W. dan L. A. (1999) Menulis. Karya Ilmiah. Surabaya: Airlangga Wardani, I.G.A.K., dkk. (2008). Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Universitas Tebuka.
Lestari, M., Faozanudin, M., & Puspita, D. R. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang
Mempengaruhi Publikasi Ilmiah Guru PNS di SMP Negeri 1 Rembang dan SMP Negeri
Pangadegan Kabupaten Purbalingga. IJPA-The Indonesian Journal of Public
Administration, 4(1), 1–21.
Saputro, B. I. (2019). Produktivitas Pengarang dan Pertumbuhan Artikel
Bidang Arkeologi dalam Jurnal Kapata Arkeologi Tahun 2005-2017. Berkala Ilmu
Perpustakaan Dan Informasi, 15(1), 10–20. https://doi.org/10.22146/bip.37868
Siregar, N. (2018) ‘faktor-faktor yang mempengaruhi literasi
membaca bahasa indonesia yang berkemajuan’, Prosiding Pekan Seminar
Nasional (Pesona).
Rohmah, I.I.T., Saleh, M., Faridi, A., Fitriati, S.W. (2019) Language Assessment
Pattern for Primary Education in the Content and Language Integrated Learning (CLIL) Classroom Context, Asian EFL Journal, 21(2.2), 101-123.
https://www.elejournals.com/asian-efl-journal/asian-efl-journal-volume-21-issue-2-2-march-2019/
Refbacks
- There are currently no refbacks.