Studi Literatur Efektivitas Model Pembelajaran Simulasi Digital

Marito Ritonga

Abstract


Pembelajaran dalam beberbagai ilmu harus dijadikan sebagai bentuk pemahaman dan kesatuan yang utuh, baik itu konsep, gagasan, maupun pesan yang ingin disampaikan dalam peristiwa atau fenomena nyata yang terjadi dalam masyarakat. diperlukan adanya pembelajaran inovatif dan interaktif sesuai dengan pendekatan saintifik yang dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang materi sekaligus meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar. Disini saya mencoba mengembangkan model pembelajaran Simulasi berbasis digital. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui melalui kajian literatur apakah Model Pembelajaran Simulasi Digital Berbasis Masalah Efektif Digunakan Dalam Pembelajaran. Metodologi Penelitian dalam tulisan ini adalah Studi literatur ini menggunakan Systematic Literature Review atau SLR. Data dalam penelitian ini adalah kajian literature berupa penelitian-penelitian terdahulu yang berasal dari jurnal-jurnal. Data penelitian dirilis pada tahun 2017 hingga 2020. Dari beberapa artikel ilmiah yang diteliti dan dibandingkan hasil penlitiannya, dapat disimpulkan bahwa beberapa penelitian yang menggunakan model simulasi dalam pembelajarannya telah berhasil diterapkan dan diaplikasikan kepada siswa dan guru, baik dari tingkat sekolah dasar maupun sekolah menengah kejuruan

 

Kata kunci: Model Pembelajaran, Simulasi Digital, Efektivitas, Literatur

 


Full Text:

PDF

References


Adhitya, P. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Komputer Model Simulasi Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Siswa Pada Materi Tata Surya Dikelas X Sman 10 Pontianak Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal GeoEko , Vol.3 No 2.

Amri, F. (2019). Pengembangan Sintaks Simulasi dalam Pembelajaran Ekonomi Berorientasi Pada Pendidikan Karakter. JPIS, Vol. 28, No. 1.

Fahyuni, N. d. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Siduarjo: Nizamia Learning Center.

Herayanti, d. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantukan Simulasi Komputer Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Fisika Mataram. Thesis Universitas Mataram.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ikhwan, A. (2017). Metode Simulasi Pembelajaran dalam Perspektif Islam. ISTAWA: Jurnal Pendidikan Islam, Vol 2 No 2.

Jaya Hendra, S. H. (2016). Praktikum Simulasi Berbasis Website. Makasar: Edukasi Mitra Grafika

Khaeruman, d. (2018). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Context-Rich Problems Pada Materi Pokok Termokimia Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematikan Dan IPA "PRISMA SAINS", Vol.2 No 1.

Khoerunnisa, P. d. (2020). Analisis Model-Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 4 No 1.

Lonto, A. L. (2017). Pembelajaran PPKn Melalui Model Simulasi Di SMA Negeri 1 Tondano. Jurnal Civic Education, Vol. 1 No 1.

Nana, R. E. (2020). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Virtual Lab Phet pada Pembelajaran Fisika Guna Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA: Literature Review. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), Vol. 8.

Satutik, R. (2017). Model Simulasi Dalam Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, Vol. 1 No 2.

Triluqman Hery, M. d. (2018). Pengembangan Model Aplikasi Simulator Kamera Video Berbasis Android. Thesis Universitas Negeri Semarang.

Uni, B. H. (2012). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara

Wahyuni. (2017). Penerapan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SDN 1 Tebanggi Aagung. Jurnal As-Salam, Vol. 5 No 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.