Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa pada Matakuliah Statistik

Anis Umi Khoirotunnisa’

Abstract


Penelitian ini menganalisis tentang tingkat efektivitas model pembelajaran jigsaw terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Kemampuan berpikir kreatif seringkali tidak diukur dalam proses pembelajaran karena dianggap sulit untuk mengukurnya. Penelitian ini termasuk dalam kualifikasi eksperimental semu dengan pretest-posttest control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Program studi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia IKIP PGRI Bojonegoro. Pengambilan sampel dengan purposive sampling dimana mahasiswa yang dijadikan sampel adalah mahasiwa yang saat ini mengambil matakuliah statistic I. Instrumen dalam penelitian ini dengan tes soal uraian dimana hasil dari tes ini di identifikasi untuk masing-masing kriterian berpikir kreatif berdasarkan indikator orisinalitas, kelancaran, fleksibilitas dan elaborasi. Sebelum diberikan kepada mahasiswa instrumen tes diuji validitas dan reliabilitasnya. Validitas menggunakan indeks aiken V dan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbah. pada pretes maupun postes skor gain Mahasiswa dengan Model Jigsaw lebih baik daripada skor gain Mahasiwa dengan model konvensional yaitu 0,94 > 0,49. Dari penelitian ini dapat dikatakan bahwa Mahasiswa yang mendapat pembelajaran dengan Model Jigsaw memberikan efek lebih baik daripada Model Konvensional pada kemampuan berpikir kreatif.

 

Kata kunci: Jigsaw, Berpikir Kreatif, konvensional.


Full Text:

PDF

References


Anita Lie. 2007. Cooperative Learning Mempraktikan Cooperative Learning Di Luar Kelas.

Anon. 2016. “Reliabilitas dan validitas aitem.” Buletin Psikologi 3(1).

Lestari, Dwi Junianti, Alis Triena Permanasari, and Fuja Siti Fujiawati. 2017. “Penerapan model project based learning untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam mata kuliah komposisi tari.” Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni 2(2).

Mahanal, Susriyati, Shila Avila, and Siti Zubaidah. 2018. “Potensi Model Pembelajaran Biologi Berbasis Reading-Concept Mapcooperative Script (Remap-Cs) Dan Gender Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma Kota Malang.” Prosiding Semnas Pendidikan Biologi (2006).

Noer, Sri Hastuti. 2013. “Kemampuan berpikir kreatif matematis dan pembelajaran matematika berbasis masalah open-ended.” Jurnal Pendidikan Matematika 5(1).

OECD. 2019. “OECD Multilingual Summaries PISA 2018 Results (Volume I ) What Students Know and Can Do.” OECD Publishing.

Regita, Nanda Ardhia, Euis Eka Pramiarsih, and Bella Annantha Sritumini. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Mengemukakan Pendapat.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi 5(2).

Sa’adah, Miftahus. 2020. “Studi Komparatif Reformasi Pendidikan Di Singapura Dan Indonesia.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi 7(1).

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Syahbana, Ali. 2012. “Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Con.” Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika 02(1).

Tri Agustiana, I. Gusti Ayu, Rudiana Agustini, Musimin Ibrahim, and I. Nyoman Tika. 2020. “Efektivitas Model OPPEMEI Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa.” Journal of Education Technology 4(2).

Triani, Dewi Agus. 2016. “Implementasi strategi pembelajaran kooperatif (cooperative learning) tipe jigsaw di perguruan tinggi.” UNIVERSUM 10(2).

Ummah, Siti Khoiruli, Akhsanul Inam, and Rizal Dian Azmi. 2019. “Creating Manipulatives: Improving Students’ Creativity through Project-Based Learning.” Journal on Mathematics Education 10(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.