Studi Meta-Analisis : Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada jenjang pendidikan SMP dan SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah meta analisis secara deskriptif kuantitatif dengan mengambil sampel sebanyak 12 artikel ilmiah. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara mengidentifikasi beberapa jurnal melalui Google Scholar. Hasil penelitian meta-analisis menunjukkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) memiliki besar pengaruh (effect size) terhadap berbagai subjek, yaitu data hasil effect size berdasarkan kategori, jenjang pendidikan, letak wilayah, dan berdasarkan variabel terikat pada penelitian. Hasil effect size berdasarkan kategori secara keseluruhan diperoleh rerata effect size dari 12 artikel sebesar 0.242 (kategori sedang) dengan empat artikel kategori kecil, lima artikel kategori sedang, dan tiga artikel dengan kategori besar. Berdasarkan jenjang pendidikan diperoleh bahwa tingkat SMA memiliki effect size yang lebih besar daripada SMP yaitu 0.363 (kategori besar). Untuk letak wilayah, pulau Sumatera memperoleh hasil effect size tertinggi daripada pulau Jawa dan Bali dengan besar pengaruh 0.209 (kategori sedang). Sedangkan berdasarkan variabel terikat, penelitian ini memperoleh hasil bahwa pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) pada kemampuan pemecahan masalah matematika memiliki effet size 0.242, kemandirian belajar sebesar 0.134, dan keyakinan matematis sebesar 0.142. Jadi dapat disimpulkan bahwa pada pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) memiliki pengaruh besar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Kata Kunci: Meta-Analisis, Problem Based Learning (PBL)
ABSTRACT
The study was intended to analyze the impact of the model Problem Based Learning (PBL) has on the ability to solve mathematical problems in both junior and senior high schools. The method of research used is a meta quantitative descriptive analysis by taking a sample of many as 12 articles or scientific journals. The research data gathering was done by way of identifying some journals through Google Scholar. In meta research analysis indicates that the model of the Problem Based Learning (PBL) has had effect size on various subjects, which is an effect size data by category, attainment of education, territory lie, and based on variables bound to research. An overall effect size gained an average of effect size from 12 articles of 0.242 (medium category) with four small category articles, five medium category articles, and three in the big category. Based on education, that high school levels have a bigger effect size than junior high which is 0.363 (big category). To lay territory, the island of Sumatera received the highest effect size from the islands of Java and Bali with a significant impact of 0.209 (medium category). Whereas based on bound variables, the study was based learning that learning with a Problem Based Learning (PBL) on mathematical problem solving ability had an effect size 0.242, learning self-reliance is 0.134, and the mathematical conviction of 0.142. Thus, it can be concluded that learning by using the Problem Based Learning (PBL) has had a major impact on student math problem solving.
Keywords : Analysis meta, Problem Based Learning
Full Text:
PDFReferences
Anadiroh, M. (2019). Studi Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) . Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta.
Cooper, Harris. Larry V. Hedges, dan Jeffrey C. Valentine. (2009). The Handbook of Research Synthesis and Meta-analysis Second Edition. New York: Russel Sage Foundation.
Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Ekawati, M. (2019). Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Kognitif Serta Implikasinya Dalam Proses Belajar Dan Pembelajaran. E-Tech , Vol.7 No.4.
Fathurrohman, Muhammad.( 2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Lestari, K.E. , & Yudhanegara, M. R . (2015). Penelitian Pendidikan Matematika (Panduan Prkatis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Karya Ilmiah dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi Disertai dengan Model Pembelajaran dan Kemampuan Matematis). Bandung: PT Refika Aditama.
Narohita, G. A. (2010). Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa SMP. JIPP: 1437-1449.
Shoimin, A. (2016). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Refbacks
- There are currently no refbacks.