Analisis Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Buluh 2
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian dalam studi pendahuluan ini untuk (1) mengetahui keterampilan berbicara kelas IV di SD Negeri Buluh 2, (2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan berbicara kelas IV, (3) mengetahui solusi untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV. Metode dalam penelitian ini yaitu deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Waktu pelaksanaan pengambilan data dimulai pada 20 Februari 2020 hingga selesai. Subjek dalam studi pendahuluan ini adalah 23 siswa kelas IV dan 1 guru kelas IV SD Negeri Buluh 2. Hasil pengamatan menunjukkan siswa sulit menyampaikan kembali secara lisan mengenai cerita yang pernah diketahui sebelumnya, pelaksanaan metode pembelajaran tidak sesuai dengan materi yang dipelajari. Hasil tes menyatakan bahwa 3 siswa mendapatkan nilai diatas KKM dari total 23 siswa kelas IV, dengan KKM yang ditetapkam oleh sekolah yaitu 70, data menunjukkan ada 20 siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM sehingga nilai rata-rata siswa adalah 62. Penarikan simpulan dalam studi pendahuluan ini dapat dikatakan bahwa metode pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran bahasa Indonesia kurang sesuai sehingga keterampilan berbicara siswa belum tercapai secara maksimal.
Kata kunci: Keterampilan berbicara, Bahasa Indonesia, Siswa kelas IV Guru
ABSTRACT
The purpose of the research in this preliminary study is to (1) know the speaking skills of class IV in Buluh 2 Elementary School, (2) find out the factors that affect the speaking skills of class IV, (3) find out solutions to improve the speaking skills of fourth grade students. The method in this research is descriptive with the type of case study research. The analysis techniques used in this study are qualitative and quantitative. Timing of data collection begins on February 20, 2020 until completion. The subjects in this preliminary study were 23 students in grade IV and 1 in class IV in SD Negeri Buluh 2. The observations showed that it was difficult for students to convey verbally about stories that had been known before, the implementation of the learning method was not in accordance with the material being studied. The test results state that 3 students get grades above the KKM out of a total of 23 grade IV students, with the KKM determined by the school that is 70, the data shows that there are 20 students who score below the KKM so that the average value of students is 62. Drawing conclusions in the preliminary study this can be said that the learning methods applied to Indonesian language learning are not appropriate so that students' speaking skills have not been maximally achieved.
Keywords: Speaking Skill, Indonesian Language, Fourth Grade Students
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Darmuki, A., Andayani, A., Nurkamto, J., & Saddhono, K. (2016). Model Student Learning to Speak for Education Study Language and Literature Indonesia: Document Analysis and Needs Learning to Speak. Prosiding Prasasti.
Fahmi, N. (2019). Menjadi Orang Tua Milenial: Panduan Praktis Mengasuh Anak di Era Digital. Semarang: Pendar Ilmu.
Hadi, S. (2019). Problematik Pendidikan Bahasa Indonesia Kajian Pembelajaran Bahasa Indonesi pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 3(4), 74–78.
Hanafi, H. (2018). Profesionalisme Guru dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Hidayah. (2016). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Garudhawacara.
Laksana, D. N. L. (2014). Profil Pemahaman Konsep IPA Guru-Guru Kelas Sekolah Dasar di Kabupaten Ngada. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 1(1), 15–26.
Mabruri, Z. K., & Aristya, F. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Melalui Penerapan Strategi Role Playing Sekolah Dasar Negeri 1 Ploso Pacitan. Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2).
Muslich, M. (2012). Pelaksanaan PTK Itu Mudah (Classroom Action Research) Pedoman praktis bagi Guru Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.
Saddono, K. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Refbacks
- There are currently no refbacks.