Analisis Faktor Pengaruh Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SDN Banyuajuh 6 Kamal

Tiara Putri Maduratna, Agung Setyawan

Abstract


Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran matematika kelas II SDN Banyuajuh 6 Kamal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana instrumen yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Wawancara, observasi dan dokumentasi digunakan untuk untuk mendapatkan data awal tentang keadaan kelas,data siswa dan faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa. Sedangkan tes hasil belajar digunakan untuk menganalisis kesulitan belajar yang dialami oleh siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 19 orang siswa kelas II SDN Banyuajuh 6 Kamal. Dari data hasil ulangan harian siswa diperoleh prsentase 57,8% siswa memperoleh nilai dibawah KKM pada mata pelajaran matematika. Hasil penelitian didapatkan bahwa faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa adalah: (1) faktor internal, kurangnya minat dan motivasi belajar siswa; (2)faktor eksternal seperti kurang tepatnya penggunaan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru.

Kata Kunci: hasil belajar, matematika, faktor pengaruh.                                                           

Absract:

This study aims to determine the factors that influence the low learning outcomes in mathematics class II SDN Banyuajuh 6 Kamal. The method used in this research is descriptive qualitative where the instruments used are interviews, observation, documentation, and learning outcomes tests. Interviews, observations and documentation are used to obtain preliminary data about the state of the class, student data and factors that affect the low student learning outcomes. While the learning outcomes test is used to analyze the learning difficulties experienced by students. The sample in this study were 19 students of class II SDN Banyuajuh 6 Kamal. From the data of the results of daily tests of students obtained a percentage of 57.8% of students scored below the KKM in mathematics. The results found that the factors that influence the low student learning outcomes are: (1) internal factors, lack of interest and student motivation; (2) external factors such as the inadequate use of learning methods used by teachers.

 

Keywords: learning outcomes, mathematics, influence factors.

 


Full Text:

PDF

References


Misyanto. (2016). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika. Anterior Jurnal 15(2).Palangkaraya: Universitas Muhammadiyah, Palangkaraya. 144-150.

Putri, B. Dkk. (2019). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa kelas V Di SD Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio FKIP UNMA 5(2). Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto. 68-74.

Sriyanto. (2017). Mengobarkan Api Matematika. Sukabumi: CV Jejak.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Syarifuddin, dkk. (2019). Guru Mari Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Deepublish.

Widyasari, N. Dkk. (2015). Analisis Kesulitan-Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IV Dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SD Piloting Se-Kabupaten Gianyar. E- journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha 3(1). Singaraja: Universitas Pendidkan Ganesha Singaraja.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.