Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Teknik Mind Mapping Terhadap Motivasi Belajar Pkn
Keywords:
Kata Kunci, Pembelajaran berbasis proyek, Mind Mapping, Motivasi belajar, PKnAbstract
Abstract
Students learning motivation is an important factor in supporting the success of learning, especially in Civic Education (PKn) subjects which are often considered monotonous and uninteresting. This studying aims to analyze the effect of implements a project-based learning model (PBL) with mind mapping techniques on student learning motivation. The approach use is quantitative with a single group design without a comparison. The research sample was 32 students of class X-9 of SMA Negeri 1 Kedungadem who were select through purposive sampling techniques. The instrument use was a learning motivation question that had been teste for validity and reliability. Data analysis was carried out through normality tests, descriptive analysis, and hypothesis testing using simple linear regression. The results show that the implementation of a project-based learning model with mind mapping techniques had a significant effect on student learning motivation (sig. = 0.000 <0.05), with a regression coefficient of 0.602. This finding proves that the integration of the two methods is effective in increase students learning motivation in civic education subject.
Abstrak
Motivasi belajar siswa merupakan faktor penting dalam mendukung keberhasilan pembelajaran, terlebih dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang sering dianggap monoton dan kurang menarik. Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) dengan cara mind mapping terhadap motivasi belajar siswa. Pendekatan yang dipakai adalah kuantitatif dengan desain satu kelompok tanpa pembanding. Sampel penelitian yaitu dari 32 siswa kelas X-9 SMA Negeri 1 Kedungadem yang ditunjuk dengan cara purposive sampling. Instrumen yang dipakai adalah angket motivasi belajar yang sudah diuji validitas serta reliabilitasnya. Analisis data dilaksanakan melalui uji normalitas, analisis deskriptif, serta uji hipotesis memakai regresi linier sederhana. Hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dengan cara mind mapping berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa (sig. = 0,000 < 0,05), dengan koefisien regresi senilai 0,602. Temuan ini membuktikan bahwa integrasi kedua metode tersebut efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn.
References
Adi Saputro, M. N., & Leharia Pakpahan, P. (2021). Mengukur Keefektifan Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. 4(1), 24–39.
Andayani, S., Maulana, H., & Setiawan, I. (2019). Efektivitas pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMA. Jurnal Pendidikan, 15(1), 98–108.
Fajri, A., & Dewi, N. (2021). Pengaruh teknik mind mapping terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Pembelajaran dan Teknologi, 8(3), 112–124.
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi nilai pendidikan karakter dalam mata pelajaran PKn di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4331–4340. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1565Rahmawati, Y. (2023). Penerapan pembelajaran berbasis proyek dan mind mapping dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 11(2), 100–110.
Rika, N., Kholidah, J., & Saputri, E. D. (n.d.). Pandangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila.
Rohman, N., Ismaya, H., & Agustiani, R. (2021). Penerapan Pembelajaran Online Group Whatsapp dalam Masa Pandemi Covid-19 Sebagai Metode Untuk Mencapai Hasil Belajar Siswa. Jems, 9(2), 393–408. https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.10675
Supriyadi, E., Rofiq, M., & Ningsih, W. (2020). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan keterlibatan siswa di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan, 12(2), 150–162