Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Kahoot Terhadap Hasil Belajar
Abstract
Abstract
This-research aims-to explore-the impact of using the Flipped Classroom learning model supported by the Kahoot platform on student learning/outcomes/at.the/secondary>school level. The pre-post experimental’method/with a control/group/was used in this research. One class was given conventional learning as a control group, while the other class received intervention using the Flipped Classroom model-assisted by Kahoot during the same learning period. Learning outcome data was collected through knowledge tests before-and after-the intervention for-both/groups, as well as through surveys to measure students' perceptions of their learning. Data analysis used the t-test to measure significan differences between pre-test and post-test scores between the two groups. The results showed that the group that received Flipped Classroom learning assisted by Kahoot experienced a significant increase in post-test scores compared to the group (p < 0.05). Additionally, the survey also showed that students generally responded positively to the/use of Kahoot in the learning context of/Flipped=Classroom, stating that the tool increased their engagement/in the learning process
Abstrak
Penelitian ini bertujuan/untuk mengeksplorasi dampak penggunaan model pembelajaran/Flipped Classroom yang didukung oleh platform Kahoot terhadap hasil belajar/siswa di tingkat sekolah menengah. Metode eksperimen pra-post dengan kelompok kontrol digunakan dalam/penelitian/ini. Satu kelas diberi pembelajaran konvensional sebagai kelompok kontrol, sedangkan kelas lainnya menerima intervensi dengan menggunakan model Flipped Classroom berbantuan Kahoot selama periode pembelajaran yang sama. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes pengetahuan sebelum dan setelah intervensi untuk kedua kelompok, serta melalui survei untuk mengukur persepsi siswa terhadap pembelajaran mereka. Analisis data menggunakan uji t-test untuk mengukur perbedaan signifikan antara skor pre-test dan post-test antara kedua kelompok. Hasil/penelitian/menunjukkan\bahwa kelompok yang menerima pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Kahoot mengalami peningkatan yang signifikan dalam skor post-test dibandingkan dengan kelompok kontrol (p < 0.05). Selain itu, survei juga menunjukkan bahwa siswa secara umum merespons positif terhadap penggunaan Kahoot dalam konteks pembelajaran Flipped Classroom, dengan menyatakan bahwa alat tersebut meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses belajar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhitiya. (2015). “Studi Komparasi Model Pembelajaran Traditional Flipped Dengan Peer Instruction Flipped Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah.” Unnes Journal of Mathematics Education 4(2).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.